oleh: Muhammad A Rifai
UPT SMAN 1 Soppeng
Tahun pelajaran baru, 2020/2021 kembali dimulai pada tanggal 13 Juli 2020. Guru dan peserta didik harus segera terbangun dari nina bobo "stay at home". Namun, sayang ternyata harapan itu tidak sesuai kenyataan. Guru dan peserta didik kembali harus BDR-belajar dari rumah. Sebagai seorang guru yang memilikitanggung jawab moral dan tanggung jawab profesi, maka mau tak mau atau suka tak suka tetap harus kembali WFH (work from house) dan peserta didik pun harus rela kembali BDR. Yah, tahun pelajaran baru kembali sekolah kembali BDR.Â
Nah, pertanyaannya sekarang adalah sudahkah siap WFH dan BDR?
Bagi siswa atau peserta didik tentu tidak terlalu masalah persiapan itu. Mereka telah memiliki pengalaman sebelumnya pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Tetapi bagi guru atau tenaga pendidik, tentu masalah jika mereka tidak mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelumnya.Â
Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini saya ingin berbagi kepada rekan-rekan guru mengenai perangkat pembelajaran yang akan digunakan WFH/BDR yakni yang saya sebut RPP Daring di masa pandemi covid 19.
Silakan disimak berikut ini:
 Â
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
   Nomor 1
Sekolah
: UPT SMAN 1 Soppeng
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: XII MIA-IIS/Ganjil
Kompetensi Dasar
: 3.1. Mengidentifikasi isi dan sistematika surat  lamaran pekerjaan yang dibaca
  4.1. Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan dalam bentuk visual.
Materi Pokok
: Surat lamaran pekerjaan
Alokasi Waktu
: 8 Jam Pelajaran @45 Menit
- Tujuan  PembelajaranÂ
Setelah mengikuti proses pembelajaran daring, peserta didik mampu mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca serta menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan dalam bentuk visual.
B. Media Pembelajaran, Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.  Media        : Pembelajaran dengan WhatsApp  group, microsoft 365, microsoft teams, webinar
b.  Alat/Bahan      : Laptop, HP  Android, kertas HVS ukuran F4
c.  Sumber Belajar  : Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas XII,Kemendikbud
C. Â Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Pendahuluan:
- Guru menyapa Peserta didik dan melakukan presensi online dengan cara mengisi microsoft form yang telah dibagikan linknya.
- Guru mengajak Peserta didik berdo'a sebelum belajar dengan dipimpin oleh salah seorang Peserta didik dalam bentuk voice note.
- Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
Kegiatan Inti:
1. Â Guru melakukan apersepsi dengan mengirimkan sebuah contoh surat lamaran pekerjaan;
2. Â Guru melakukan tanya jawab terkait contoh surat lamaran pekerjaan yang diberikan guna menggali pengetahuan siswa tentang isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan, Â seperti:
a. Apakah pengertian surat lamaran pekerjaan?
b. Seperti apakah isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan?
c. Bagaimanakah penggunaan aspek kebahasaan surat lamaran pekerjaan?
3. Â Peserta didik memberikan umpan balik dan saling diskusi terkait pertanyaan dari guru kemudian guru memberikan apresiasi pada peserta didik yang aktif dalam sesi tanya jawab.
4. Â Peserta didik yang aktif dalam tanya jawab mendapatkan nilai tambah dalam penilaian sikap.
5.  Peserta didik menyimak penjelasan guru terkait isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan  melalui webinar microsoft teams.
6. Â Guru mengirimkan LK melalui class di microsoft teams untuk bekerja secara kelompok mengdentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan;
7. Â Peserta didik dan guru membuat kesepakatan waktu berhenti mengerjakan LK melalui class di microsoft teams;
8. Â Guru menunjuk salah satu kelompok untuk menuliskan hasil diskusi kelompoknya melalui obrolan di WAG.
9. Â Guru memberikan penguatan hasil diskusi di WAG
10. Peserta didik mendapatkan umpan balik dari guru bagi yang telah mengumpulkan tugas dengan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok.
11. Guru memberi penugasan selama kepada peserta didik untuk membaca surat lamaran pekerjaan dari berbagai jenis (berdasarkan iklan dan inisiatif sendiri) Â lalu menentukan perbedaan dari kedua jenis surat lamaran pekerjaan tersebut.
   Kegiatan Penutup:
1. Â Peserta didik bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
2. Â Peserta didik mengisi form refleksi yang berisikan pertanyaan berikut:
a. Â Manfaat yang telah diperoleh selama pembelajaran daring mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan.
b. Â Apakah materi tersebut sudah dapat dipahami?
3. Â Guru menutup pertemuan Pembelajaran daring dengan memberikan kalimat motivasi agar tetap semangat belajar.
4. Â Memberikan salam penutup.
D. Â Penilaian Hasil Pembelajaran
1.  Penilaian Pengetahuan   : Penilaian online/microsoft form tentang mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan
   2. Penilaian keterampilan    : LK  class microsoft teams (membuat slide presentasi powerpoint online) tentang kesimpulan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan.
3. Penilaian sikap            : Keaktifan Peserta didik dalam mengikuti materi Pembelajaran Jarak Jauh/daring.
 Â
Mengetahui,                                                   Watansoppeng, 30 Juni  2020
Kepala Sekolah                                                Guru Mata Pelajaran
Naharuddin, S.Pd., M.Pd. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Muhammad Arifai, S.Pd.
NIP 19690719 1004-1 Â 1 001 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â NIP 19711005 199412 1 006
 Â
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor 2
Sekolah
: UPT SMAN 1 Soppeng
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: XII MIA-IIS/Ganjil
Kompetensi Dasar
: 3.2 Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
 4.2 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
Materi Pokok
: Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan
Alokasi Waktu
: 8 Jam Pelajaran @45 Menit
- Tujuan  PembelajaranÂ
Setelah mengikuti proses pembelajaran daring, peserta didik mampu mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan dan menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika dan kebahasaan.
B. Media Pembelajaran, Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.  Media      : Pembelajaran dengan WhatsAppp group, microsoft 365, microsoft teams, webinar
b.  Alat/Bahan     : Laptop, HP  Android, kertas HVS ukuran F4
c. Â Sumber Belajar : Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas XII,Kemendikbud
C. Â Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Pendahuluan:
- Guru menyapa Peserta didik dan melakukan presensi online dengan cara mengisi microsoft form yang telah dibagikan linknya.
- Guru mengajak Peserta didik berdo'a sebelum belajar dengan dipimpin oleh salah seorang Peserta didik dalam bentuk voice note.
- Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
Kegiatan Inti:
1. Â Guru melakukan apersepsi dengan mengirimkan sebuah contoh surat lamaran pekerjaan;
2.  Guru melakukan tanya jawab terkait contoh surat lamaran pekerjaan yang diberikan guna menggali pengetahuan siswa tentang unsur  kebahasaan, isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan,  seperti:
a. Bagaimanakah penggunaan bahasa  surat lamaran pekerjaan tersebut?
b. Bagaimanakah isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan tersebut?
3. Â Peserta didik memberikan umpan balik dan saling diskusi terkait pertanyaan dari guru kemudian guru memberikan apresiasi pada peserta didik yang aktif dalam sesi tanya jawab.
4. Â Peserta didik yang aktif dalam tanya jawab mendapatkan nilai tambah dalam penilaian sikap.
5.  Peserta didik menyimak penjelasan guru terkait unsur kebahasaan, isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan  melalui webinar microsoft teams.
6. Â Guru mengirimkan LK melalui class di microsoft teams untuk bekerja secara kelompok mengdentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan ;
7. Â Guru mengirimkan LK melalui class di microsoft teams untuk bekerja secara individu menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan unsur kebahasaan ;
8. Â Peserta didik dan guru membuat kesepakatan waktu berhenti mengerjakan LK melalui class di microsoft teams;
9. Â Guru menunjuk salah satu kelompok untuk menuliskan hasil diskusi kelompoknya melalui obrolan di WAG.
10.  Guru menunjuk  beberapa peserta didik untuk menuliskan hasil diskusi kelompoknya melalui obrolan di WAG.
11. Â Guru memberikan penguatan hasil diskusi di WAG.
12. Peserta didik mendapatkan umpan balik dari guru bagi yang telah mengumpulkan tugas dengan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok dan individu.
13. Guru memberi penugasan kepada peserta didik  untuk membaca surat lamaran pekerjaan dari berbagai jenis (berdasarkan iklan dan inisiatif sendiri)  lalu menentukan perbedaan unsur kebahasaan kedua jenis surat lamaran pekerjaan tersebut.
14. Guru memberi penugasan individu kepada peserta didik untuk menyusun surat lamaran pekerjaan, dengan isi dan sistematika yang tepat, berdasarkan iklan di surat kabar edisi terbaru
   Kegiatan Penutup:
1. Â Peserta didik bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
2. Â Peserta didik mengisi form di microsoft office 365 refleksi yang berisikan pertanyaan berikut:
a. Manfaat yang telah diperoleh selama pembelajaran daring mengidentifikasi unsur kebahasaan, dan menyusun  surat lamaran pekerjaan berdasarkan isi dan sistematika yang tepat.
b. Â Apakah materi tersebut sudah dapat dipahami?
3. Â Guru menutup pertemuan Pembelajaran daring dengan memberikan kalimat motivasi kepada peserta didik agar tetap semangat belajar.
4. Â Memberikan salam penutup.
D. Â Penilaian Hasil Pembelajaran
1.  Penilaian Pengetahuan   : Penilaian online/microsoft form tentang mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
   2. Penilaian keterampilan    : LK  class microsoft teams (menyusun surat lamaran pekerjaan) dengan isi dan sistematika yang tepat.
3. Penilaian sikap            : Keaktifan Peserta didik dalam mengikuti materi Pembelajaran Jarak Jauh/daring.
 Â
Mengetahui,                                                   Watansoppeng, 30 Juni  2020
Kepala Sekolah                                                Guru Mata Pelajaran
Naharuddin, S.Pd., M.Pd. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Muhammad Arifai, S.Pd.
NIP 19690719 1004-1 Â 1 001 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â NIP 19711005 199412 1 006
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor 3
Sekolah
: UPT SMAN 1 Soppeng
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: XII MIA-IIS/Ganjil
Kompetensi Dasar
: 3.3 Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
 4.3 Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
Materi Pokok
: Cerita Sejarah
Alokasi Waktu
: 8 Jam Pelajaran @45 Menit
- Tujuan  PembelajaranÂ
Setelah mengikuti proses pembelajaran daring, peserta didik mampu mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis dan mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi.
B. Media Pembelajaran, Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.  Media         : Pembelajaran dengan WhatsAppp group, microsoft 365, microsoft teams, webinar
b.  Alat/Bahan    : Laptop, HP  Android, cerita sejarah
c.  Sumber Belajar  : Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas XII,Kemendikbud
C. Â Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Pendahuluan:
- Guru menyapa Peserta didik dan melakukan presensi online dengan cara mengisi microsoft form yang telah dibagikan linknya.
- Guru mengajak Peserta didik berdo'a sebelum belajar dengan dipimpin oleh salah seorang Peserta didik dalam bentuk voice note.
- Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
Kegiatan Inti:
 1.  Guru melakukan apersepsi dengan mengirimkan sebuah penggalan cerita sejarah;
2. Guru melakukan tanya jawab terkait penggalan cerita sejarah yang diberikan guna menggali pengetahuan peserta didik tentang orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah dan mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi,seperti:
a. Apakah yang disebut orientasi, rangkaian kejadian, komplikasi, dan resolusi?
b. Nilai-nilai apa saja yang terdapat dalam cerita sejarah tersebut?
c. Apakah itu teks eksplanasi?
3. Â Peserta didik memberikan umpan balik dan saling diskusi terkait pertanyaan dari guru kemudian guru memberikan apresiasi pada peserta didik yang aktif dalam sesi tanya jawab.
4. Â Peserta didik yang aktif dalam tanya jawab mendapatkan nilai tambah dalam penilaian sikap.
5.Peserta didik menyimak penjelasan guru terkait orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah  melalui webinar microsoft teams.
6. Peserta didik menyimak penjelasan guru terkait mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi melalui webinar microsoft teams.
7. Â Guru mengirimkan LK melalui class di microsoft teams untuk bekerja secara kelompok mengdentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah;
8. Â Guru mengirimkan LK melalui class di microsoft teams untuk bekerja secara individu mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi;
9. Â Peserta didik dan guru membuat kesepakatan waktu berhenti mengerjakan LK melalui class di microsoft teams;
10. Â Guru menunjuk salah satu kelompok untuk menuliskan hasil diskusi kelompoknya melalui obrolan di WAG.
11.  Guru menunjuk  beberapa peserta didik untuk menuliskan hasil diskusi kelompoknya melalui obrolan di WAG.
12. Â Guru memberikan penguatan hasil diskusi di WAG.
13. Peserta didik mendapatkan umpan balik dari guru bagi yang telah mengumpulkan tugas dengan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok dan individu.
14. Guru memberi penugasan kepada peserta didik untuk membaca cerita sejarah "Gajah Mada" lalu mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah tersebut.
15. Guru memberi penugasan kepada peserta didik  untuk membaca cerita sejarah "Gajah Mada" lalu menentukan mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah tersebut dalam sebuah teks eksplanasi.
   Kegiatan Penutup:
1. Â Peserta didik bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
2. Â Peserta didik mengisi form di microsoft office 365 refleksi yang berisikan pertanyaan berikut:
a. Manfaat yang telah diperoleh selama pembelajaran daring mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah, dan mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah tersebut dalam sebuah teks eksplanasi.
b. Â Apakah materi tersebut sudah dapat dipahami?
3. Â Guru menutup pertemuan Pembelajaran daring dengan memberikan kalimat motivasi kepada peserta didik agar tetap semangat belajar.
4. Â Memberikan salam penutup.
D. Â Penilaian Hasil Pembelajaran
1.  Penilaian Pengetahuan   : Penilaian online/microsoft form tentang mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah.
2. Penilaian keterampilan    : LK  class microsoft teams mengonstruksi  nilai-nilai dari informasi cerita sejarah tersebut dalam sebuah teks eksplanasi.
 3. Penilaian sikap          : Keaktifan Peserta didik dalam mengikuti materi Pembelajaran Jarak Jauh/daring.
 Â
Mengetahui,                                       Watansoppeng, 30 Juni  2020
Kepala Sekolah                                    Guru Mata Pelajaran
Naharuddin, S.Pd., M.Pd. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Muhammad Arifai, S.Pd.
NIP 19690719 1004-1 Â 1 001 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â NIP 19711005 199412 1 006
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor 4
Sekolah
: UPT SMAN 1 Soppeng
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: XII MIA-IIS/Ganjil
Kompetensi Dasar
: 3.4 Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah
 4.4 Menulis cerita sejarah pribadi dengan memperhatikan kebahasaan
Materi Pokok
: Kebahasaan Cerita atau Novel Sejarah
Alokasi Waktu
: 8 Jam Pelajaran @45 Menit
- Tujuan  PembelajaranÂ
Setelah mengikuti proses pembelajaran daring, peserta didik mampu menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah, dan menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan.
B. Media Pembelajaran, Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.  Media         : Pembelajaran dengan WhatsAppp group, microsoft 365, microsoft teams, webinar
b.  Alat/Bahan    : Laptop, HP  Android, cerita/novel sejarah
c. Â Sumber Belajar : Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas XII,Kemendikbud
C. Â Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Pendahuluan:
- Guru menyapa Peserta didik dan melakukan presensi online dengan cara mengisi microsoft form yang telah dibagikan linknya.
- Guru mengajak Peserta didik berdo'a sebelum belajar dengan dipimpin oleh salah seorang Peserta didik dalam bentuk voice note.
- Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
Kegiatan Inti:
 1.  Guru melakukan apersepsi dengan mengirimkan sebuah penggalan cerita/novel sejarah;
2. Guru melakukan tanya jawab terkait penggalan cerita sejarah yang diberikan guna menggali pengetahuan peserta didik tentang menganalisis kebahasaan cerita/novel sejarah, dan menulis cerita sejarah pribadi dengan memperhatikan kebahasaan,seperti:
a. Bagaimanakah kebahasaan cerita atau novel sejarah?
b. Apa sajakah unsur-unsur cerita atau novel sejarah tersebut?
c. Bagaimanakah langkah-langkah menulis cerita sejarah peribadi?
3. Â Peserta didik memberikan umpan balik dan saling diskusi terkait pertanyaan dari guru kemudian guru memberikan apresiasi pada peserta didik yang aktif dalam sesi tanya jawab.
4. Â Peserta didik yang aktif dalam tanya jawab mendapatkan nilai tambah dalam penilaian sikap.
5.Peserta didik menyimak penjelasan guru terkait kebahasaan dan unsur-unsur cerita/novel sejarah  melalui webinar microsoft teams.
6. Peserta didik menyimak penjelasan guru terkait langkah-langkah menulis cerita/novel sejarah melalui webinar microsoft teams.
7. Â Guru mengirimkan LK melalui class di microsoft teams untuk bekerja secara kelompok menganalisis kebahasaan cerita/novel sejarah;
8. Â Guru mengirimkan LK melalui class di microsoft teams untuk bekerja secara individu menulis cerita/novel sejarah pribadi;
9. Â Peserta didik dan guru membuat kesepakatan waktu berhenti mengerjakan LK melalui class di microsoft teams;
10. Â Guru menunjuk salah satu kelompok untuk menuliskan hasil diskusi kelompoknya melalui obrolan di WAG.
11.  Guru menunjuk  beberapa peserta didik untuk menuliskan hasil diskusi kelompoknya melalui obrolan di WAG.
12. Â Guru memberikan penguatan hasil diskusi di WAG.
13. Peserta didik mendapatkan umpan balik dari guru bagi yang telah mengumpulkan tugas dengan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok dan individu.
14. Guru memberi penugasan kepada peserta didik untuk membaca novel sejarah "Roro Mendut" Â lalu menganalisis kebahasaan cerita sejarah (kata bermakna lampau, konjungsi kronologis, kata kerja mental, material, kalimat langsung, kata sifat, dan kalimat tak langsung).
15. Guru memberi penugasan secara individu kepada peserta didik untuk menulis cerita/novel sejarah pribadi.
   Kegiatan Penutup:
1. Â Peserta didik bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
2. Â Peserta didik mengisi form di microsoft office 365 refleksi yang berisikan pertanyaan berikut:
a. Manfaat yang telah diperoleh selama pembelajaran daring menganalisis kebahasaan novel sejarah dan menuylis novel sejarah pribadi.
b. Â Apakah materi tersebut sudah dapat dipahami?
3. Â Guru menutup pertemuan Pembelajaran daring dengan memberikan kalimat motivasi kepada peserta didik agar tetap semangat belajar.
4. Â Memberikan salam penutup.
D. Â Penilaian Hasil Pembelajaran
1.  Penilaian Pengetahuan   : Penilaian online/microsoft form tentang menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah, yang mencakup kata bermakna lampau, konjungsi kronologis, kata kerja mental, material, kalimat langsung, kata sifat, dan kalimat tak langsung.
2. Penilaian keterampilan    : LK  class microsoft teams menulis cerita/novel sejarah pribadi.
 3. Penilaian sikap          : Keaktifan Peserta didik dalam mengikuti materi Pembelajaran Jarak Jauh/daring.
 Â
Mengetahui,                                       Watansoppeng, 30 Juni  2020
Kepala Sekolah                                    Guru Mata Pelajaran
Naharuddin, S.Pd., M.Pd. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Muhammad Arifai, S.Pd.
NIP 19690719 1004-1 Â 1 001 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â NIP 19711005 199412 1 006
 Â
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor 5
Sekolah
: UPT SMAN 1 Soppeng
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: XII MIA-IIS/Ganjil
Kompetensi Dasar
: 3.5 Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial
 4.5 Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis
Materi Pokok
: Teks Editorial
Alokasi Waktu
: 8 Jam Pelajaran @45 Menit
- Tujuan  PembelajaranÂ
Setelah mengikuti proses pembelajaran daring, peserta didik mampu mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial, dan menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis.
B. Media Pembelajaran, Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.  Media         : Pembelajaran dengan WhatsAppp group, microsoft 365, microsoft teams, webinar
b.  Alat/Bahan    : Laptop, HP  Android, teks editorial
c. Â Sumber Belajar : Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas XII,Kemendikbud
C. Â Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Pendahuluan:
- Guru menyapa Peserta didik dan melakukan presensi online dengan cara mengisi microsoft form yang telah dibagikan linknya.
- Guru mengajak Peserta didik berdo'a sebelum belajar dengan dipimpin oleh salah seorang Peserta didik dalam bentuk voice note.
- Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
Kegiatan Inti:
 1.  Guru melakukan apersepsi dengan mengirimkan sebuah teks editorial;
2. Guru melakukan tanya jawab terkait penggalan teks editorial yang diberikan guna menggali pengetahuan peserta didik tentang mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial, dan menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis, seperti:
a. Apakah yang disebut teks editorial?
b. Informasi apa sajakan yang terdapat dalam teks editorial?
c. Ragam informasi apa sajakah yang dapat ditulis dalam teks editorial?
