Mohon tunggu...
Mursyidatul Mahsunah
Mursyidatul Mahsunah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Bersungguh-sungguh adalah kunci keberhasilan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Media Lift The Flap Storybook Berbasis Online dalam Meningkatkan Minat Baca

21 September 2021   08:41 Diperbarui: 21 September 2021   08:43 29 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Media Lift The Flap Storybook Berbasis Online dalam Meningkatkan Minat Baca
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Membaca merupakan pintu untuk membuka wawasan baru, dengan membaca kita dapat mengetahui informasi-informasi yang sedang terjadi atau informasi di masa lalu. Bahkan ayat Al-Qur'an yang pertama kali turun sebagaimana firman Allah SWT surat Al-Alaq ayat 1-5:

"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,"

"Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah."

"Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Mahamulia,"

"Yang mengajar (manusia) dengan pena."

"Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya."

Ayat pertama dalam surat Al-Alaq bahwasanya Allah SWT memerintahkan untuk "membaca". Perintah bacalah ini mengandung arti bahwa membaca apa saja dan ayat ini tidak hanya diperuntukkan oleh Nabi Muhammad SAW melainkan juga ditujukan kepada umatnya.

Dapat disimpulkan bahwa pesan dari ayat tersebut berupa anjuran untuk membaca baik tertulis maupun tidak tertulis. Dengan membaca, dapat memperoleh ide atau gagasan dari bacaan yang dikaji. Sehingga media pembelajaran yang berkaitan dengan peningkatan minat baca peserta didik perlu dihadirkan.

Media di masa kini memiliki peran yang penting dalam proses pembelajaran. Ketika belajar, hal yang paling penting adalah menumbuhkan minat baca peserta didik. Salah satu media yang menarik berupa media lift the flap storybook merupakan sebuah media yang digunakan dalam meningkatkan keterampilan membaca, yang menjadi sasaran dalam penggunaan media lift the flap storybook adalah peserta didik yang memiliki minat yang sedikit dalam membaca, dengan adanya media lift the flap storybook yang berisikan cerita bergambar dengan desain yang menarik akan meningkatkan minat belajar siswa dalam meningkatkan keterampilan membaca. Terlebih lagi media lift the flap storybook ini dihadirkan secara online, sehingga dapat dishare ke berbagai grup belajar yang di masa sekarang pembelajaran dilakukan secara online.

Manfaat dari media pembelajaran lift the flap storybook berupa:

  • Menghasilkan peserta didik lebih aktif dalam kegiatan belajar.
  • Materi dapat tersampaikan secara sistematis.
  • Penggunaan media yang praktis.
  • Meningkatkan minat baca peserta didik.

Media lift the flap storybook merupakan media pembelajaran yang dapat dikatakan dua dimensi karena terdiri dari teks dan gambar. Dalam media lift the flap storybook tersebut berisi mengenai cerita yang disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan kepada peserta didik, terdapat beberapa ilustrasi yang memiliki makna sesuai dengan cerita yang disampaikan, selain itu juga terdapat latihan-latihan di akhir bab sebagai evaluasi terhadap peserta didik apakah dengan perantara media buku cerita bergambar tersebut peserta didik dapat menguasai alur dari cerita yang telah disampaikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan