musthofa walker
musthofa walker Mohon Tunggu... -

mahasiswa yang sedang menempuh ilmu Design Graphic dan rajin membaca serta menabung untuk jalan-jalan :D

The Glimpse of Indo China (1): Mengejar Bus ke Mui Ne

7 September 2010   13:45 Diperbarui: 26 Juni 2015   13:22 205

“are you fasting?” itu adalah kalimat yang pertama keluar dari mulut tante-tante  yang duduk di sebelah gw dalam penerbangan AirAsia Jakarta-Saigon dikarenakan dia mau makan.Dari kalimat itu percakapan berlanjut sampai gw tau kalau dia pernah keliling Vietnam dan sekarang dia mau ngejar bus ke kota Da Nang jam 21.30 sedangkan pesawat kita landing jam 8 .Dari percakapan singkat itu juga kita(gw dan Akam) baru nyadar kalo ternyata bus yang mau kita pake ke Mui Ne jam 21.30 sama dengan Bus nya dia ke Da Nang cuman kita turun duluan di Mui Ne.

Penerbangan ke Saigon dari Jakarta memakan waktu kurang lebih 3 jam.Begitu mendarat di Bandara Saigon gw,Akam,dan Tante itu langsung lari-larian ke baggage claim,berhubung gw ga punya baggage yang mau di claim jadi tugas gw nukerin dollar nya Akam , ngambil Dong di ATM,terus booking Taxi.Keluar dari x ray check gw langsung lari dengan backpack 40 liter gw  and all eyes on me!saking tergesa-gesa nya sampe lupa booking Taxi nya!

Dari airport ke Sinh Cafe Tourist Bus (operator bus terbesar di vietnam) memakan waktu 30 menit,DAMN!alhasil gw panik di taxi sampe mao pingsan takut ketinggalan bus,tapi tante yang baik hati itu berusaha menenangkan gw , tapi tetep aja gw panik (*booong deeh,lebay).Dari taxi gw pake HP Akam yang dapet roaming di sana nelpon operator bus nya supaya nungguin kita sebentar (30 menit).Selama perjalanan di tengah kegelapan malam gw bisa liat kira-kira akan seperti apa kota Saigon di siang hari.

Sesampainya taxi kita di jalan De Tram , tempat pangkalan nya Sinh bus langsung aja beli tiket seharga VND 90.000 dengan tujuan ke Mui Ne , trayek bus nya Saigon-Nha Trang.Dengan menggunakan sleeper class bus yang udah nungguin kita, perjalanan akan memakan waktu 4 jam.Tidak lama kita masuk , bus nya langsung jalan (*ketauan deh siapa yang di tungguin).Setelah 1 jam lepas landas bus nya mogok , tadi nya gw pikir supir nya lagi makan or ngopi-ngopi (emang di Jawa!).Waktu mogok kita manfaat kan untuk ngobrol-ngobrol bentar sambil nanya-nanya sama si tante mau ngapain ke Da Nang,dan tante nya juga baik sekali loh! taxi dari airport ke terminal bus nya di gratisin! padahal kita udah maksa mau bayar , tapi dia nya ga mau , ya sudah kalau ga mau! (*padahal ngarep)

Dikarenakan mogok , jadi Bus kita tiba di Mui Ne jam 02.00 dan kita harus say good bye sama si tante tapi kita tidak lupa tukeran kontak. Karena dia tinggal di Denpasar jadi kata nya kalau ke Bali nginep di rumah dia aja (tuh kan tante nya baik),back to Mui ne!jam 2 pagi di Mui Ne kaya ghost town! sama sekali tidak ada kehidupan,bisa denger suara ombak tapi di mana pantai nya?