Mohon tunggu...
Muslikah
Muslikah Mohon Tunggu... Lainnya - masih sekolah

masih belajar menjadi lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Dampak Positif dan Negatif Gadget di Linkungan Masyarakat

27 Oktober 2021   18:40 Diperbarui: 27 Oktober 2021   18:49 50 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Istilah gadget tidak asing lagi ditelinga masyarakat, apalagi pada masa pandemi. Mulai dari anak anak, remaja, hingga orang dewasa gadget menjadi kebutuhan sehari hari. 

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadi salah satu faktornya. bisa kita lihat, bekerja tidak harus berada dikantor maupun ditoko semua bisa dilakukan dirumah dengan menggunakan  media online yang memiliki banyak keuntungan dan juga lebih praktis apalagi dengan kondisi saat ini yang tidak memungkinkan untuk berkerumun atau bertatap secara langsung. 

Aktivitas belajar mengajar pun harus menggunakan sistem pemebelajaran daring untuk mencegah penyebaran virus covid 19 berkelanjutan, Disamping itu, gadget juga memilki dampak buruk bagi penggunanya, jika tidak digunakan dengan cara yang baik.

Penggunaan gadget terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Seperti  gangguan tidur yang ditimbulkan karena efek dari sinar biru (blue light) yang dipancarkan pada layar gadget, rentan akan gangguan mata seperti mata mudah lelah, mata kering, mata minus, atau gangguan mata lainya.

Selain itu kecanduan gadget juga mengganggu kesehatan mental seperti depresi, gangguan kecemasan, sulit berkonsentrasi, hingga menghambat pertumbuhan otak pada anak.

Penggunaan gadget secara berlebihan dilingkungan masyarakat menyebabkan seseorang memiliki sikap anti sosial yaitu seseorang yang tidak suka bergaul,menutup diri dari masyarakat, dan cenderung mengganggu ketenteraman masyarakat .

Oleh karena itu, kita harus bijak dan tidak berlebihan dalam menggunakan gadget agar terhindar dari dampak negatif yang ditimbulkan. Seperti yang dijelaskan dalam hadis,
Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

:

"Ada dua nikmat yang banyak membuat manusia menjadi tertipu, yaitu: sehat dan waktu luang." (Hr. Bukhari, no. 6412).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan