Mohon tunggu...
Muhammad NurFazri
Muhammad NurFazri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Belajar Menulis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

5 Strategi Meningkatkan Vocabulary dengan Reading Skills dalam Bahasa Inggris

24 Januari 2022   01:06 Diperbarui: 24 Januari 2022   01:17 329 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Source: Pixabay in www.pexels.com

Hi guys, ditulisan ini penulis akan lebih enjoy untuk menyebarkan informasi dalam ketikan jari. Hal ini bisa dikatakan sebagai share pengalaman saja. Topik yang akan diangkat dalam tulisan ini merupakan pengembangan kosa-kata dalam bahasa inggris. 

Perlu diingat, seseorang yang memiliki kemampuan bahasa lebih dari satu,dua,tiga,empat,lima, dan seterusnya, mayoritas mereka akan mendapatkan banyak manfaat. Saya sering mengingatkan rekan saya dalam kelas bahasa inggris " English is the most important language in this world, because almost all countries use English for their communication like business,economic,politic,education,etc. There are so many benefits you will get if you can use your English well. Maybe you can easier to get shcolarship, talk to native speaker and get a good job."

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa untuk mempelajari bahasa baru memerlukan pengetahuan kosa-kata yang banyak. Akan tetapi, menghafal terkadang membuat sejumlah orang merasa malas. 

Padahal, vocabs merupakan pondasi dasar seseorang yang mempelajari bahasa baru sebagai bahasa pertama atau kedua. Umumnya, bahasa pertama akan lebih mudah dimengerti karena itu merupakan bahasa ibu seseorang. Berbeda dengan bahasa baru sebagai bahasa kedua atau bahasa asing (second language or foreign language). Tulisan ini memiliki fokus pada strategi pengembangan kosakata (vocabulary building) bahasa inggris. Akan tetapi, cara ini bisa digunakan juga kedalam bahasa lainnya. 

Strategy 1. Check your knowledge of the words used most frequently in English

Kemajuan zaman memberikan kemudahan penggunanya untuk mencari informasi melalui teknologi. Kemudahan ini dapat dimanfaatkan oleh seseorang untuk mencari ribuan English Language Texts yang terdiri jadi jutaan kata. 

Sebuah penelitian bahwasannya sebagian kecil seseorang belajar kosa-kata terdiri sekitar 2000 kata -- yang lebih sering digunakan. Dari 2000 kata tersebut, terdapat 80 persen berasal dari teks. Jika seseorang dapat menguasai kata-kata tersebut, maka mereka akan lebih mudah untuk memahami teks yang dibaca. Maka dari itu, untuk memaksimalkan strategi ini, coba untuk membuat mini research. 

Mini research merupakan penelitian yang dilakukan dengan skala kecil. Mini research akan berguna dalam pengembangan kosa-kata anda. Mini research yang akan digunakan berupa latihan dalam bentuk teks. 

Latihan 1

A. Sebelum anda melakukan pencarian terhadap 2000 kata tersebut, maka jawab pertanyaan berikut ini terlebih dahulu. Coba tebak berapa banyak kata asing yang akan temui dalam words tersebut? (Tuliskan dalam catatan anda)

B. Buka 2000 kata yang sudah anda temui, dan periksalah berapa banyak tebakan kata-kata anda pada latihan A. Berikan tanda pada kosa-kata anda, dan kemudian kembangkan lagi kosa-kata anda dengan memahami makna berdasarkan struktur teksnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan