Mohon tunggu...
MUHAMMAD ANNAS ROSYID
MUHAMMAD ANNAS ROSYID Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saya seorang mahasiswa Program Studi Televisi dan Film

Hobi saya bersepeda dan berenang, Saya termasuk orang yang pendiam, Saya menyukai Konten Sejarah, Foto dan Video

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pawai Obor: Kolaborasi Mahasiswa KKN UNEJ dan UIN KHAS dalam Rangka Menyambut 1 Muharram 1444 H

3 Agustus 2022   21:15 Diperbarui: 3 Agustus 2022   21:16 159 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Antusias Remaja Desa Jurangsapi dalam mengikuti Pawai Obor/dokpri

Sabtu, 30 Juli 2022 -  Mahasiswa KKN Tematik UNEJ Kelompok 341 bersama dengan Mahasiswa KKN UIN KHAS Kelompok 173 berkolaborasi gelar kegiatan Pawai Obor dalam rangka menyambut 1 Muharram 1444 H.

1 Muharram 1444 H diperingati umat Islam sebagai Tahun Baru Islam 2022. Tahun Baru Islam merupakan hari besar bagi umat Islam, maka dari itu selayaknya tahun baru masehi, peringatan Tahun Baru Islam biasanya juga dirayakan dengan berbagai macam tradisi seperti pengajian dan acara lainnya, salah satu tradisi yang kerap kali dilakukan oleh masyarakat adalah pawai obor.

Kegiatan ini juga diikuti Kelompok Belajar yang ada di Desa Jurangsapi/dokpri
Kegiatan ini juga diikuti Kelompok Belajar yang ada di Desa Jurangsapi/dokpri

Dalam rangka menyambut 1 Muharram 1444 H yang jatuh pada tanggal 30 Juli 2022, mahasiswa KKN UNEJ Kelompok 341 melakukan kolaborasi dengan mahasiswa KKN UIN KHAS Kelompok 173 untuk menyelenggarakan acara Pawai Obor. Pawai Obor kali ini mengusung tema "Spirit Tahun Baru Hijriah untuk Menguatkan Ukhuwah, Islamiyah, Insaniah, dan Wathoniyah". Dengan tema tersebut diharapkan seluruh warga Jurangsapi dapat bersatu di Tahun baru Islam ini dan mempererat tali silaturahmi antar sesama. Output dari di adakan acara ini adalah agar setiap insan di desa Jurangsapi dapat mengemban dan mengaplikasikan nilai-nilai keislaman yang tidak luput dari habluminallah habluminannas dan hablumminalalam, serta dapat menanamkan norma dan nilai-nilai dalam bernegara.

Bertempatkan di desa Jurangsapi, Pawai Obor diikuti oleh warga setempat mulai dari anak -- anak hingga orang dewasa. Pawai Obor tepat dimulai pukul 18.00 WIB, untuk rute awal Pawai Obor bertempatkan di dusun Tegal Rejo dan berakhir di balai desa yang berada di dusun Krajan pada pukul 19.00 WIB. Pawai Obor diiringi dengan penampilan hadrah dari dusun Jatian dan diikuti dengan barisan peserta Pawai Obor dibelakangnya. 

Tidak hanya Pawai Obor, acara kali ini dimeriahkan juga dengan pentas seni yang ditampilkan oleh anak -- anak dan juga kuis berhadiah yang membuat warga desa Jurangsapi antusias untuk menyambut Tahun Baru Islam kali ini. Adanya pentas seni bertujuan untuk memberikan wadah bagi anak -- anak agar memiliki kepercayaan diri tampil di depan umum.

Sambutan Ketua Panitia Pawai Obor, M. Alfiq Baina S./dokpri
Sambutan Ketua Panitia Pawai Obor, M. Alfiq Baina S./dokpri

Kolase Acara Pawai Obor Tahun 1444 H/dokpri
Kolase Acara Pawai Obor Tahun 1444 H/dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan