Mohon tunggu...
M Yusuf Alamudi
M Yusuf Alamudi Mohon Tunggu... Ilmuwan di Professor Nidom Foundation, penulis dan dosen luar biasa

menulis untuk mencerahkan umat

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Mewujudkan Jakarta Ramah Air

12 September 2019   17:17 Diperbarui: 14 September 2019   15:06 0 0 0 Mohon Tunggu...

Air merupakan salah satu komponen kehidupan yang sangat penting, tanpa air tentu akanmenganggu proses kehidupan. Jakarta merupakan salah satu kota besar di indonesia, kebutuhan air sangat vital. 

Salah satu kebutuhan air tersebut adalah sebagai kebutuhan material untuk air minum. Jika kita observasi di kota jakarta banyak sekali pencemaran air di sungai-sungai kota besar di Indonesia tidak terkecuali Jakarta. 

Bahan pencemar tersebut antara lain adalah sampah termasuk plastik dan mikroplasti, logam berat maupun zat kimia. Bahan pencemar tidak hanya di sungai tetapi juga masuk ke badan air lainnya termasuk ke ke air tanah. 

Salah satu metode atau cara agar bisa mewujudkan Kota Jakarta Ramah Air atau akudanair adalah dengan membuat perundangan-undangan yang tegas dalam mengatur pencemaran pada sumber-sumber air. 

UU ini harus mampu menimbulkan efek jera bagi oknum baik individu, kelompok maupun perusahaan yang memberikan zat pencemar pada sumber-sumber air.  Penerapan yang ketat dan diikuti oleh pengawasan yang baik oleh pemerintah daerah kota jakarta juga sangat diperlukan, edukasi yang terus-menerus melalui berbagai media dan media sosial pada masyarakat juga dibutuhkan. 

Pendidikan karakter secara dini melalui jalur formal mulai dari PAUD sampai dengan pergruan tinggi juga sangat diperlukan dalam membentuk kota jakarta ramah Air. Jalur informal melalui pembentukan kader jakarta ramah air atau akudanair juga merupakan salah satu metode yang efektif dan patut dicoba dalam mewujudkan kota jakarta ramah Air.