Mohon tunggu...
Muhammad Ilham Farizqi
Muhammad Ilham Farizqi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Airlangga

halo semua! saya ilham. saya mahasiswa semester 2 di Universitas Airlangga. saya suka nonton film terutama film action. saya suka membaca komik.

Selanjutnya

Tutup

E-Sport

Perubahan Minat Masyarakat dalam Pemilihan Permainan Tradisional ke Permainan Modern

19 Juni 2022   21:55 Diperbarui: 23 Juni 2022   13:06 248 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
E-Sport. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jamie McInall

Dari zaman ke zaman permainan akan mengalami perkembangan yang akan selalu diminati oleh kawula muda. Tak hanya kawula muda, banyak sekali para orang tua kerap mengikuti perkembangan dari permainan ke permainan. Contohnya pada tahun 90an permainan layangan sangat diminati oleh banyak kalangan dari muda hingga tua. 

Dari permainan tersebut beberapa orang mendapatkan penghasilan dari penjualan perlengkapan layangan dan layangan yang sudah jadi. Perubahan dari tahun 90an ke tahun 2000an permainan memiliki perkembangan yang cukup pesat. Dari permainan yang mengharuskan untuk bertemu, sekarang tanpa bertemu pun kita sudah bisa bermain dari jarak jauh atau yang dinamakan dengan istilah bermain game online.

Di beberapa wiliayah masih banyak yang bermain tradisional namun peminatnya makin berkurang seiring berjalannya waktu. Selain sudah tidak terlalu tertarik dengan permainan tradisional, pada wilayah tertentu masih terdapat wilayah yang tidak mendapatkan jaringan internet. 

Masih banyak faktor mengapa orang -- orang di beberapa wilayah pedalaman tidak memilih untuk mengikuti perkembangan zaman. Sekarang Perubahan minat masyarakat berperan dalam memilih permainan ini. Dari yang awalnya senang dengan bermain permainan tradisional kini mulai banyak yang tertarik dengan game online yang permainannya lewat gadget atau PC.

Game online adalah contoh perkembangan dari permainan yang saat ini sedang di minati hampir dari semua kalangan dari anak-anak hingga paruh baya. Hal tersebut sudah berkembang dari yang awalnya di perangkat besar saja seperti di komputer sekarang sudah bisa kita mainkan di smartphone masing-masing. Pemanfaatan dari game online antara lain kita bisa meraup keuntungan contohnya streaming. 

Streaming adalah istilah yang sering digunakan oleh milenial saat ini. Secara harfiah,  streaming berarti mengirimkan konten melalui Internet dalam bentuk audio atau video terkompresi dan memutarnya secara langsung tanpa pengguna harus mengunduhnya terlebih dahulu. 

Platform untuk para streamer ada banyak yang paling orang minati ada di youtube dan di twich banyak streamer gaming yang sudah meraup banyak uang hanya dengan membuat video dan live stream. 

Ada cara lain juga seperti menjadi pemain E - sport yang biasa disebut sebagai pemain pro yang cara mendapatkan keuntungannya melewati berbagai turnamen yang di selenggarakan oleh developer dll.

Perkembangan permainan sangat terlihat jelas hingga saat ini. Kemajuan ini tidak bisa kita hentikan karena seiring berjalannya waktu terdapat banyak inovasi agar negara ini menjadi negara yang maju di bidang teknologi. 

Namun kita juga tidak bisa langsung melupakan permainan tradisional, permainan tradisional masih harus selalu kita lestarikan agar budaya permainan tradisional masih bisa dikenal oleh negara asing. Manfaat dari masing -- masing permainan itu sendiri memiliki ciri khas tersendiri. 

Untuk permainan modern kita bisa menambah pertemanan, dan mempererat pertemanan serta dapat mengasah kecerdasan otak. Bermain game online terlalu sering juga memiliki sisi negatif yaitu dapat melalaikan kita dari kewajiban karena sering lupa waktu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten E-Sport Selengkapnya
Lihat E-Sport Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan