Mohon tunggu...
Muhammad Agus Rinjani
Muhammad Agus Rinjani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Sosiologi di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Jakarta

Seseorang yang mencoba menghabiskan jatah kegagalan demi mendapat jatah kesuksesan

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Tantangan dan Masa Depan Industri Kendaraan Bertenaga Listrik di Indonesia

27 Juni 2022   21:33 Diperbarui: 27 Juni 2022   22:55 106 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Photo by: unsplash.com

Jumlah penduduk Indonesia dari tahun ke tahun semakin melonjak jumlahnya. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Sensus Penduduk 2020 lalu menunjukkan laju pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia naik sebesar 1,25% dibandingkan dengan data penduduk pada Sensus Penduduk 2010 silam. 

Jika di tahun 2010 jumlah Penduduk Indonesia berjumlah 237,63 juta jiwa, maka jumlah penduduk di tahun 2020 berjumlah 270,20 juta jiwa. 

Tingginya angka penduduk tersebut sejalan dengan tingginya permintaan terhadap kebutuhan transportasi sebagai sarana mobilitas masyarakat dari satu tempat ke tempat yang lain. Jumlah kebutuhan terkait sarana transportasi yang meningkat tidak sejalan dengan ketersediaan minyak bumi sebagai bahan bakar kendaraan konvensional saat ini. 

Belum lagi permasalahan polusi udara yang kian meningkat sebagai dampak yang ditimbulkan dari adanya kendaraan berbahan bakar fosil. 

Dengan demikian perlu adanya inovasi dalam menciptakan dan mengembangkan sarana transportasi berbasis energi terbarukan dan ramah lingkungan, salah satunya adalah dengan menggunakan kendaraan bertenaga listrik.

Peralihan atau konversi dari penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil menjadi kendaraan bertenaga listrik merupakan salah satu solusi dalam mengatasi dampak pencemaran lingkungan yang selama ini dihasilkan dari asap hasil pembakaran kendaraan berbahan bakar fosil. 

Untuk diketahui bahwa polusi udara terbesar di Indonesia disumbangkan oleh kendaraan berbahan bakar fosil sebesar 60 hingga 70%. Untuk itu, industri kendaraan bertenaga listrik merupakan salah satu bentuk pembangunan yang mengarah pada pembangunan berkelanjutan (SDGs). 

Secara definisi pembangunan berkelanjutan merupakan pembangunan yang berusaha memenuhi kebutuhan generasi saat ini tanpa mengabaikan keberlanjutan pemenuhan kebutuhan bagi generasi yang akan datang. 

Pembangunan berkelanjutan diinisiasi atas kekhawatiran terhadap eksploitasi lingkungan terhadap sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. 

Pembangunan berkelanjutan merupakan sebuah konsep pembangunan yang diarahkan dalam memperbaiki lingkungan, berdampak pada pertumbuhan ekonomi, dan mewujudkan keadilan sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan