Mohon tunggu...
Muhamad Yusuf Maulana
Muhamad Yusuf Maulana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa Pendidikan Ilmu Komputer 2019 - UPI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Rekognisi MBKM UPI 2022: Peran UI/UX Research & Desain dalam Dunia Digital

8 November 2022   18:00 Diperbarui: 8 November 2022   18:04 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bandung, 8 November 2022 - Pada saat ini, kebutuhan akan teknologi menjadi hal utama yang harus dipenuhi. Dikarenakan teknologi memegang peran yang penting dalam mendapatkan dan menyampaikan suatu informasi. Kebutuhan kerja pada perusahaan rintisan atau startup digital saat ini sangatlah tinggi, khususnya pada bidang User Interface (UI) dan User Experience (UX). 

Maka dari itu, pertumbuhan startup pada era globalisasi ini begitu cepat dan menuntut perusahaan untuk terus mengembangkan produk digital mereka agar tetap unggul. 

Peran UI UX sangat dibutuhkan dalam pengembangan sebuah produk. Kombinasi dari peran UI UX akan membentuk keseluruhan produk dan pengalaman yang akan dirasakan oleh user. Sebuah perusahaan yang berfokus pada desainnya akan memiliki pendapatan dua kali lebih besar dibandingkan perusahaan lainnya. 

User Interface (UI) dan User Experience (UX) memiliki pengertian yang berbeda. User Interface (UI) merupakan desain antarmuka yang fokus pada keindahan dari sebuah tampilan dan pemilihan warna yang baik dengan tujuan untuk membuat tampilan terkesan menjadi lebih nyaman dilihat dan pengguna pun betah menggunakan aplikasi tersebut. 

UI dapat menciptakan ikatan emosional dengan penggunanya melalui desain yang menarik dan diimplementasikan setelah UX yaitu setelah menentukan desain layout, logo, warna, dan typography pada aplikasi. Sedangkan, User Experience (UX) merupakan proses meningkatkan kepuasan pengguna situs atau aplikasi tertentu melalui kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk. 

UX memungkinkan suatu aplikasi bisa digunakan dengan mudah, sehingga tidak membuat bingung penggunanya dalam menggunakan aplikasi. UX juga mencakup keseluruhan elemen dari suatu aplikasi dan memastikan aplikasi tersusun dengan baik, sehingga pengguna lebih mudah untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain. 

Selain itu, jenjang karir pada UI UX cukup menjanjikan dan memiliki penghasilan yang kompetitif. Seiring bertambahnya pengalaman, jenjang karir pada bidang UX akan semakin meningkat. Berawal dari UX Designer, kemudian memasuki level manajerial sebagai UX Manager. Setelah itu, menduduki jabatan sebagai UX Director dan tidak menutup kemungkinan akan dipromosikan menjadi VP of User Experience. Begitupun dengan seorang UI Designer.

Secara umum, perbedaan hard skill yang dimiliki oleh UI dan UX Designer yaitu UI memiliki kemampuan branding visual, sedangkan UX familiar dengan riset dan analisis. Kemudian, UI memiliki pengetahuan tentang desain yang responsif, sedangkan UX dapat memahami struktur informasi. Dan perbedaan yang terakhir yaitu, UI dapat memahami animasi dan desain yang interaktif, sedangkan UX dapat melakukan user dan usability testing.

Banyak tempat untuk kita mempelajari UI & UX secara lebih mendalam, contohnya salah satu tempat yang saya ikuti melalui kegiatan Merdeka Belajar & Kampus Mengajar (MBKM) untuk belajar UI/UX Research & Desain adalah Binar Academy. Binar Academy merupakan pelopor startup edtech yang fokus pada pengembangan skill dan talenta digital dengan meningkatkan pengalaman belajar.

Binar ini merupakan mitra atau lembaga swasta yang bergerak di bidang IT dan tergabung pada PT Lentera Bangsa Benderang. Saya menimba ilmu di Binar Academy sebagai UI/UX Research & Desain selama kurang lebih 6 bulan lamanya. Menghasilkan beberapa projek yang bisa dikembangkan di kemudian hari. 

Pada final project, mahasiswa dikelompokkan menjadi sebuah tim yang di dalamnya terdiri dari beberapa mahasiswa UI/UX Designer dan dikolaborasikan dengan mahasiswa Product Manager untuk membuat sebuat perancangan aplikasi yang dapat menjadi solusi dari permasalahan di lapangan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun