Mohon tunggu...
Muhammad Fathan Mubina
Muhammad Fathan Mubina Mohon Tunggu... Mahasiswa - S1 Keperawatan

Bermain futsal dan voli

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Faktor Determinan Pengembangan Kapasitas Perawat dalam Pelayanan Kesehatan

13 Juli 2023   22:06 Diperbarui: 13 Juli 2023   22:25 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pelayanan kesehatan merupakan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh organisasi atau fasilitas pelayanan kesehatan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. Kemampuan, keterampilan dan profesionalisme perawat serta akuntabilitas administrasi publik kesehatan perlu ditingkatkan dalam aspek profesional (Suprapto, S., Rifdan, R., & Gani, 2021). Bahwa ada hubungan antara sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam keterlaksanaan kegiatan perkesmas. Paling dominan dengan keterlaksanaan perkesmas adalah adanya interaksi antara kompetensi dan pelatihan (Suprapto, S., Herman, H., & Asmi, 2020). 

Kompetensi perawat perlu ditingkatkan agar dapat mengoptimalkan pelaksanaan pelayanan kesehatan masyarakat melalui pelatihan, pembinaan melalui tim yang ditugaskan, dan kerjasama dengan rekan sejawat serta memberikan dukungan berupa kebijakan reward dan sanksi seperti jenjang karir perawat (Suprapto, Mulat, et al., 2021). 

Dalam memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan bermutu, baik dari segi pelayanan, perawatan maupun fasilitas yang baik bagi pasien. Kepuasan kerja terbukti memberikan hubungan yang relatif baik terhadap peningkatan prestasi kerja, juga tidak menutup kemungkinan bagi perusahaan untuk mempertimbangkan faktor lain yang dapat memberikan kemudahan dalam bidang pelayanan kesehatan (Suprapto., 2019).

Kualitas pelayanan publik yang kurang memuaskan menjadi keluhan masyarakat sampai sekarang. Masyarakat masih banyak yang mengeluhkan tentang pelayanan yang lama berbelit - belit serta mahalnya harga pelayanan, padahal pada hakikatnya pelayanan publik dirancang dan diselenggarakan untuk memudahkan memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap pelayanan adalah kompetensi dan kemampuan sumber daya manusia. 

Disamping itu organisasi pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan baik dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya, dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masih bersifat parsial. Keseragaman tindak dan persepsi yang sama dalam memajukan organisasi kesehatan pada rumah sakit belum mencerminkan pelayanan kesehatan prima. 

Terkait dengan pengembangan kapasitas perawat, pengembangan organisasi dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi perawat serta dapat mempererat jalinan hubungan dan kerjasama antara pegawai dan pihak manajemen. Berdasarkan fokus penelitian tentang pengembangan kapasitas perawat maka tujuan penelitian menganalisis haktor determinan pengembangan kapasitas perawat dalam pelayanan kesehatan.

Berkaitan dengan kondisi pelayanan publik yang belum menampilkan kualitas pelayanan tersebut, (Efendi, 2017) mengemukakan bahwa "rendahnya kualitas pelayanan publik sudah lama menjadi keluhan masyarakat. Masyarakat mengeluh mengenai rumit dan mahalnya harga pelayanan, sementara masyarakat sering mengalami kesulitan untuk memperoleh akses pelayanan terhadap pelayanan publik." Kondisi penyelenggaraan pelayanan publik yang belum memuaskan seperti gambaran tersebut di atas, juga dijumpai dalam penyelenggaraan pelayanan publik di dibidang kesehatan secara umum terutama yang berkaitan dengan jenis pelayanan keperawatan pada rumah sakit. 

Menurut (Agustiana, 2009) berpendapat bahwa semakin tinggi nilai mutu pelayanan keperawatan maka semakin tinggi tingkat kepuasan pasien yang dirasakan dan sebaliknya semakin rendah mutu pelayanan keperawatan maka semakin rendah tingkat kepuasan pasien yang dirasakan, seperti pelayanan yang kurang cekatan dan kurang tanggap terhadap keinginan pasien sehingga dapat mengurangi tingkat kepuasan pasien.

DAFTAR PUSTAKA

(Ilmiah & Sandi, 2021)Agustiana, A. (2009). Pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta. UNS-FISIP Prog. Diploma III Manajemen Administrasi. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/16247/Pengembangan-kualitas-Sumber-Daya-Manusia-pada-Rumah-Sakit-Umum-Daerah-Dr-Moewardi-Surakarta

Efendi, S. (2017). Analisis Pelayanan Perpustakaan Sekolah Terhadap Peningkatan Minat Baca Peserta Didik Di Smp Negeri 1Galesong Selatan. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun