Mohon tunggu...
Muhammad Nauval
Muhammad Nauval Mohon Tunggu... Perawat | Aceh Tulen

Seorang Pembaca yang Kadang Tergoda untuk Menulis

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Kojima: Madu dengan 3 Kebaikan, Sehat dalam Sekali Tegukan

20 April 2021   23:41 Diperbarui: 21 April 2021   00:15 356 17 5 Mohon Tunggu...

Sebagai seorang muslim, berpuasa di bulan Ramadan merupakan salah satu rukun islam yang harus kita tunaikan. Selama Ramadan, selain menjaga nafsu dari setiap godaan yang membatalkan puasa, menjaga kesehatan tubuh juga harus tetap diutamakan.

Beberapa hari ini, kesehatan saya cukup terganggu. Pasalnya dalam tiga hari terakhir ini, pencernaan saya bermasalah. Mungkin ini disebabkan karena perubahan pola makan yang biasanya rutin sehari tiga kali. Sekarang hanya dua kali ketika sahur dan saat berbuka.

Belum lagi karena saya terlalu banyak mengkonsumsi makanan instan ketika malam hari. Saya menduga ini yang menyebabkan pencernaan saya terganggu.

Bukan hanya itu. Belakangan ini saya juga merasa sedikit lesu dan terkadang tidak semangat ketika ingin bekerja. Awalnya saya mengira ini hal yang wajar. Kan sekarang sedang berpuasa, lemas dan lesu itu hal biasa.

Namun saya melihat, kok teman-teman saya masih semangat ya ? padahal jika dipikir-pikir, menjalani puasa di tengah musim kemarau seperti ini agak sedikit memberatkan.

Sempat saya menduga. Ah, mungkin mereka tidak puasa. Mana mungkin, sudah siang begini mereka masih saja semangat bekerja, istirahat cuma sebentar setelah selesai salat.

Hingga akhirnya saya memberanikan diri bertanya. Mungkin mereka punya cara khusus mengatasi masalah kesehatan seperti yang saya alami saat ini.

Setelah mengobrol panjang lebar dengan mereka. Akhirnya saya tahu, jika mereka selama ini rajin mengkonsumsi madu. Bahkan, bukan cuma di bulan puasa ini saja, sudah beberapa Ramadan berlalu, setiap berbuka dan sahur mereka selalu menjadikan madu sebagai bagian dari minuman mereka.

Singkat cerita, saya akhirnya memesan satu botol madu untuk saya konsumsi selama puasa. Sudah dua hari saya rutin mengkonsumsi madu ketika sahur dan berbuka.

Madu [Dokpri]
Madu [Dokpri]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN