Mohon tunggu...
Ibra Alfaroug
Ibra Alfaroug Mohon Tunggu... Penulis amatir yang lagi belajar menulis

Buruh Tani di Tanah Milik Sendiri

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Seni dan Ilmu dalam Mengambil Keputusan

11 April 2021   07:30 Diperbarui: 11 April 2021   07:34 110 15 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seni dan Ilmu dalam Mengambil Keputusan
sunartha.co.id

Pengambilan Keputusan

Kehidupan manusia yang senantiasa dihadapkan dengan pilihan disertai rentetan peristiwa hidup, manusia dituntut dan dituntun untuk menentukan pilihan, jalan atau cara dalam bersikap. Jalan keluar dari setiap permasalahan. 

Keniscayaan bagaimana cara mengambil keputusan secara tepat semoga sejalan dengan harapan. Mengambil keputusan adalah prasyarat utama untuk bertindak. Yakni pilihan yang mana yang harus dipilih untuk dilakukan.

Pengambilan keputusan merupakan inti setiap tindakan, sudah barang pasti tindakan biasanya selalu diawali dari pengambilan keputusan. Sebagai jalan yang akan ditempuh. Baik dari hasil keputusan sendiri maupun hasil kesepakatan bersama.

Saat keputusan telah diambil atau ditentukan maka secara  hasil dan tujuannya sudah terbesit gambarannya. Konsekuensi berhasil atau menuai kegagalan terganrung pada proses pelaksanaan. Namun tindakan yang berasal dari pengambilan keputusan yang matang, persentase kegagalan setidaknya lebih cenderung bisa diantisipasi kan.

Terkadang sesuatu yang telah diputuskan oleh kita dipandang baik, menciptakan keberhasilan, justru kenyataannya mendatangkan kerugian. Begitupun sebaliknya. Boleh jadi sesuatu yang dibenci yang dipandang tidak baik, justru mendatangkan suatu manfaat dikemudian hari. Memicu sumber permasalahan yang baru.

Masalah yang muncul setelah keputusan diambil secara tidak langsung mempunyai korelasi dalam proses pengambilan keputusan itu sendiri. Yakni cara menentukan dan memilih pilihan yang tepat itu.

Bagaimana kapasitas pengambilan keputusan, proses saat mengambil keputusan mesti dicermati secara seksama, hingga keputusan relevan pada hasil dan tujuan.

Misalnya, beragam masalah kita hadapi saat ini terkadang erat berhubungan dengan keputusan atau kebijakan yang  kita ambil. Sehingga membuat semakin peliknya permasalahan itu. Bisa saja terjadi kan.

Untuk itu mengambil keputusan yang tepat mesti jadi pertimbangan. Salah dalam mengambil keputusan, besar dimungkinkan kegagalan jelas menimpa apa tujuan. Buruknya bisa memunculkan beragam permasalahan yang baru pula.

Seni dan Ilmu Pengambilan Keputusan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN