Mohon tunggu...
Mutiara Fhatrina
Mutiara Fhatrina Mohon Tunggu... Freelancer - Menulis, Berkarya, Bermanfaat

Edublogger; Education Research Assistant; founder of www.skulaedu.com my personal blog www.mutiarafhatrina.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mengenal Small Seo Tools, Situs "Plagiarism Checker" Gratis untuk Karya Tulis Anda

22 Februari 2019   01:18 Diperbarui: 22 Februari 2019   01:54 3184 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengenal Small Seo Tools, Situs "Plagiarism Checker" Gratis untuk Karya Tulis Anda
Tangkapan Layar Situs Small Seo Tools

Plagiarisme adalah salah satu penyakit dari karya tulis ilmiah yang sangat berbahaya. Mengapa? karena plagiarisme adalah bentuk dari pencurian ide, data, ataupun buah pikir orang lain. Namun sayangnya, saat ini penyakit plagiasi sangat mudah ditemui, salah satunya pada penulisan karya ilmiah. 

Ya, saat ini banyak sekali kasus-kasus diluaran sana yang dapat kita temui berkaitan dengan plagiasi tingkat universitas. Pelanggaran plagiarisme bisa dalam beberapa bentuk, salah satunya adalah plagiasi dalam hal pengutipan yang biasanya dilakukan dalam membuat karya ilmiah akhir, bisa skripsi, tesis, atau disertasi. 

Apabila aksi plagiasi ini diketahui, maka dampak yang ditimbulkan juga cukup berat. Beberapa kasus sebelumnya bahkan ada yang  berimbas pada di copotnya gelar dan jabatan akademik yang dimiliki oleh si plagiat tersebut. 

Bicara tentang plagiarisme dalam karya tulis ilmiah, sebenarnya terkadang kita juga bisa melakukan plagiasi. Terlebih lagi, jika kita melakukan pengutipan pada artikel-artikel yang terdapat di internet. 

Sebenarnya pada pihak universitas atau Lalu apa ada cara untuk mengetahui karya tulis kita terdapat plagiasi atau tidak? Tenang saja, saat ini sudah beredar berbagai situs maupun aplikasi untuk dapat melakukan pengecekan terhadap plagiasi, salah satunya adalah Small Seo Tools.  

Small Seo Tools, adalah salah satu situs yang menyediakan fasilitas cek plagiarisme secara gratis. Sesuai dengan namanya, tak hanya plagiarisme saja yang menjadi layanan dari situs ini, namun juga terdapat layanan SEO (Search Engine Optimized) untuk berbagai website

Selain itu, masih terdapat layanan lain seperti backlink, image editing, website management, dan masih banyak lainnya. Dengan menggunakan situs Small Seo Tools ini, kita bisa mengetahui kadar plagiarisme yang terdapat dalam karya tulis kita. 

Harapannya, karya tulis yang terdapat plagiasi didalamnya dapat diperbaiki sebelum dipublikasikan. Sebenarnya dari beberapa universitas terdapat kebijakan plagiarisme yang tidak melebihi 20%, sehingga masih memberikan ruang untuk kita mengutip melalui situs internet. Tentunya pengutipan tetap harus menyertakan sumber asli data tersebut, hal ini juga menghindari dari plagiarisme. 

Langkah dalam melakukan plagiarism checker dengan menggunakan situs ini sangat mudah. Anda tinggal membuka situsnya melalui gadget anda. Kemudia pilih plagiarism checker. Langkah berikutnya adalah blok tulisan anda yang ingin di cek, dan salin kedalam kotak yan telah disediakan. Terakhir klik check plagiarism. 

Situs ini secara otomatis akan menelaah kata-kata yang sama persis antara karya ilmiah anda dengan beberapa artikel di situs lainnya. Small Seo Tools ini juga menunjukkan hasil berapa persentase plagiasi yang ada dalam tulisan anda. 

Tangkapan Layar Situs Small Seo Tools
Tangkapan Layar Situs Small Seo Tools
Ada beberapa tips yang bisa dilakukan ketika melakukan pengecekan dengan situs ini. Salah satunya adalah pastikan anda melakukan pengecekan per paragraf, bukan langsung pada satu file karya tulis anda. Mengapa? Hal ini akan mempertajam pengecekan plagiarisme dan memudahkan untuk melakukan perbaikan selanjutnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan