Mohon tunggu...
Muhammad Bayu Adji
Muhammad Bayu Adji Mohon Tunggu... Konsultan - JKT

-IR 17-

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Mahasantri Bunglon

16 November 2019   10:45 Diperbarui: 16 November 2019   11:05 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasantri  ( foto ini diambil tahun 2017)

Keterlibatan Seseorang dalam menemukan Jatidiri bagi setiap Pemuda sangat bergantung, katakan saja seseorang ini adalah teman teman disekitar kita, pasangan dalam melakukan pekerjaan sehari hari walaupun pasti ada aja hal hal yang bikin ganjel hati hahah, ya tapi itulah temen, dari mereka gue mengenal berbagai watak seseorang,berbagai macam kekonyolan dan kebodohan, sebenernya kembali lagi ke diri kita masig masing si  bagaimana kita menyikapi teman,dan mengambil sebuah pelajaran dari setiap kejadian, kalau kita bersikap baik pasti mereka akan memberikan respon yang sama begitupun sebaliknya, dan sampai akhirnya kita hanya menemukan satu kecocokan yang sama dari setiap individual contoh saja kecocokan itu makanan kesukaan, hobi, genre musik, bahkan fashion mungkin hahah. 

Nah kembali ke judul, sejatinya kita memiliki bidang atau lapangan masing masing dalam mengisi hidup atau menuangkan karya. kalo gue pribadi suka dengan A,B,C,D,E,F,G,H,I,J  huruf furuf itu diibaratkan berbagai macam kegiatan walaupun dari setiap huruf itu ada yang belom gue pahami dari esensi huruf itu sendiri, tapi dari situ gue belajar bagaimana mengetahui apa yang gue belom ketahui, belajar bagaimana hidup atau bergaul di alam yang berbeda bahkan belajar menyiptakan inovasi atau ide ide konyol yang baru hahaha, sampai sampai ada yang betanya "lu itu mau sampai kapan dan dimana sih ngelakuin hal kaya gini?" sambil tersenyum gue jawab pertanyaan itu " gue ga pernah mikirin akan sampai dimana dan kapan, karena hanya Allah yang akan menentukan itu, gue hanya berusaha memberikan yang terbaik di segala aktivitas gue" serontak jawaban itu perbincangan pun terhenti. Disisni gue mau memberi pesan jangan memikirkan pertanyaan  yang tidak perlu dipertanyakan  yang timbul dari dirimu sendiri atau sekitar mu karena itu hanya membuat dirimu bingung dan ragu melakukan sesuatu. Berbicara lebih jauh lagi menurut gue sekarang persaingan dalam konteks global dan teknologi sangat besar paling tidak ada 4 kompetensi yang harus dibutuhkan dalam anak muda untuk menghadapi persaingan dan menciptakan karya, yaitu  Relasi, Literasi, Kreatifitas dan Fleksibilitas. 

angry-chameleon-5480e053c6fe4033b0c19f389876aafd-5dcf7249d541df4e1028b595.jpg
angry-chameleon-5480e053c6fe4033b0c19f389876aafd-5dcf7249d541df4e1028b595.jpg
Layaknya Bunglon hewan yang bisa hidup di berbagai tempat, dengan mengkamuflase warna tubuhnya, setelah berpindah dari berbagai tempat untuk mencari mangsa atau membentuk kehidupan dia akan kembali kepada jatidirinya yaitu warna hijau. Ustadz gue pernah berkata "jangan melihat hasilnya, belajarlah dari nilai nilai yang bisa diambil di segala lini aktifitas" kembali lagi kepada jatidiri gue sebagai Santri yang sekarang berpredikat sebagai Mahasantri, Semoga  Allah menjadikan segala profesi atau kegiatan kita bukan hanya menjadi ladang rezeki dan pengembangan diri tetapi juga ladang amal. 

Kamar Mudabir,Unida ,09:30 WIB

Bayu Aji

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun