Mohon tunggu...
mutmainah Emut
mutmainah Emut Mohon Tunggu... Guru - Wanita
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Pengajar, Bloger, writer aktif di komunitas belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Wajah Glowing Dambaan Semua Wanita

12 September 2022   01:18 Diperbarui: 12 September 2022   01:24 135 23 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dokpri

Mencuci tangan sudah hal lumrah kita lakukan, dalam sehari hampir tidak terhitung berapa banyak kita mencuci tangan karena kotor. Namun bagaimana dengan mencuci wajah? Dalam sehari kita mandi dua kali, berarti dua kali pula kita mencuci wajah, ditambah wudhu lima kali sehari bagi yang beragama Islam, jika dijumlahkan sehari semalam kita mencuci wajah sebanyak 7 kali.

Berwudhu dalam Islam memiliki banyak keutamaan. Salah satunya, untuk membuat wajah bercahaya. Berwudhu dilakukan untuk menghilangkan najis ringan. Ketika berwudhu, terdapat gerakan membasuh muka. Gerakan itu dapat menghilangkan kotoran yang ada pada wajah. Sehingga, dapat membersihkan dan mencerahkan wajah.

Namun, untuk lebih hasil sempurna mencuci wajah sekaligus mengangkat kotoran yang ada dimuka,  tidak hanya cukup dengan membasuh menggunakan air saja. Membutuhkan sabun cuci muka ataupun pembersih wajah untuk meminimalisir efek samping dari debu dan udara kotor seperti komedo, ataupun jerawat.

Sebelum memilih pembersih wajah kita perlu tahu dan mengenal jenis kulit kita untuk menghindari ketidakcocokan. Jangan sampe hanya karena mengikuti tren semua merek pencuci muka dicoba. Kulit kita berbagai macam jenis, ada yang kulit kering, berminyak, normal, kombinasi antara kering dan normal ada pula yang berkulit sensitif.

Ketika menjatuhkan pilihan untuk pencuci muka, pilih yang berbusa banyak sehingga betul-betul mampu membersihkan wajah tanpa menghilangkan seluruh minyak pada kulit.

Dikutip dari laman cnnindonesia.com cara membersihkan muka diantaranya :
1. Pakai toner
Gunakan toner dengan kandungan tinggi tannin sebagai zat alami dan anti-inflamasi. Namun disarankan untuk menguji terlebih dulu toner yang baru akan dipakai pada sepetak kecil bagian kulit, demi menghindari potensi iritasi.

2. Tepuk-tepuk wajah hingga kering
Setelah mencuci dan menggunakan toner, proses pengeringan bisa dilakukan dengan menepuk-nepuk kulit muka secara lembut menggunakan handuk.

3.Gunakan pelembap
Ikuti langkah membersihkan muka dengan melembapkan. Melewatkan pelembap malah akan membahayakan kulit.

4. Cobalah memakai masker wajah
Dalam seminggu, kita bisa mulai menambahkan penggunaan masker wajah ke perawatan kulit. Pilih jenis masker yang sesuai jenis kulit kita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan