Mohon tunggu...
murti ulfah rahmawati
murti ulfah rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa Sejarah UM

New Writer

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Cegah Covid-19 di Desa Tulungrejo Kota Batu, Mahasiswa KKN UM Lakukan Penyemprotan Desinfektan dan Bagikan 1000 Masker

6 Juli 2020   00:21 Diperbarui: 6 Juli 2020   00:27 27 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cegah Covid-19 di Desa Tulungrejo Kota Batu, Mahasiswa KKN UM Lakukan Penyemprotan Desinfektan dan Bagikan 1000 Masker
Penyemprotan Desinfektan bekerja sama dengan warga desa dan Karangtaruna setempat

COVID 19 masih menjadi pandemi yang melanda seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Jawa Timur merupakan salah satu wilayah yang memiliki jumlah pasien positif tertinggi di Indonesia. 

Untuk mencegah COVID 19 di Desa Tulungrejo yang merupakan daerah hijau, Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang melakukan kegiatan penyemprotan desinfektan secara menyeluruh di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. 

Kegiatan ini sudah dimulai sejak hari Jumat (28/6) dengan pembagian cairan desinfektan pada tiap RW yang didampingi oleh FPRB (Forum Pengurangan Resiko Bencana) Desa Tulungrejo. 

Desa Tulungrejo sendiri terdiri dari 18 RW yang tercakup dalam 5 Dusun yakni Dusun Gerdu, Dusun Kekep, Dusun Wonorejo, Dusun Gondang dan Dusun Junggo. 

Kegiatan Penyemprotan desinfektan dilakukan secara menyeluruh pada Minggu (28/6) dengan dibantu oleh Karangtaruna desa yang secara bahu membahu dalam upaya mengurangi resiko wabah COVID 19

Fasilitas umum seperti tempat ibadah, sekolah dan tentunya rumah warga menjadi sasaran penyemprotan desinfektan ini. "Penyemprotan dilakukan di fasilitas umum yang sering dikunjungi masyarakat seperti mushola, TPQ, sekolah, juga rumah warga untuk mengurangi resiko wabah COVID 19 ini" Ujar Yusril selaku ketua pelaksana. 

Kegiatan ini menuai respon positif dari warga desa Tulungrejo. Penyemprotan dilakukan serentak pukul 12.00 WIB sampai 18.00 WIB. "Kegiatan ini bertujuan penularan COVID. 

Apalagi penyebaran COVID 19 ini sangat cepat dan virusnya mampu bertahan beberapa waktu pada benda mati. Untuk itu kami melakukan penyemprotan pada titik titik yang sering dikunjungi" tambah Yusril. Penyemprotan hanya dilakukan pada benda mati saja seperti gagang pintu, pagar-pagar rumah serta tempat yang sering dijadikan sebagai titik kumpul warga (pos jaga serta pintu masuk di setiap gang).

Mahasiswa UM turut aktif melakukan Penyemprotan desinfektan di lingkungan warga Desa Tulungrejo, Kota Batu
Mahasiswa UM turut aktif melakukan Penyemprotan desinfektan di lingkungan warga Desa Tulungrejo, Kota Batu

Kegiatan ini juga dibarengi dengan pembagian 1000 masker. Seperti yang telah kita ketahui bahwa masker dinilai cukup efektif dalam mengurangi resiko terpapar virus COVID 19. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x