Mohon tunggu...
Muhammad Haidin
Muhammad Haidin Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi saya bermain futsal

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Tips Mengatasi Stres

1 Oktober 2022   17:17 Diperbarui: 1 Oktober 2022   17:19 72 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. halo sobat Kompasiana pada kesempatan kali ini saya akan berbagi beberapa tips cara mengatasi stres. mungkin banyak dari kita yang sering mengalami stres khusus remaja. tetapi bukan hanya kaum remaja saja tetapi juga orang dewasa.  sebelum  ke tipsnya kita harus tahu terlebih dahulu apa itu stres?
stres adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri. (Mengutip dari http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/stress/apakah-yang-dimaksud-stres-itu diakses pada tanggal 30 September 2020).

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa   sebagai manusia memang harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan walaupun hal itu terkadang sulit bagi kita.

Stres yang berkepanjangan juga akan berdampak pada kesehatan tubuh, salah satu nya adalah menurunnya daya tahan tubuh. ketika daya tahan tubuh kita menurun akan mudahkan berbagai macam penyakit menyerang tubuh.

penyakit yang menyerang tubuh saat stres berkepanjangan adalah sebagai berikut
sakit kepala,diabetes,tekanan darah tinggi,gangguan tidur,stroke,obesitas,asma,depresi,penuaan dini,mudah terinfeksi,disfungsi seksual,penyakit jantung, asam lambung,
penyakit alzheimer. (Mengutip dari https://upk.kemkes.go.id/new/penyakit-yang-muncul-akibat-stres-berkepanjangan di akses 1 Oktober 2022).


ternyata banyak sekali penyakit yang menyerang tubuh saat stres berkepanjangan. lalu bagaimana cara kita menghindari stres?
yang kita harus lakukan adalah
Menjaga pola makan
Dengan menjaga pola makan dapat membuat tubuh lebih sehat dan membuat kita lebih siap menghadapi masalah.

Tidur secara teratur
tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental. tidur yang baik adalah 8 jam per hari.

Melakukan kegiatan yang disukai
lakukanlah kegiatan yang kita sukai seperti membaca buku, bermain sepakbola, dan lain lain. karena melakukan hal yang di sukai dapat membuat kita bersemangat menjalani hari.

Berolahraga
berolahraga bukan sekedar menyehatkan tubuh tetapi juga dapat mengatasi stres.

Beribadah
Tips selanjutnya adalah dengan beribadah kepada Tuhan yang maha esa. karena segala masalah yang kita hadapi akan terasa mudah jika kita mengadukan semua masalah kita kepada Tuhan. dan Tuhan selalu mempunyai solusi terhadap masalah yang kita hadapi.

Tidak memendam masalah
tidak semua masalah yang dihadapi akan selesai dengan cara di pendam, terkadang kita harus membicarakan masalah tersebut kepada pihak yang bersangkutan agar masalah yang di hadapi dapat terselasaikan

Selalu berfikir positif dan optimis
Kita harus berfikir positif dan optimis bahwa masalah yang kita hadapi akan dapat kita lalui dengan mudah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan