Mohon tunggu...
Musa Hasyim
Musa Hasyim Mohon Tunggu... M Musa Hasyim

Mahasiswa pascasarjana Kajian Wilayah Timur Tengah dan Islam Universitas Indonesia. Menyukai sesuatu secara random.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Daripada Bucin dan Stres, Mending Ceraikan Saja!

7 September 2020   11:42 Diperbarui: 7 September 2020   11:34 247 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Daripada Bucin dan Stres, Mending Ceraikan Saja!
Ilustrasi hubungan rumah tangga, sumber: pixabay.com/panajiotis

Saya memang belum menikah tapi bukan berarti saya tidak boleh menulis tentang pernikahan atau perceraian. Namun karena saya belum mengalaminya, izinkan saya membagikannya berdasarkan film yang saya tonton saja.

Judulnya Fireworks Wednesday, film dari negeri para mullah ini menceritakan tentang perselisihan dalam rumah tangga yang menarik. Yang saya kagumi dalam film ini adalah kejeniusan penulis naskah yang mengambil seting waktu sehari tapi konflik di dalamnya sangat kompleks seperti bertahun-tahun saja.

Cuplikan film Fireworks Wednesday,sumber: imdb.com
Cuplikan film Fireworks Wednesday,sumber: imdb.com

Dimulai dari kisah Roohi, wanita yang akan menikah lalu bangun pagi-pagi sekali untuk pergi ke sebuah apartemen demi menambal biaya pernikahan. Ia mendapat panggilan membersihkan sebuah apartemen milik pasangan suami istri yang akan pergi berlibur ke Dubai esok hari.

Di sinilah konflik rumah tangga di mulai. Mozhde, istri Morteza pemilik apartemen mulanya menyuruh Roohi membersihkan perabotan rumah yang berantakan namun mendadak mendapat tugas tambahan untuk mengintai tetangga apartemennya yang berprofesi sebagai pemilik salon dengan upah berkali-kali lipat.

Dari pagi sampai siang, konflik berkutik pada kecurigaan Mozhde pada Morteza yang berselingkuh dengan janda cerai bernama Simin atau tetangga apartemennya itu.

Roohi yang berasal dari keluarga miskin geleng-geleng kepala dengan permasalahan orang-orang kaya yang katanya rumit. Ia pun kadang ragu apakah pernikahannya nanti akan membawanya kepada kebahagiaan atau stres seperti yang dialami Mozhde.

Seharian beres-beres rumah dan mengamati orang, ternyata Morteza memang selingkuh dengan Simin setelah diketahui oleh Roohi namun Roohi tidak memberitahukannya pada Mozhde agar tidak sakit hati. Roohi memilih berbohong.

Padahal Morteza sudah memiliki anak kecil yang masih bersekolah SD, begitupula dengan Simin. Simin hanya kesepian karena pisah rumah pasca bercerai.

Dari film luar biasa ini, saya menyimpulkan bahwa bucin atau budak cinta ini akan sering ditemukan dalam bahtera rumah tangga. Si Mozhde sudah terlanjur cinta dengan Morteza. Begitupula dengan Simin yang juga sudah terlanjur cinta dengan Morteza.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x