Konsep HRD rasa persahabatan, terdengar ideal. Bisakah terwujud? Sangat mungkin jika menemukan seseorang yang memang mempunyai watak persahabatan.Â
HRD atau Human Resources Departement mempunyai tugas mengelola sumber daya manusia, mengembangkan karyawan, memanajemen kinerja, kompensasi, ketenagakerjaan. Â Sekaligus jembatan antara manajemen dan karyawan.Â
Seseorang yang juga mampu menjadikan dirinya sahabat bagi semua karyawan -- dapat menciptakan lingkungan hangat untuk karyawan. Sehingga karyawan merasa dihargai, didengar, dipercaya -- bukan hanya sekadar karyawan dan urusannya hanya administrasi saja -- tentunya orang yang dimaksud bukan sembarang HRD.Â
HRD tipe ini pendengar yang aktif, berusaha memahami masalah dari sudut karyawan, membangun kepercayaan sesuai batasan, membantu karyawan untuk berkembang dan maju bersama, menciptakan lingkungan kerja dengan rasa saling mendukung, melindungi  dan membuat karyawan betah bekerja sama. Menjembatani komunikasi secara terbuka dan kolaborasi yang baik di bawah bendera perusahaan yang sehat. Semua saling terkait dan terikat.Â
Tidak mudah menjadi HRD Persahabatan, tapi semua itu mungkin saja terjadi jika HRD mampu berkomunikasi dengan baik, bijak, Â transparan, proaktif, teladannya memang baik.Â
HRD tipe ini juga mampu menunjukkan dukungan untuk karyawan dengan adanya pelatihan -- demi kemajuan yang dapat diraih karyawan.Â
Intinya  memanusiakan karyawan dengan strategi pelatihan dan pembelajaran. Karyawan yang terampil akan meningkatkan loyalitas terhadap perusahaan. Sementara sesama karyawan juga wajib menjaga nama baik sesama dan harus saling mendukung. ***
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI