Mohon tunggu...
Muhammad Syauqi
Muhammad Syauqi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Menceritakan public speaking

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Proses Mengembangkan Skill Public Speaking Secara Bertahap UAS Public Speaking dr. Geofakta

9 Januari 2023   12:40 Diperbarui: 9 Januari 2023   12:56 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Selamat siang rekan-rekan kompasiana 

Bagaimana kabar kalian hari ini ? Semoga baik-baik saja ya dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Karena ini postingan pertama saya.  baiknya perkenalan terlebih dahulu yuk. Seperti pepatah bilang "Tak Kenal Maka Tak Sayang". Maka, kenali diri saya dulu yuk agar lebih mengenal bagaimana karakter saya. 

perkenalkan nama saya Muhammad Syauqi Abdullah. biasa dipanggil dengan sebutan syauqi,oki,uqi. Saya lahir di Jakarta Timur, 3 Semptember 2001. Saya anak kedua dari empat bersaudara. Saya memiliki satu kakak perempuan,satu adik perempuan dan satu adik laki-laki. Keseharian saya membantu ibu saya berdagang makanan selain itu, setelah selesai saya bermain futsal,bulu tangkis,ping-pong,

dan billiar. 

Kekurangan dari diri saya adalah pelupa dan sering meninggalkan barang tanpa memperhatikan tempat,kemudian saya takut untuk berbicara di depan umum karena saya merasa kurang percaya diri. Namun seiringnya waktu dan kebetulan saya masuk ke jurusan ilmu komunikasi saya memahami adanya sebuah proses perkembangan ilmu public speaking. 

Kelebihan dari diri saya adalah bernegoisasi dan me-lobby seseorang untuk dapat berkerja sama dengan saya maupun agar orang itu dapat percaya dengan saya sehingga melakukan apapun yang saya inginkan. 

Tampil percaya diri saat berbicara di hadapan publik adalah salah satu indikator keberhasilan dalam melakukan public speaking. Menampilkan rasa percaya diri di hadapan publik juga tentunya akan menambah kesan hebat di mata para audiens nya. Contohnya, bapak proklamator kemerdekaan Indonesia, yakni Ir.Soekarno. Tampak tegas, gagah, berani, dan lantang dalam menyampaikan orasi politiknya di hadapan jutaan masyarakat umum. Siapapun yang mendengar, akan hanyut terbawa dalam isi dan maksud pesan yang disampaikan oleh beliau. Percaya diri juga mampu memberikan pengaruh yang signifikan kepada para pendengarnya dalam memahami kejelasan oleh pembicaranya. Namun, apakah yakin semua orang bisa tampil percaya diri ketika berbicara di hadapan banyak orang?

Jawabannya tidak, maka dari itu saya percaya akan ada sebuah proses karena saya terpengaruh oleh hal itu. Pada awalnya saya takut akan berbicara di depan umum sekarang rasa takut itu berkurang walaupun belum hilang sepenuhnya. Kunci utama nya yakni anda paham akan materi yang akan kalian bawakan dengan itu kalian akan merasa percaya diri. Banyak manfaat dari oroses pengembangan skill public relations saya seperti lebih percaya diri, menambah wawasan yang luas, mendapatkan citra yang baik, dipercaya dengan seseorang. Maka dari itu, saya ingin teman-teman semua dapat memahami adanya sebuah proses menuju sukses . Terimakasih semhanya selamat siang! 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun