Mohon tunggu...
Muh audy Arabiya
Muh audy Arabiya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nama muh audy arabiya Lahir wolo kab. Kolaka Hobi Bulu Tangkis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Review Jurnal Konsep Mekanisme Pasar dan Persaingan Harga dalam Islam

9 Desember 2022   23:17 Diperbarui: 9 Desember 2022   23:55 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Review Jurnal

Judul : Konsep Mekanisme Pasar dan Persaingan Harga Dalam Islam.

Volume Halaman :  Vol. 1. No. 2 halaman 25-34

Tahun : 2019

Penulis : Budi Solihi, M.A.

Reviver : Muh. Audy Arabiya

Latar Belakang : Perekonomian merupakan hal yang terpenting bagi sebuah negara. Pada dasarnya proses terbentuknya harga di sebabkan tercapainya tingkat keseimbangan antara permintaan dan penawaran. Harga keseimbangan atau harga pasar ialah harga yang terjadi apabila jumlah barang yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan. 

Namun dalam kenyataanya banyak kasus ketidaksehatan pasar seperti penipuan, kecurangan dalam melakukan jual beli serta adanya kegiatan penimbunan dengan maksud menjual diwaktu tertentu dengan harga yang mahal dari harga sewajarnya. Namun yang jadi permasalahan adalah ketika harga tiba-tiba melonjak tinggi secara tidak adil sehingga terjadi distorsi pasar yang kompleks.

Adanya persaingan tidak sehat mengakibatkan ada pihak-pihak yang dirugikan, terutama produsen lokal. Dalam ekonomi islam ketika adanya ketidakseimbangan persaingan harga pasar yang tidak seimbang maka di perbolehkan adanya intervensi pemerintahan untuk menstabilkan harga dan melindungi pelaku pasar. 

Pendapat ibnu taimiyah mengenai persaingan harga dalam bisnis islam, naik turunnya harga tidak selalu disebabkan orang yang terlibat transaksi, melainkan biasa dari penawaran menurun akibat efisiensi produksi dan penurunan jumlah impor. 

Ketika terjadi persaingan harga yang tidak sehat dalam bisnis islam yang diakibatkan oleh pelaku yang tidak bertanggung jawab, ibnu taimiyah berpendapat bahwa perlu adanya campur tangan pemerintah dalam mengintervensi harga agar persaingan harga dalam bisnis tersebut di pasar tidak berlangsung lama dan tidak merugikan banyak orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun