Note Trip
Note Trip

Blogger pemula|menyukai petualangan sederhana|penulis amatir|S.kom |pecandu buku|Sosial Media creative|Ide itu mahal

Selanjutnya

Tutup

Hijau

Menanam Butterfly Orchid di Media Pot

3 Januari 2018   20:32 Diperbarui: 3 Januari 2018   20:44 998 1 1
Menanam Butterfly Orchid di Media Pot
Dokumentasi Pribadi

Haloo sobat, gimana hari rabu nya? Ada beberapa pendapat kalo rabu maksimal menuju weekend akan terasa amazing. Hhheee

Anggrek bulan atau yang lebih dikenal dengan nama Butterfly Orchid, yang juga memiliki nama latin Phalaenopsis Amabilis. Bunga Nasionalnya Indonesia yang ditemukan pertama kali oleh Dr. C.L. Blume (Seorang Ahli botani Belanda). 

Anggrek bulan juga merupakan jenis tanaman anggrek monopodial, ia hanya membutuhkan sedikit cahaya matahari sebagai penunjang hidupnya. 

Adapun ciri fisik Anggrek bulan : Daun bung Anggrek bulan memiliki bentuk agak memanjang berwarna hijau, akarnya berwarna putih disertai bentuk bulat memanjang serta terasa berdaging. Bunga Anggrek bulan hanya memiliki sedikit aroma wangi. Dapat tumbuh hingga 10 cm lebih (diameternya). 

Kali ini tips untuk menanam Bunga Anggrek Bulan di media pot, kita perlu mempeehatikan (persiapan pot, media tanam, bibit anggrek, dan perhatikan perawatan Anggrek bulan didalam media pot).

Sebagai detail nya :

1. Pot 

Memutuskan untuk menanam anggrek bulan dalam pot baiknya kita menggunakan pot transparan, tujuannya agar dapat mengontrol pertumbuhan akar.

2. Media Tanam

Yang harus disiapkan untuk penunjang media tanam anggrek bulan : sabut kelapa, arang, pecahan genteng, kayu/potongan pakis, dan siapkan kawat atau bambu. 

3. Bibit Anggrek Bulan

Kini banyak toko penyedia bibit unggul, pilihlah anggrek bulan yang memiliki faun berukuran 1 cm dan sudah muncul akar 2 sampai 3 helai.

4. Perawatan Anggrek bulan di media pot 

Perhatikan cara pemupukan yang baik dan benar ( pemberian pupuk baiknya diarahkan ke daun, karena kutikula/pembuluh daun dapat menyerap hingga 90% nutrisi dari pupuk, sedangkan akan hanya dapat menyerap 10%) pupuk yang recomend untuk pecinta Anggrek Dekastar (pupuk yang satu ini dapat mempercepat pertumbuhan tunas). Waktu terbaik untuk memberi pupuk yaitu pagi hari dan sore hari (dengan cara menyemprotkan cairan pupuk ke daun).

Perhatikan juga teknik penyiraman, Anggrek Bulan atau tanaman bunga tidak begitu menyukai air yang berlebihan. Maka gunakan sprayer untuk mrnyiramnya, penyiraman dilakukan sehari 2 kali (dipagi hari dan sore hari).

Perhatikam juga Intensitas cahaya, Anggrek merupakan salah satu tanaman yang akan tumbuh dengan baik jika memperoleh 20% sampai 30 % cahaya matahari pagi. Jika anggrek bulan disimpan didalam ruangan, pastikan menggunakan lampu khusus tanaman (agar intensitas cahayanya terpenuhi dengan baik).

Semoga bermanfaat ya, oh iya kini anggrek pun memiliki varietas yang beragam dan harga yang menjanjikan. Lokal ataupun luar, keduanya merupakan bunga yang amat indah. Semoga bisa merawat tanaman dengan baik ya sob