Mohon tunggu...
M. Saiful Kalam
M. Saiful Kalam Mohon Tunggu... Penulis - Pelajar

Menulis yang terbaik saja

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Sekolah Itu Gak Guna atau Kitanya yang Malas?

3 September 2021   16:02 Diperbarui: 3 September 2021   16:05 114 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sekolah Itu Gak Guna atau Kitanya yang Malas?
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

(cerita ini dibangun dari sudut pandang artis di youtube dan sedikit sari penulia mengenai masalah murid yang ada di kelasnya. Happy reciting.)

Kalau pasa artikel sebelumnya, penulis mungkin sudah menjelaskan kalau dilema dalam profesi guru itu banyak. Terutama masalah mengenai murid yang 'kurang ajar'. Kali ini, penulis akan menyoroti dan memberikan sudut pandangan yang berbeda.

Masih ingat kita dengan artis bernama Deddy Corbuzier dan Panjiprawigaksono? Mereka adalah artis yang memberikan sudut pandang bahwa sekolah itu gak penting. Tapi mereka ditiap video selalu bilang, kalau bukan berarti jika mereka bilang demikian, kita lantas langsung untuk keluar atau meninggalkan sekolah.

Mereka berkata yang hampir senada/sama maknanya, intinya kalau kita punya kelebihan A, maka ya kuasai A sampai jadi ahli/profesional. Kalau B ya B, dan sampai seterusnya.

Kalau kita mampir dan nonton di channelnya Om Deddy yang bertajuk "NADIEM MAKARIM-KULIAH GAK PENTING (kasih ortu kalian nonton)", yang rilis pada tanggal 8 Maret 2020, dengan total likes 150 ribuan dan views 4,8 jutaan, di sana Nadiem yang saat itu menjabat sebagai Mendikbud, berkata kalau pentingnya sekolah itu salah satunya adalah murid belajar mengenai sosial learning.

Kemudian, Om Deddy nampak antusias ketika Mekdikbud itu punya kebijakan mengenai Program Kampus Merdeka (sampai saat ini sudah berjalan di beberapa instansi pendidikan/sekolah/kampus yang berada di bawah naungan Mendikbud dan Menristekdikti).

Apa kata Mas Nadiem saat itu, ia berkata kalau mahasiswa itu harus diajarkan untuk berenang dilautan. Kalau dulu, mereka diajarkan dikampua hanya bisa satu gaya renang saja, dan itupun di kolam renang. Nah, bagaimana kalau ia akan dilepas ke lautan? Ya tentu saja mereka bakal tenggelam. Dan itu yang terjadi pada saat ini.

Berarti, dapat dikatakan bahwa sekolah atau pendidikan itu penting bagi murid.

Lalu, argumen diatas dikuatkan dengan channel youtube Panji Pragikwaksono yang bertajuk "MASALAH PENDIDIK KITA", dirilis pada tanggal 2 Mei 2014 dengan total like 60 ribuan dan views 4,3 jutaan.

Di sana ia menjelaskan kalau Ki Hajar Dewantoro itu pernah berkata kalau benih padi itu tumbuhnya ya jadi benih padi. Jagung ya jagung, dan sebagainya. Artinya, anak di sekolah tidak diajarkan mengenak cara agar mereka bisa memahami bahwa diri mereka itu berbeda.

Tapi, meski kedua artis tersebut berkata sekolah itu tidak penting atau semacamnya, tapi mereka percaya pada pendidikan. Buktinya, anak mereka tetap disekolahkan ya walaupun punya kekurangan. Tapi, bisa tetap disimpulkan bahwa sekolah itu penting.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan