Hai Kompasianers! Walaupun hanya dengan rekan sepantaran, namun ada hal yang harus kamu perhatikan saat ingin berkomunikasi lho! Yaitu dengan cara Mendengarkan, Menghargai, Mengakui, dan Mendiskusikan. Yuk perhatikan 4 hal berikut lebih dalam versi saya supaya menciptakan lingkungan pekerjaan yang baik:
1. Mendengarkan
Kamu wajib memberi perhatian penuh terhadap rekan - mu. Bertujuan agar kamu dapat memahami apa yang sedang dia katakan. Mulai dari instruksi pekerjaan, hal yang dia tanyakan, atau bahkan hanya meminta pendapat. Hindari menatap layar handphone atau laptop kamu ketika dia sedang berbicara, karena sangat tidak sopan lho!
2. Menghargai
Pastikan kamu bersikap profesional kepada rekan saat sedang dalam jam kerja. Â Walaupun di luar itu, kalian melakukan hal apapun yang diinginkan. Hindari membawa permasalahan pribadi kalian ke dalam lingkungan kerja. Tentunya hal ini dapat berpengaruh dan sangat mengganggu sekali.
3. Mengakui
Saling keterbukaan sangat berpengaruh dalam dunia kerja lho! Kamu wajib mengakui secara terus terang kepada rekan dalam beberapa hal. Diantaranya ketika kamu mengalami kesulitan, pekerjaan belum selesai, atau terdapat permasalahan. Dengan harapan, rekan kamu bisa mendengakan dengan baik serta memberi masukan.
4. Mendiskusikan
Supaya tidak melebar dan efisien, kalian wajib fokus terhadap permasalahannya bukan kepribadian. Perlunya diskusi dengan rekan kamu untuk memecahkan masalah dari sudut pandang - nya. Kamu wajib menghargai apapun pendapat yang ia katakan serta hindari memotong pembicaraan. Jangan lupa untuk mengucapkan "terima kasih" karena sudah menyediakan waktu dan pendapat untuk berdiskusi ya!
Nah, itu 4 hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin berbicara dengan rekan sepantaran. Jangan lupa Kompasianers untuk berkomunikasi dengan baik serta mengedepankan etika. Supaya kamu sendiri dapat menciptakan lingkungan pekerjaan yang baik.
 See You On Top!