Mohon tunggu...
Mukhlis
Mukhlis Mohon Tunggu... Guru - Guru SMA Negeri 1 Lhokseumawe

Penulis Buku: Teknik Penulisan Puisi, Teori, Aplikasi dan Pendekatan , Sastra, Pendidikan dan Budaya dalam Esai, Antologi Puisi: Lukisan Retak, Kupinjam Resahmu, dan Kutitip Rinridu Lewat Angin. Pemimpin Redaksi Jurnal Aceh Edukasi IGI Wilayah Aceh dan Owner Sastrapuna.Com . Saat ini Bertugas sebagai Guru SMA Negeri 1 Lhokseumawe

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Bingung? Tidak Tahu Cara Mengembangkan Komponen-komponen Makalah, Pahami Konsep Berikut!

22 Februari 2024   12:14 Diperbarui: 23 Februari 2024   11:39 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Pixabay

Oleh: Mukhlis, S.Pd., M.Pd

Konsep Makalah dalam  Pandangan  Para Ahli
Dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada tingkat lanjutan  atas , materi tentang makalah dipelajari oleh siswa pada saat berada di kelas XI.

 Pada tingkat ini, siswa sudah dianggap  mampu menuangkan gagasan dalam bentuk makalah secara lengkap.  

Dewasa ini, pembelajaran makalah di SMA merupakan suatu bentuk makalah yang lengkap dan mempunyai suatu persoalan yang 

Dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada tingkat  Sekolah Menengah Atas ( SMA) materi tentang  karya ilmiah  dipelajari oleh siswa pada saat berada di kelas XI.

 Pada tingkat ini, siswa sudah dianggap  mampu menuangkan gagasan nya dalam bentuk karya ilmiah minimal dalam bentuk makalah secara lengkap.  Selain mampu menyampaikan gagasan secara utuh  pada tahap ini siswa juga sudah dikenalkan dengan sistematika dari makalah.  

 Dewasa ini, pembelajaran karya tulis ilmiah di SMA  dalam bentuk makalah yang lengkap dan mempunyai suatu persoalan yang aktual atau sedang dicari solusinya. 

Masalah aktual yang  ditulis dalam makalah oleh siswa pada tahap tersebut adalah berkisar masalah yang bersifat fenomena yang terjadi di lingkungan siswa itu sendiri. 

Selama  ini,  sering terjadi kesalahan  penafsiran    terhadap bentuk dan isi yang dikandung oleh  makalah. Kesalahpahaman  terhadap hal ini, disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap konsep makalah itu sendiri.

Dalam hal ini, Dwiloka dan Ratih   (2005:97) mengemukakan tentang ciri-ciri makalah adalah sebagai berikut ”Salah satu karya ilmiah adalah memiliki ciri-ciri (1) objektif, (2) tidak memihak, (3)  berdasarkan fakta,( sistematis ) dan (5) logis.” Dilihat dari ciri-ciri yang disebutkan dalam pengertian di atas,  menunjukkan bahwa makalah termasuk sebuah makalah yang lengkap.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun