Mohon tunggu...
Muhammad NasserTambunan
Muhammad NasserTambunan Mohon Tunggu... Freelancer - MAHASISWA UNIVERSITAS PAMULANG

Sebuah tulisan yang terlahir dari secangkir kopi dimalam hari.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Universitas Pamulang di SMK Islam Al-Fajar Kedaung, Tangerang Selatan

8 Februari 2021   17:05 Diperbarui: 8 Februari 2021   17:57 489 0 0 Mohon Tunggu...

 Kegiatan praktek pengalaman lapangan merupakan salah satu prasyarat untuk standar kelulusan yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa/mahasiswi UNPAM. Sepeperti halnya yang dilaksanakan oleh, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

dokpri
dokpri
Pada program pengalaman lapangan tahun 2021 kali ini Prodi PPKn membentuk kelompok-kelompok kecil kepada mahasiswa/mahasiswinya untuk melaksanakan praktek pengalaman lapangan. Kelompok yang diberikan tugas untuk melaksanakan PPL di SMK ISLAM AL-FAJAR yang beralamatkan di Jl. ARIA Putra No. 102 RT. 004. RW. 019 Kelurahan Kedaung, Kecamatan Pamulang-Tangerang Selatan, yang terdiri dari 1 dosen pembimbing yakni Pa Herdi Wisman Jaya, S.Pd, M.Pd. Dan 4 Mahasiswa/mahasiswi yang terdiri dari Muhammad Nasser Tambunan sebagai ketua kelompok, Dede Abdulah, Merilla Gia Cinta, dan Tifanny Rossa.

Dikarenakan pentingnya praktek pengalaman lapangan harus tetap dilaksanakan walaupun di saat masa pandemi virus covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 3M (Mencuci tangan pakai sabun, menggunakan masker saat beraktifitas, dan menjaga jarak).

Kedatangan rombongan mahasiswa/mahasiswi UNPAM dan dosen pembimbing disambut baik oleh kepala sekolah dan segenap tenaga pengajar Yayasan Perguruan Islam Al-Fajar. Pada pertemuan kegiatan pelepasan mahasiswa UNPAM Di Yayasan Perguruan SMK Islam Al-Fajar turut hadir Kepala Sekolah Pa Mali Sanyoto, S.Pd., Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum Ibu Maryanah, M.Pd, dan Guru Pamong Pa Zendri, S.Pd.

Dalam pertemuan ini Pa Herdi Wisman Jaya, S.Pd, M.Pd. menyampaikan perihal permohonan izin dan pelepasan mahasiswa UNPAM untuk menyelenggarakan praktek pengalaman lapanagan kepada pihak Yayasan Perguruan  SMK Islam Al-Fajar. Praktek pengalaman lapangan kali ini dilaksanakan selama 3 bulan lamanya, terhitung mulai tanggal 21 Januari 2021 hinggal 21 April 2021. Tak lupa Pa Herdi Wisman Jaya, S.Pd, M.Pd. selaku dosen pembimbing menyampaikan terimakasih atas telah diterimanya mahasiswa UNPAM untuk melaksanakan kegiatan praktek pengalaman lapangan (PPL) Yayasan Perguruan  SMK Islam Al-Fajar.

dokpri
dokpri
“Assalamu’alaikum Wr. Wb, Yang kami hormati bapak dan ibu. Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di sini. Salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw. Saya mewakili Kaprodi mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak sekolah khususnya kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru pamong, untuk mohon bimbingan dan arahannya agar mahasiswa/i kami mendapatkan ilmu yang bermanfaat, dan jika dalam pelaksanaanya ada mahasiswa/mahasiswi kami yang  kurang disiplin dan kurang tutur kata yang baik mohon kiranya untuk ditegur saja,”terang Herdi Wisman Jaya”, Rabu 27/01/2021.

Kemudian Kepala Sekolah yakni Pa Mali Sanyoto, S.Pd., Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum Ibu Maryanah, M.Pd, dan Guru Pamong Pa Zendri, S.Pd. menyampaikan.

““Assalamu’alaikum Wr. Wb, Yang kami hormati bapak Dospem dan adik-adik mahasiswa/mahasiswi. Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di sini. Salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw. Kami dari pihak sekolah menyambut baik dan sangat terbuka kepada para mahasiswa yang mau PPL SMK Islam Al-Fajar. Jika adik-adik mahasiswa/mahasiswi ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya. Dan selama masa PPL mahasiswa/mahasiswi harus mengikuti seluruh kebijakan dan tata tertib Yayasan Perguruan  SMK Islam Al-Fajar”, Rabu 27/01/2021.

Selain itu, ketika mahasiswa/mahasiswi UNPAM sudah dilepas kepada pihak Yayasan Perguruan  SMK Islam Al-Fajar, maka Dosen UNPAM khususnya dosen pembimbing akan angkat tangan dan tidak ikut campur perihal segala sesuatu. Dikarenakan mahasiswa/mahasiswi harus mengikuti segenap peraturan dan tata tertib sekolah guna menjaga nama baik Universitas Pamulang khususnya Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

dokpri
dokpri

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN