Mohon tunggu...
Muhammad Nauval
Muhammad Nauval Mohon Tunggu... Aceh Tulen

Penyuka Seni dan Sastra

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Menelaah Alasan Kim Jong Un "Perangi" Hyun Bin Cs

28 Juli 2020   11:54 Diperbarui: 31 Juli 2020   05:56 3963 15 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menelaah Alasan Kim Jong Un "Perangi" Hyun Bin Cs
Kim Jong Un melarang warganya menonton drama Korea (Gambar dikolase dari Reuters & Instagram TVN official)

Baru-baru ini pecinta drama Korea alias drakor dikejutkan dengan pernyataan tegas dari Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Sebagaimana dikutip dari New York Post, Kim Jong Un melarang keras warganya menonton film dan drama yang menampilkan budaya Korea Selatan.

Larangan seperti ini tentu akan mengecewakan banyak pecinta drakor. Namun, bukan tanpa alasan Kim Jong Un melarang rakyatnya untuk tidak menonton drama Korea. Pasalnya, budaya Korea Utara kini sedang memudar, dan 70 % warga Korea Utara ternyata suka menonton drakor alias film Korea Selatan.

Bukan hanya itu, yang membuat Kim Jong Un makin marah adalah warganya sekarang juga banyak memakai logat Korea Selatan saat berbicara dan juga menulis. 

Untuk itu, Kim Jong Un kini mendeklarasikan "perang" dengan drakor. Akan ada sanksi yang diberikan kepada warganya jika kedapatan menonton drakor dan film dari Korea Selatan. Mulai dari dicukur rambut hingga bisa mendapat sanksi yang lebih berat lagi.

Kita semua tahu hubungan antara kedua negara ini memang tidak baik. Pembagian Korea menjadi Utara dan Selatan pasca-blok sekutu memenangkan peperangan pada Perang Dunia II ini membuat hubungan antara kedua negara menjadi buruk. 

Korea Selatan menganut demokrasi liberal kapitalis dan menjadikan ekonomi negara tersebut berkembang dengan baik. Namun, Korea Utara lebih memilih menganut paham komunis yang terkesan lebih menutup diri dan stalinis. 

Penikmat drakor mungkin sering melihat dalam beberapa drama Korea Selatan sering juga mengangkat tema tentang hubungan antara kedua negara ini. Walau terkesan seperti hitam dan putih, tapi setidaknya penonton bisa melihat sedikit gambaran apa yang terjadi.

Logis atau Tidak?
Jika kita telaah lebih dalam alasan Kim Jong Un melarang warganya menonton drakor rasanya memang wajar. Dilihat dalam aspek kebudayaan, Korea Utara tampak merugi karena pudarnya budaya asli mereka diakibatkan warganya ketagihan nonton drakor.

Sadar atau tidak mereka mengadopsi budaya Korea Selatan dalam kehidupan sehari-hari mereka di Korea Utara. Jelas saja ini membuat Kim Jong Un marah. Terlepas ini program Korea Selatan atau bukan, namun nyatanya kita bisa melihat ini berhasil.

Tetapi, kita juga bisa melihat hal ini dalam sudut pandang yang lain. Jika hanya dengan menonton film dari Korea Selatan mampu membuat pudarnya budaya Korea Utara di kehidupan warganya, bukankah masalah sebenarnya ada pada warga itu sendiri? 

Barangkali kecintaan mereka pada budaya sendiri memang tidak sepenuhnya besar. Mungkin juga mereka beranggapan jika budaya Korea Selatan lebih bagus. Hal ini tentu sesuai sudut pandang mereka sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x