3. Â Peserta didik memberikan umpan balik dan saling diskusi terkait pertanyaan dari guru kemudian guru memberikan apresiasi pada peserta didik yang aktif dalam sesi tanya jawab.
4. Â Peserta didik yang aktif dalam tanya jawab mendapatkan nilai tambah dalam penilaian sikap.
5.Peserta didik menyimak penjelasan guru terkait mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial, melalui webinar microsoft teams.
6. Peserta didik menyimak penjelasan guru terkait menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis  melalui melalui webinar microsoft teams.
7. Â Guru mengirimkan LK melalui class di microsoft teams untuk bekerja secara kelompok mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial;
8. Â Guru mengirimkan LK melalui class di microsoft teams untuk bekerja secara individu menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis;
9. Â Peserta didik dan guru membuat kesepakatan waktu berhenti mengerjakan LK melalui class di microsoft teams;
10. Â Guru menunjuk salah satu kelompok untuk menuliskan hasil diskusi kelompoknya melalui obrolan di WAG.
11.  Guru menunjuk  beberapa peserta didik untuk menuliskan hasil diskusi kelompoknya melalui obrolan di WAG.
12. Â Guru memberikan penguatan hasil diskusi di WAG.
13. Peserta didik mendapatkan umpan balik dari guru bagi yang telah mengumpulkan tugas dengan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok dan individu.
14. Guru memberi penugasan kepada peserta didik untuk membaca teks editorial di surat kabar edisi terbaru, Â lalu mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial tersebut.
15. Guru memberi penugasan secara individu kepada peserta didik untuk menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial.
   Kegiatan Penutup:
1. Â Peserta didik bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
2. Â Peserta didik mengisi form di microsoft office 365 refleksi yang berisikan pertanyaan berikut:
   a. Manfaat yang telah diperoleh selama pembelajaran daring mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial  dan menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial.
        b. Apakah materi tersebut sudah dapat dipahami?
3. Â Guru menutup pertemuan Pembelajaran daring dengan memberikan kalimat motivasi kepada peserta didik agar tetap semangat belajar.
4. Â Memberikan salam penutup.
D. Â Penilaian Hasil Pembelajaran
1.  Penilaian Pengetahuan   : Penilaian online/microsoft form tentang mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu).
2. Penilaian keterampilan  : LK  class microsoft teams menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks  editorial.
 3. Penilaian sikap          : Keaktifan Peserta didik dalam mengikuti materi Pembelajaran Jarak Jauh/daring.
 Â
Mengetahui,                                       Watansoppeng, 30 Juni  2020
Kepala Sekolah                                    Guru Mata Pelajaran
Naharuddin, S.Pd., M.Pd. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Muhammad Arifai, S.Pd.
NIP 19690719 1004-1 Â 1 001 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â NIP 19711005 199412 1 006
 Â
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor 6
Sekolah
: UPT SMAN 1 Soppeng
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: XII MIA-IIS/Ganjil
Kompetensi Dasar
  : 3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial
 4.6 Merancang teks editorial dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
Materi Pokok
: Â Struktur dan Kebahasaan Teks Editorial
Alokasi Waktu
: 8 Jam Pelajaran @45 Menit
- Tujuan  PembelajaranÂ
Setelah mengikuti proses pembelajaran daring, peserta didik mampu menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial, dan merancang teks editorial dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.
B. Media Pembelajaran, Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.  Media         : Pembelajaran dengan WhatsAppp group, microsoft 365, microsoft teams, webinar
b.  Alat/Bahan    : Laptop, HP  Android, teks editorial
c. Â Sumber Belajar : Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas XII,Kemendikbud
C. Â Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Pendahuluan:
- Guru menyapa Peserta didik dan melakukan presensi online dengan cara mengisi microsoft form yang telah dibagikan linknya.
- Guru mengajak Peserta didik berdo'a sebelum belajar dengan dipimpin oleh salah seorang Peserta didik dalam bentuk voice note.
- Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
Kegiatan Inti:
 1.  Guru melakukan apersepsi dengan mengirimkan sebuah teks editorial;
2. Guru melakukan tanya jawab terkait penggalan teks editorial yang diberikan guna menggali pengetahuan peserta didik tentang menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial dan merancang teks editorial dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis, seperti:
a. Bagaimanakah struktur dan  kebahasaan teks editorial?
b. Bagaimanakah merancang teks editorial?
3. Â Peserta didik memberikan umpan balik dan saling diskusi terkait pertanyaan dari guru kemudian guru memberikan apresiasi pada peserta didik yang aktif dalam sesi tanya jawab.
4. Â Peserta didik yang aktif dalam tanya jawab mendapatkan nilai tambah dalam penilaian sikap.
5.Peserta didik menyimak penjelasan guru terkait mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial, melalui webinar microsoft teams.
6. Peserta didik menyimak penjelasan guru terkait menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial dan merancang teks editorial dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis  melalui melalui webinar microsoft teams.
7. Â Guru mengirimkan LK melalui class di microsoft teams untuk bekerja secara kelompok menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial;
8. Â Guru mengirimkan LK melalui class di microsoft teams untuk bekerja secara individu merancang teks editorial dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan;
9. Â Peserta didik dan guru membuat kesepakatan waktu berhenti mengerjakan LK melalui class di microsoft teams;
10. Â Guru menunjuk salah satu kelompok untuk menuliskan hasil diskusi kelompoknya melalui obrolan di WAG.
11.  Guru menunjuk  beberapa peserta didik untuk menuliskan hasil diskusi kelompoknya melalui obrolan di WAG.
12. Â Guru memberikan penguatan hasil diskusi di WAG.
13. Peserta didik mendapatkan umpan balik dari guru bagi yang telah mengumpulkan tugas dengan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok dan individu.
14. Guru memberi penugasan kepada peserta didik untuk membaca teks editorial di surat kabar edisi terbaru, Â lalu menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial tersebut.
15. Guru memberi penugasan secara individu kepada peserta didik untuk merancang teks editorial dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
   Kegiatan Penutup:
1. Â Peserta didik bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
2. Â Peserta didik mengisi form di microsoft office 365 refleksi yang berisikan pertanyaan berikut:
   a. Manfaat yang telah diperoleh selama pembelajaran daring menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial dan merancang teks editorial dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
  b. Apakah materi tersebut sudah dapat dipahami?
3. Â Guru menutup pertemuan Pembelajaran daring dengan memberikan kalimat motivasi kepada peserta didik agar tetap semangat belajar.
4. Â Memberikan salam penutup.
D. Â Penilaian Hasil Pembelajaran
1.  Penilaian Pengetahuan   : Penilaian online/microsoft form tentang menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial.
2. Penilaian keterampilan  : LK  class microsoft teams merancang teks editorial dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
 3. Penilaian sikap          : Keaktifan Peserta didik dalam mengikuti materi Pembelajaran Jarak Jauh/daring.
 Â
Mengetahui,                                       Watansoppeng, 30 Juni  2020
Kepala Sekolah                                    Guru Mata Pelajaran
Naharuddin, S.Pd., M.Pd. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Muhammad Arifai, S.Pd.
NIP 19690719 1004-1 Â 1 001 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â NIP 19711005 199412 1 006
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor 7
Sekolah
: UPT SMAN 1 Soppeng
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: XII MIA-IIS/Ganjil
Kompetensi Dasar
: 3.7 Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
 4.7 Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis
Materi Pokok
: Â Menilai isi buku fiksi dan nonfiksi
Alokasi Waktu
: 8 Jam Pelajaran @45 Menit
- Tujuan  PembelajaranÂ
Setelah mengikuti proses pembelajaran daring, peserta didik mampu menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca, dan menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis.
B. Media Pembelajaran, Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.  Media         : Pembelajaran dengan WhatsApp group, microsoft 365, microsoft teams, webinar
b.  Alat/Bahan    : Laptop, HP  Android, buku fiksi dan nonfiksi
c. Â Sumber Belajar : Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas XII,Kemendikbud
C. Â Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Pendahuluan:
- Guru menyapa Peserta didik dan melakukan presensi online dengan cara mengisi microsoft form yang telah dibagikan linknya.
- Guru mengajak Peserta didik berdo'a sebelum belajar dengan dipimpin oleh salah seorang Peserta didik dalam bentuk voice note.
- Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/kegiatan sebelumnya.
Kegiatan Inti:
 1.  Guru melakukan apersepsi dengan men-share buku fiksi (kumpulan puisi) dan buku nonfiksi "Menulis Populer" Ismail Marahimin
2. Guru melakukan tanya jawab terkait buku fiksi (kumpulan puisi dan cerpen) dan buku nonfiksi "Menulis Populer" Ismail Marahimin yang di-sharing guna menggali pengetahuan peserta didik tentang menilai isi dua buku fiksi dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca, dan menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis., seperti:
a. Bagaimanakah isi buku kumpulan puisi dan cerpen dibandingkan dengan buku nonfiksi?
b. Hal-hal apa sajakah yang perlu didiskusikan terkait isi buku tersebut?
3. Â Peserta didik memberikan umpan balik dan saling diskusi terkait pertanyaan dari guru kemudian guru memberikan apresiasi pada peserta didik yang aktif dalam sesi tanya jawab.
4. Â Peserta didik yang aktif dalam tanya jawab mendapatkan nilai tambah dalam penilaian sikap.
5.Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang menilai isi dua buku fiksi dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca, Â melalui webinar microsoft teams.
6. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis melalui webinar microsoft teams.
7. Â Guru mengirimkan LK melalui class di microsoft teams untuk bekerja secara berkelompok menilai isi dua buku fiksi dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca;
8. Â Guru mengirimkan LK melalui class di microsoft teams untuk bekerja secara berkelompok menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis;
9. Â Peserta didik dan guru membuat kesepakatan waktu berhenti mengerjakan LK melalui class di microsoft teams;
10. Â Guru menunjuk salah satu kelompok untuk menuliskan hasil diskusi kelompoknya melalui obrolan di WAG.
11.  Guru menunjuk  beberapa peserta didik untuk menuliskan hasil diskusi kelompoknya melalui obrolan di WAG.
12. Â Guru memberikan penguatan hasil diskusi di WAG.
13. Peserta didik mendapatkan umpan balik dari guru bagi yang telah mengumpulkan tugas dengan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok.
14. Guru memberi penugasan kepada peserta didik untuk membaca satu kumpulan puisi dan satu kumpulan cerpen serta satu buku nonfiksi (pengetahuan populer), Â lalu menilai isi dua buku fiksi dan satu buku pengayaan (nonfiksi) tersebut.
Â
   Kegiatan Penutup:
1. Â Peserta didik bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
2. Â Peserta didik mengisi form di microsoft office 365 refleksi yang berisikan pertanyaan berikut:
   a. Manfaat yang telah diperoleh selama pembelajaran daring menilai isi dua buku fiksi dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca.
  b. Apakah materi tersebut sudah dapat dipahami?
3. Â Guru menutup pertemuan Pembelajaran daring dengan memberikan kalimat motivasi kepada peserta didik agar tetap semangat belajar.
4. Â Memberikan salam penutup.
D. Â Penilaian Hasil Pembelajaran
1.  Penilaian Pengetahuan   : Penilaian online/microsoft form tentang menilai isi dua buku fiksi dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca.
2. Penilaian keterampilan  : LK  class microsoft teams bekerja secara berkelompok menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis
3. Penilaian sikap         : Keaktifan Peserta didik dalam mengikuti materi Pembelajaran Jarak Jauh/daring.
 Â
Mengetahui,                                       Watansoppeng, 30 Juni  2020
Kepala Sekolah                                    Guru Mata Pelajaran
Naharuddin, S.Pd., M.Pd. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Muhammad Arifai, S.Pd.
NIP 19690719 1004-1 Â 1 001 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â NIP 19711005 199412 1 006
 Â
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor 8
Sekolah
: UPT SMAN 1 Soppeng
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: XII MIA-IIS/Ganjil
Kompetensi Dasar
  : 3.8 Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca
 4.8 Menyajikan hasil interpretasi terhadap  pandangan pengarang
Materi Pokok
: Â Pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel
Alokasi Waktu
: 6 Jam Pelajaran @45 Menit
- Tujuan  PembelajaranÂ
Setelah mengikuti proses pembelajaran daring, peserta didik mampu menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca, dan menyajikan hasil interpretasi terhadap  pandangan pengarang.
B. Media Pembelajaran, Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.  Media         : Pembelajaran dengan WhatsApp group, microsoft 365, microsoft teams, webinar
b.  Alat/Bahan    : Laptop, HP  Android, novel "Harimau Harimua"
c. Â Sumber Belajar : Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas XII,Kemendikbud
C. Â Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Pendahuluan:
- Guru menyapa Peserta didik dan melakukan presensi online dengan cara mengisi microsoft form yang telah dibagikan linknya.
- Guru mengajak Peserta didik berdo'a sebelum belajar dengan dipimpin oleh salah seorang Peserta didik dalam bentuk voice note.
- Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/kegiatan sebelumnya.
Kegiatan Inti:
 1.  Guru melakukan apersepsi dengan men-share buku fiksi (novel).
2. Guru melakukan tanya jawab terkait novel yang di-sharing guna menggali pengetahuan peserta didik tentang menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca, dan menyajikan hasil interpretasi terhadap  pandangan pengarang, seperti:
a. Apakah yang diceritakan pengarang dalam novel tersebut?
b. Nilai-nilai kehidupan apakah yang terdapat dalam novel tersebut?
c. Bagaimanakah pandangan pengarang terhadap nilai-nilai kehidupan tersebut?
3. Â Peserta didik memberikan umpan balik dan saling diskusi terkait pertanyaan dari guru kemudian guru memberikan apresiasi pada peserta didik yang aktif dalam sesi tanya jawab.
4. Â Peserta didik yang aktif dalam tanya jawab mendapatkan nilai tambah dalam penilaian sikap.
5.Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca, Â melalui webinar microsoft teams.
6. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai menyajikan hasil interpretasi terhadap  pandangan pengarang melalui webinar microsoft teams.
7. Â Guru mengirimkan LK melalui class di microsoft teams untuk bekerja secara berkelompok menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca;
8.  Guru mengirimkan LK melalui class di microsoft teams untuk bekerja secara berkelompok menyajikan hasil interpretasi terhadap  pandangan pengarang;
9. Â Peserta didik dan guru membuat kesepakatan waktu berhenti mengerjakan LK melalui class di microsoft teams;
10. Â Guru menunjuk salah satu kelompok untuk menuliskan hasil diskusi kelompoknya melalui obrolan di WAG.
11.  Guru menunjuk  beberapa peserta didik untuk menuliskan hasil diskusi kelompoknya melalui obrolan di WAG.
12. Â Guru memberikan penguatan hasil diskusi di WAG.
13. Peserta didik mendapatkan umpan balik dari guru bagi yang telah mengumpulkan tugas dengan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok.
14. Guru memberi penugasan kepada peserta didik untuk membaca satu novel,  lalu menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel tersebut dan menyajikan hasil interpretasi terhadap  pandangan pengarang dalam novel tersebut.
   Kegiatan Penutup:
1. Â Peserta didik bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
2. Â Peserta didik mengisi form di microsoft office 365 refleksi yang berisikan pertanyaan berikut:
   a. Manfaat yang telah diperoleh selama pembelajaran daring menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca dan menyajikan hasil interpretasi terhadap  pandangan pengarang.
  b. Apakah materi tersebut sudah dapat dipahami?
3. Â Guru menutup pertemuan Pembelajaran daring dengan memberikan kalimat motivasi kepada peserta didik agar tetap semangat belajar.
4. Â Memberikan salam penutup.
D. Â Penilaian Hasil Pembelajaran
1.  Penilaian Pengetahuan   : Penilaian online/microsoft form tentang menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca.
2. Penilaian keterampilan : LK  class microsoft teams bekerja secara berkelompok menyajikan hasil interpretasi terhadap  pandangan pengarang.
3. Penilaian sikap         : Keaktifan Peserta didik dalam mengikuti materi Pembelajaran Jarak Jauh/daring.
 Â
Mengetahui,                                       Watansoppeng, 30 Juni  2020
Kepala Sekolah                                    Guru Mata Pelajaran
Naharuddin, S.Pd., M.Pd. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Muhammad Arifai, S.Pd.
NIP 19690719 1004-1 Â 1 001 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â NIP 19711005 199412 1 006
 Â
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor 9
Sekolah
: UPT SMAN 1 Soppeng
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: XII MIA-IIS/Ganjil
Kompetensi Dasar
  : 3.9 Menganalisis  isi dan kebahasaan novel
 4.9 Merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi dan  kebahasaan
Materi Pokok
: Â isi dan kebahasaan novel
Alokasi Waktu
: 6 Jam Pelajaran @45 Menit
- Tujuan  PembelajaranÂ
Setelah mengikuti proses pembelajaran daring, peserta didik mampu menganalisis  isi dan kebahasaan novel, dan merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi dan  kebahasaan
B. Media Pembelajaran, Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.  Media         : Pembelajaran dengan WhatsApp group, microsoft 365, microsoft teams, webinar
b.  Alat/Bahan    : Laptop, HP  Android, novel "Harimau Harimua"
c. Â Sumber Belajar : Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas XII,Kemendikbud
C. Â Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Pendahuluan:
- Guru menyapa Peserta didik dan melakukan presensi online dengan cara mengisi microsoft form yang telah dibagikan linknya.
- Guru mengajak Peserta didik berdo'a sebelum belajar dengan dipimpin oleh salah seorang Peserta didik dalam bentuk voice note.
- Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/kegiatan sebelumnya.
Kegiatan Inti:
 1.  Guru melakukan apersepsi dengan men-share buku fiksi (novel).
2. Guru melakukan tanya jawab terkait novel yang di-sharing guna menggali pengetahuan peserta didik tentang menganalisis  isi dan kebahasaan novel, dan merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi dan  kebahasaan, seperti:
a. Bagaimanakah isi novel tersebut?
b. Bagaimanakah kebahasaan novel tersebut?
3. Â Peserta didik memberikan umpan balik dan saling diskusi terkait pertanyaan dari guru kemudian guru memberikan apresiasi pada peserta didik yang aktif dalam sesi tanya jawab.
4. Â Peserta didik yang aktif dalam tanya jawab mendapatkan nilai tambah dalam penilaian sikap.
5.Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang menganalisis  isi dan kebahasaan novel, melalui webinar microsoft teams.
6. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi dan  kebahasaan, melalui webinar microsoft teams.
7.  Guru mengirimkan LK melalui class di microsoft teams untuk bekerja secara berkelompok menganalisis  isi dan kebahasaan novel yang dibaca;
8.  Guru mengirimkan LK melalui class di microsoft teams untuk bekerja secara individu merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi dan  kebahasaan;
9. Â Peserta didik dan guru membuat kesepakatan waktu berhenti mengerjakan LK melalui class di microsoft teams;
10. Â Guru menunjuk salah satu kelompok untuk menuliskan hasil diskusi kelompoknya melalui obrolan di WAG.
11.  Guru menunjuk  beberapa peserta didik untuk menuliskan hasil diskusi kelompoknya melalui obrolan di WAG;
12. Â Guru memberikan penguatan hasil diskusi di WAG;
13. Peserta didik mendapatkan umpan balik dari guru bagi yang telah mengumpulkan tugas dengan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok dan individu;
14. Guru memberi penugasan kepada peserta didik untuk membaca satu novel, Â lalu menganalisis isi dan kebahasaan novel tersebut;
15.  Guru memberi penugasan individu kepeda peserta didik  merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi dan  kebahasaan.
   Kegiatan Penutup:
1. Â Peserta didik bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
2. Â Peserta didik mengisi form di microsoft office 365 refleksi yang berisikan pertanyaan berikut:
   a. Manfaat yang telah diperoleh selama pembelajaran daring menganalisis isi dan kebahasaan novel.
  b. Apakah materi tersebut sudah dapat dipahami?
3. Â Guru menutup pertemuan Pembelajaran daring dengan memberikan kalimat motivasi kepada peserta didik agar tetap semangat belajar.
4. Â Memberikan salam penutup.
D. Â Penilaian Hasil Pembelajaran
1.  Penilaian Pengetahuan   : Penilaian online/microsoft form menganalisis  isi dan kebahasaan novel yang dibaca.
2. Penilaian keterampilan : LK  class microsoft teams bekerja secara individu merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi dan  kebahasaan.
3. Penilaian sikap         : Keaktifan Peserta didik dalam mengikuti materi Pembelajaran Jarak Jauh/daring.
 Â
Mengetahui,                                       Watansoppeng, 30 Juni  2020
Kepala Sekolah                                    Guru Mata Pelajaran
Naharuddin, S.Pd., M.Pd. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Muhammad Arifai, S.Pd.
NIP 19690719 1004-1 Â 1 001 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â NIP 19711005 199412 1 006
Â
Â
 Demikianlah rekan-rekan para guru , semoga bermanfaat. Selamat melaksanakan WFH/BDR tetaplah semangat dan berdoa semoga masa p
andemi covid 19 cepat berakhir. Ingatlah bahwa mari cekal covid19 dengan 3 M: memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak