Mohon tunggu...
Muhammad Andi Firmansyah
Muhammad Andi Firmansyah Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa Ilmu Politik

Fate seemed to be toying us with jokes that were really not funny.

Selanjutnya

Tutup

Diary Artikel Utama

Inikah Quarter-Life Crisis, atau Hidup Memang Begini?

21 Juli 2023   07:18 Diperbarui: 25 Juli 2023   13:48 989
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mungkin saya sedang mengalami apa yang disebut "quarter-life crisis" | Ilustrasi oleh Avi Chomotovski via Pixabay

Hari itu saya mengobrol dengan tukang mie ayam langganan saya. Usianya mungkin 50-an, dan saya ingat dia mengeluh tentang tagihan listrik, iuran kuliah anaknya, dan menurunnya performa Persib Bandung di awal musim ini.

Saya kurang ingat kelanjutannya, karena sambil mendengarkan itu, saya juga berpikir tentang iuran kuliah, tagihan indekos, dan buku-buku. Bagaimanapun, saya ingat kalimat terakhirnya: "Mumpung kamu masih muda, jangan menyia-nyiakan hidup."

Itu cukup filosofis, tapi tetap saja bukan barang baru buat saya. Jauh sebelumnya, saya sudah sering dengar bahwa usia 20-an dan awal 30-an adalah waktu terbaik dalam hidup seseorang: kesehatan prima, tanggung jawab masih sedikit, penuh peluang dan risiko.

Tapi sebetulnya saya tak melihat banyak perbedaan antara saya dan bapak penjual mie ayam. Baginya, kepanikan disebabkan oleh terlalu banyak stabilitas, mudah diprediksi, serba pasti. Bagi saya justru sebaliknya: tak ada stabilitas, susah diprediksi, serba tak pasti.

Ini adalah tentang saya dan generasi saya - kami yang mulai menapaki usia seperempat abad, dan kelihatannya dunia tak seperti yang dijanjikan. Dan ini juga tentang serangkaian lamunan yang dingin dan tak berperasaan, serta bagaimana saya coba bertahan dengannya.

Kedewasaan adalah mitos

Danau Unpad Jatinangor, tempat saya mencari ketenangan sambil menulis beberapa artikel | Dokumentasi pribadi
Danau Unpad Jatinangor, tempat saya mencari ketenangan sambil menulis beberapa artikel | Dokumentasi pribadi

Setiap kali saya bertukar keluh kesah dengan teman-teman saya, jawaban mereka selalu klise: "Kita sedang mengalami quarter-life crisis." Katanya, usia 20-an dan awal 30-an merupakan periode yang tak stabil, penuh tekanan, dan sarat kecemasan.

Apakah quarter-life crisis itu nyata, atau hidup memang begitu?

Ada bukti bahwa dunia memang jadi tempat yang lebih sedih, lebih khawatir, dan lebih stres dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ini terutama terjadi di perkotaan: nyaris semua orang merokok dan berselingkuh, para pria membeli motor sport dan obat uban.

Jadi, meskipun mungkin quarter-life crisis itu tak benar-benar ada, saya pikir menjadi 20-an tetaplah menakutkan, apalagi di masa sekarang: melawan jutaan lulusan lain untuk pekerjaan pertama, perumahan makin mahal, kebutuhan makin banyak, hubungan serba retak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun