Mohon tunggu...
Muhammad Martinez
Muhammad Martinez Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

PLEGMATIS Seorang penulis yang ingin sukses, dan berguna untuk orang banyak dan bisa membanggakan orang tua.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

7 Kesalahan Saat Menjual

13 Agustus 2022   09:12 Diperbarui: 15 Agustus 2022   09:07 135 15 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Ilustrasi pixabay.com)

Jualan dengan asal-asalan , hasilnya juga akan asal-asalan. Penting untuk dipahami bahwa Anda tidak bisa asal-asalan saat menjual. Jika Anda tidak tahu ilmunya, maka hasil penjualan Anda tidak akan maksimal. Mari kita mulai dari kesalahan-kesalahan yang sering di lakukan oleh pebisnis pemula. Kita simak satu persatu, apakah ada salah satu point yang Anda lakukan.

1. MENJUAL PRODUK YANG TIDAK DIBUTUHKAN

Maksudnya bagaimana? Seringkali Anda memulai bisnis hanya memikirkan keinginan Anda bukan ke inginan pasar. Anda lebih mengedepankan ego Anda. Ingin bisnis ini, ingin jualan ini, padahal belum tentu pasar membutuhkannya. Belum tentu konsumen di lingkungan Anda membutuhkannya.

Produk yang sukses di pasaran adalah produk yang diinginkan pasar . Dari sini Anda bisa mengambil kesimpula bahwa saat mengawali bisnis, jangan mengawalinya dari keinginan kita sendiri tetapi keinginan pasar, gali apa yang di inginkan pasar dan konsumen di lingkungan Anda, dan gali masalah apa yang perlu Anda berikan solusinya. Sebab jika anda menjual produk yang sebernya tidak dibutuhkan pasar, akhirnya tidak akan ada yang beli. Benar, kan?

2. TIDAK MEMBUAT RENCANA

Seringkali Anda menjalan bisnis minggu demi minggu, bulan demi bulan, tanpa pernah menyusun strategi, tanpa pernah menyusun rencana. Ada istilah yang saya sangat sukai dan sering di pakai dalam bisnis : if yuo fail to plan, you plan to fail. Jika Anda gagal untuk membuat rencana, maka Anda sering merencanakan kegagalan Anda.

Waktu mengawali bisnis, Pasti semua orang seperti itu. Semuanya serabutan, semuanya tidak terencana, semuanya mengalir. Mengalir sih mengalir, tapi muarahnya ridak jelas. Hehe.. Akan bagus jika mengalirnya sampai tujuan. Oke, kalau ceritanya kalau masuk ke selokan terus tersumbat, ujunya bisnis di tutup. Waahhh....jangan sampai yang saya lakukan terulang pada anda (Atau jangan -jangan sudah terulang?! Ups....).

Jadi, Anda wajib untuk membuat rencana saat menjalankan bisnis supaya jualannya laris dan omzet bis meningkat.Semoga dengan membaca artikel ini Anda juga sambil membuat rencana jualan. Pada pembahasan kita berikutnya, saya harap Anda akan memproleh banyak ide untuk menyusun rencana bisnis dan jualan Anda.

3. MARKETNYA TIDAK TEPAT

Kesalahan berikutnya adalah marketnya tidak tepat. Bahasa lainya adalah marketnya salah sasaran. Mau sehebat apapun teknik jualan Anda kalau market Anda tidak tepat maka ujung-ujungnya tidak ada yang beli. Kecenderungan para pembisnis pemula adalah seperti ini:memulai bisnis dengan cepat tanpa pernah memvalidasi market atau bahasa sederhananya adalah memulai bisnis tapi asal mulai, tanpa cek dengan benar apakah sesuai segmen pasarnya atau tidak, apakah produknya cocok dengan marketnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan