Mohon tunggu...
Muhammad Yasin
Muhammad Yasin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Laki laki

Mahasiswa aktif di UIN KHAS Jember

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Kecocokan Sabda Nabi dengan Keadaan di Indonesia Sekarang

18 April 2022   12:05 Diperbarui: 18 April 2022   12:15 564
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Assalamualaikum wr wb 

Saya Muhammad Yasin sekedar menulis sebuah karangan tidak maksud untuk mencela merendahkan apa lagi menjatuhkan karangan ini hanyalah tuangan dari pemikiran yang ada untuk sekedar menjadikan bacaan yang mungkin menarik bagi para pembaca.

Puji syukur kepada Allah SWT telah melimpahkan nikmatnya yang tak terhingga. Sholawat salam kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW dengan harapan kita akan mendapatkan syafaat beliau kelak di hari akhir aamiin.

Saya pernah mendengar sabda nabi Muhammad SAW yang berarti "Akan hadir suatu masa atas umatku, mereka menjauh dari para ulama dan fuqaha, maka Allah akan memberikan cobaan kepada mereka dengan 3 cobaan, yaitu: 

1. Allah akan menghilangkan berkah dari rezekinya. 

2. Allah akan mengirim kepada mereka penguasa yang zalim. 

3. Mereka akan meninggalkan dunia tanpa membawa iman kepada Allah Ta'ala.

Untuk menganalisis jauh lebih lanjut saya melihat sekitar saya pertama tentang menjauhi para ulama dan fuqaha ini bukan hanya di artikan kita menjaga jarak saja dari para ulama dan para ahli fiqih juga termasuk memusuhi beliau juga masuk dalam sabda nabi "Menjauhi" 

mengapa saya katakan demikian karena tak lama waktu yang berlalu saya mendengar berita tentang habaib-habaib yang di jerumuskan ke penjara bahkan bukan hanya 1 atau 2 kali bahkan berkali-kali ada juga yang menjelekkan nama ulama contoh mengaku kiyai namun berbuat asusila terhadap santri, dan mungkin ada contoh lainnya.

Perbuatan perbuatan tersebut apakah masih belum jelas termasuk kepada sabda nabi yang termaktub "menjauhi ulama" mungkin menurut saya itu telah terjadi di lingkungan kita. 

Kemudia lebih lanjut saya melihat lagi fenomena tang terjadi tentang 3 musibah yang akan menimpa yang pertama Allah menghilangkan berkah dari rezekinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun