Mohon tunggu...
Muhammad Aiyub
Muhammad Aiyub Mohon Tunggu... Lainnya - Hidup itu harus terus belajar, hidup itu harus terus berbagi. Dengan menulis kamu bisa berbagi selamanya.

Menulis itu bukan untuk menggurui atau menghakimi, tapi dengan berbagi opini kita bisa melihat dunia yg lebih dari sekedar imajinasi.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Jokowi Memang Punya Nyali, Saya Bangga!

1 Juli 2022   04:04 Diperbarui: 1 Juli 2022   04:10 388 16 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
JOKOWI DAN PUTIN seolah-olah seperti ketemu teman lama. Sumber: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Memang kali ini pepatah yang mengatakan "don't judge book by cover" atau jangan menilai buku dari sampulnya saja. Atau dalam arti lebih luas, jangan menilai orang dari luarnya saja. Begitulah sosok jokowi yang terlihat hari ini.

Jokowi, memang bukan dari militer, tubuh kurus jauh dari kata sangar. Tapi, wajah inilah yang berani dan dengan tulus membawa misi damai dalam menengahi konflik rusia dan ukraina. Yang sudah 3 bulan perang. Entah berapa ribu korban nyawa melayang, belum lagi gedung-gedung yang hancur akibat serangan senjata mematikan.

Cukup dengan itu? Tidak, banyak warga ukraina menjadi pengungsi diberbagai negara eropa. Ini sebuah masalah besar bagi eropa. Selain itu, efek perang ini telah mengakibatkan krisis yang berkelanjutan dalam bidang pangan dan energi. Karena sumber pangan dan energi sebagian besad dipasok dari rusia dan ukraina.

Sejak 3 bulan perang terjadi, negara-negara dipbb hanya menyebar pengaruh untuk menambah blok dan menambah permusuhan. Misalnya, blok pendukunb rusia dan blok anti rusia, yang digagas oleh amerika dan nato.

Mereka yang dibawah amerika memang menekan negara-negara anggota nato dan anggota dari negara lemah untuk membenci rusia. Untuk memberi sanksi tekanan kepada rusia. Pakistan salah satu yang mendapat tekanan itu, hanya saja PM pakistan saat itu, imran khan dengan tegas melawan amerika dan US. 

Apa kalian kira kami ini budak kalian, sehingga seenak kalian memaksa kami untuk mengikuti kemauan kalian? Begitah kira kira terjemahan bebas, imran khan untuk merespon amerika dan eropa.

Indonesia juga mendapat tekanan dari negara-negara anti rusia. Salah satunya meminta rusia dikeluarkan dari g20, yang akan diadakan dibali. Tapi, jokowi tidak mau di dikte oleh barat. Apalagi tuan rumah dab presidensi pertemuan negara G20. Sebagai negara berdaulat, jokowi pujya harga diri untuk menjaga martabat negara ini dimata dunia.

Tapi apa yang terjadi ketika jokowi berpegang teguh kepada prinsip dan kedaulatan negara?

Ketika jokowi diundang ke jerman untuk memghadiri undangan ktt G7. Bahkan presiden_presiden yang paling keras mengecam rusia seperti biden,PM inggris, presiden prancis cs yang juga mengecam indoensia untuk "bermusuhan" dengan rusia, malah yang terjadi sampai jokowi ketempat mereka, jokowi jadi pusat perhatian, jadi presiden paling dicadu dan paling dinanti. 

Apalagi ketika media-media dunia menyoroti kunjungan jokowi ke Ukraina dan Rusia dalam misi damai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan