Mohon tunggu...
Luthfi Syarifa
Luthfi Syarifa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Believe in yourself

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik Biologi UM Kembangkan Potensi Jahe di Desa Pesanggrahan Melalui Produk Selai

30 Juli 2021   15:52 Diperbarui: 30 Juli 2021   15:52 29 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik Biologi UM Kembangkan Potensi Jahe di Desa Pesanggrahan Melalui Produk Selai
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kota Batu- Dusun Macari terletak di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu memiliki potensi yang luar biasa dengan adanya penanaman tanaman TOGA di daerah tersebut. Salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan di dusun tersebut adalah tanaman jahe.

Jahe telah diketahui sebagai salah satu rempah-rempah paling sehat di dunia karena memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Terlebih lagi, konsumsi jahe saat pandemi covid dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena tanaman ini mengandung zat aktif berupa curcumin yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Jika daya tahan tubuh baik, maka kita dapat terhindar dari berbagai virus yang merugikan.

Adanya tanaman jahe yang banyak dibudidayakan di dusun Macari mendorong inisiatif mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) berinisiatif untuk membantu pengembangan potensi jahe dengan melakukan melakukan program pelatihan pengolahan produk makanan berbahan dasar jahe. Salah satu produk dari program tersebut merupakan sosialisasi pembuatan selai karamel jahe berupa video yang telah diunggah dalam kanal youtube: 


Olahan selai karamel jahe ini selain nikmat dan mudah dibuat, juga memiliki nilai jual. Adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberi wawasan pada masyarakat untuk  memaksimalkan potensi jahe di sekitarnya dan membantu meningkatkan ekonomi terutama di era pandemi saat ini.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN