Sejarah Singkat Perusahaan. Teh Pucuk Harum merupakan produk dari perusahaan Mayora Indah Terbuka Tbk. PT Mayora Indah Terbuka Tbk ini merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai jenis makanan dan minuman salah satu produk yang terkenal yaitu Teh Pucuk Harum. PT Mayora Indah Tbk berdiri pada tanggal 17 Februari 1977.Â
Mayora Group menjadi perusahaan publik pada tahun 1980, pada perkembangan selanjutnya melakukan ekspansi untuk menjadi perusahaan berbasis ASEAN. Mayora mendirikan fasilitas produksi dan kantor pemasaran di beberapa wilayah Asia Tenggara. Produk Mayora telah dijual ke banyak negara di seluruh dunia. Mayora memiliki sistem logistik modern, pengelolaan gudang yang baik, serta jaringan distribusi yang kuat. Produknya berkualitas, dan membawa Mayora mendapatkan penghargaan dan apresiasi.Â
Teh Pucuk Harum diproduksi oleh PT Mayora Indah Tbk pada tahun 2011. Minuman ini dibuat dari pucuk daun teh pilihan, bagian terbaik untuk membuat minuman teh. Produk teh ini dipadukan dengan aroma jasmine untuk menciptakan rasa teh yang terbaik. Produk minuman ini dikemas praktis, sehingga mudah dibawa kemana saja.
Produk ini memanfaatkan teknologi canggih dalam proses produksi 35 yaitu teknologi AST (Advanced Sterilizing Techmology). Proses pengolahan alami minuman ini menjamin rasa teh yang segar sama seperti minuman teh yang baru dibuat. Teh Pucuk Harum juga bebas dari bahan pengawet, minuman ini bisa tahan hingga 1 tahun. Teh Pucuk Harum terbuat dari bahan alami yang bebas pewarna dan pemanis buatan.
Dalam tugas ini, saya akan melakukan analisis yang dilakukan dengan copywriting merek iklan untuk memasarkan produk atau layanannya dimana iklan juga digunakan oleh produk merek TEH PUCUK HARUM sebagai upaya untuk memperkenalkan dan memberikan informasi kepada masyarakat. perlu terus menerus beriklan secara luas atau yang juga dikenal dengan istilah advertising campaign. Kampanye periklanan pada hakikatnya adalah suatu tindakan komunikasi yang direncanakan (planned communication) dan diarahkan pada tujuan tertentu (goal oriented) secara sistematis dan strategis.
A.PESAN IKLAN :Pada iklan ini, penggunaan kata "haus" menggambarkan makna leksikal yang tegas dan tidak diperbandingkan dengan makna lain. Di luar sana, "haus" dapat diinterpretasikan dengan sendirinya yang berasal dari observasi. Dikarenakan iklan ini menjual minuman, maka haus sangat ditonjolkan sebagai kondisi bagian leher yang kering setelah mengonsumsi makanan.
b.STRATEGI KREATIF : Strategi Teh Pucuk Harum memang unik. Ketika banyak pemain berinovasi dalam rasa, Teh Pucuk Harum hanya menghadirkan dua rasa, yaitu reguler dan less sugar. Ukurannya pun hadir dalam tiga jenis, yaitu 350 ml, 480 ml, dan 1,5 liter. "Ukuran kecil untuk konsumen yang sedang traveling, nongkrong. Sedangkan 1,5 liter untuk ramai-ramai," kata Juanita.
Namun untuk menjadi pemain terbesar dalam waktu singkat, Mayora pun sangat memerhatikan hal-hal penting dalam pemasaran. Mayora memiliki sistem pemantauan yang memuat seperti pertumbuhan merek yang sehat, brand tracking, numeric distribution, share of voice, top of mind, dan lainnya.
Unsur 4P dalam marketing pun dipenuhi Mayora melalui Teh Pucuk Harum ini. "Kami riset ke konsumen bahwa rasa menjadi penting. Misalnya terlalu manis atau terlalu pahit. Konsumen tidak keberatan untuk membayar lebih mahal asal mendapatkan rasa yang lebih enak," kata Juanita. Teh Pucuk Harum pun mengklaim ada tiga diferensiasi terkait produk mereka, yaitu manisnya pas, tidak nyangkut di leher dan tidak buat haus lagi. "Tidak ada gunanya konsumen minum teh, tapi tetap harus minum air karena rasanya nyangkut," katanya.
Selain produk, Mayora juga sangat memerhatikan urusan promosi. Aktivasi below-the-line dan above-the-line dilakukan secara gencar. Untuk menggaet anak muda misalnya, Teh Pucuk Harum menggelar Pucuk Cool Jam, festival musik di 30 sekolah Jabodetabek dan Bandung.
c. selebrity endorse : Selebritis adalah para artis film, sinetron, penyanyi, musisi, pelawak, dan semua orang-orang terkenal yang bergerak di bidang hiburan. Para selebriti bisa juga para pemain olahraga yang terkenal, tokoh politik, para pejabat pemerintahan, para pakar pengamat ekonomi, sosial, dan politik (Sumarwan, 2011:312). Dalam mempromosikan produk atau jasa pemasar menggunakan selebriti sebagai bintang iklan dengan berbagai peran dalam komunikasi pemasaran
d. tagline : Pucuk, pucuk, Kenapa sih harus pucuk Kan sama-sama daun the Jelas beda...Pucuk itu, aromanya ummm Dan rasa pucuknya, umm yummi Pucuk, pucuk,pucuk Yah telat lagi Pucuknya ada di situ (melihat teh botol) Pucuk teh terbaik ada di pucuknya Teh pucuk harum, rasanya pas nggak kemanisan Teh pucuk harum, rasa teh terbaik ada di pucuknya
Dalam iklan tersebut, produsen (MAYORA) ingin memperkenalkan pada khalayak bahwa teh pucuk yang diproduksi adalah teh yang benar-benar terbuat dari pucuk daun teh. Berbeda dengan teh lain yang terbuat dari daun teh biasa. Dengan memperlihatkan bahwa ulat pun memperebutkan pucuk tersebut, lebih memilih pucuk daripada daun biasanya. Dengan harapan penonton atau pun orang yang melihat iklan teh pucuk ini terpengaruh atau tersugesti untuk mencoba atau membeli produk teh pucuk yang dimaksud. Dengan melihat atau menonton iklan tersebut penonton atau pun pembaca membayangkan bagaimana rasa dari teh pucuk itu. Dalam iklan teh pucuk harum yang merupakan referensi atau acuannya adalah pucuk.
Kata pucuk mengacu kepada ujung atau puncak daun teh atau dapat pula diartikan pucuk adalah bagian tanaman muda yang ada di atas tanah terdiri atas batang, ranting, dan daun-daunan. Orang yang membaca atau mendengar akan berpikir demikian karena referensi yang di acu sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki oleh pembaca atau pendengar. Serta iklan the pucuk harum ini dikemas secara keren dengan melibatkan animasi ulat yang sedang memperebutkan pucuk teh dan dikolaborasi dengan orang yang tiba-tiba memetik pucuk pohon
e. jigle yang menarik : Teh Pucuk Harum selalu menciptakan sebuah iklan yang berorentasi pada semua kalangan yang terfokus pada anak-anak serta kalangan remaja. Nama, kemasan, logo, harga, kekuatan visualisasi gambar, dan seluruh penampilan sebuah produk menciptakan karakter yang bisa dikenali dengan maksud untuk menarik minat satu jenis konsumen tertentu. Iklan Teh Pucuk Harum menampilkan berbagai macam produk teh yang dinilai dapat memberikan suatu pemikatan terhadap masyarakat agar dapat membeli produk tersebut. Produk yang berkualitas membawa Mayora mendapatkan penghargaan dan apresiasi. Masyarakat pun tidak tertuju hanya satu produk teh, tergantung cara produk-produk ini memberikan penampilan yang menarik dan kemasan yang disukai masyarakat umum, mulai dari bentuk sampai harga yang diberikan apakah terjangkau atau tidak. Jika dilihat iklan tersebut cukup menarik dan mengunggah peneliti untuk mengkaji iklan produk minuman Teh Pucuk Harum di Televisi.
f. inspirasi : Periklanan bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk, mempertahankan citra perusahaan, membujuk komunikan untuk membeli dan lain-lain. Pada prinsipnya semua iklan dimaksudkan untuk menimbulkan respon positif dari masyarakat, setiap iklan yang dirancang untuk menimbulkan tanggapan masuk dalam benak masyarakat atau konsumen dan pada akhirnya bertindak sesuai dengan tujuannya. Dalam menarik perhatian dan mempengaruhi perasaan konsumen terhadap barang dan jasa diperlukan iklan dengan daya tarik pesan agar iklan tersebut diperhatikan oleh khalayak.
Pengiklan terus-menerus bersaing untuk mendapatkan perhatian konsumen. Dan ini bukan tugas yang mudah mengingat sudah terlalu banyak iklan di media cetak, elektronik, dan sumber informasi lain yang tersedia untuk konsumen setiap hari. Intinya adalah menjelaskan apa adanya, baik dari segi etika maupun naluri bisnis yang cerdas. Konsumen belajar dengan cepat ketika mereka ditipu dan akan membenci pengiklan. Iklan yang disampaikan melalui media bertujuan untuk menjangkau berbagai daerah. Media dengan berbagai karakteristiknya membawa pesan iklan sesuai dengan tujuan strategi pemasaran masing-masing produk. Media terdiri dari dua kelompok besar, yaitu media konvensional dan media tidak konvensional. Media konvensional adalah media yang telah disepakati oleh masyarakat sebagai media personal (tatap muka, promosi penjualan, dan telepon) dan impersonal (cetak, siaran, dan elektronik atau digital). Media inkonvensional adalah media yang tidak umum digunakan, seperti gedung-gedung yang digunakan sebagai media periklanan. dunia seni berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan seni. Sebagai contoh, bermain tampilan visual berarti bermain di ranah seni. Dalam iklan cetak, seni biasanya diwakili oleh foto, gambar yang dihasilkan komputer, atau ilustrasi yang digambar tangan. Dalam iklan video, seni dapat direpresentasikan dalam bentuk film aksi langsung, foto diam, atau animasi. Pemirsa acara televisi memiliki karakteristik yang berbeda-beda.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI