Mohon tunggu...
Muhammad Andi Firmansyah
Muhammad Andi Firmansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Politik

Aku kehilangan segalanya, tapi aku menemukan diriku.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

5 Keyakinan Umum yang Patut Dipertanyakan

23 Agustus 2021   15:36 Diperbarui: 23 Agustus 2021   15:40 192 26 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
5 Keyakinan Umum yang Patut Dipertanyakan
Tidak semua keyakinan umum bisa dipercayai kebenarannya | Ilustrasi oleh Gerd Altmann via Pixabay

Alasan sederhana mengapa berita-berita hoaks banyak dipercaya orang adalah karena masyarakat kita suka membenarkan keyakinannya sendiri alih-alih membuka diri pada kebenaran yang sesungguhnya.

Mereka fanatik dengan keyakinannya sendiri. Semua keyakinan di luar dirinya dianggap sebagai "musuh", dan itulah mengapa masyarakat kita (selalu) terpecah-belah ke dalam beberapa kubu saat Pemilu.

Tetapi memang begitulah manusia: kita semua berpikir bahwa keyakinan kita adalah benar. Hanya saja pada akhirnya, hampir semua yang kita yakini, pada titik tertentu dalam hidup kita akan terbukti salah, setidaknya sebagian.

Kita nyaris tidak pernah memikirkan hal ini. Bahkan jika setiap orang terlahir sebagai filsuf, saya masih tidak yakin kita akan bersungguh-sungguh dalam hal ini. Adalah hasrat alami kita untuk mencari sandaran dalam hidup, dan keyakinan diri sendiri termasuk kursi yang cukup nyaman.

Tetapi keyakinan kita tidak pernah sepenuhnya benar. Faktanya, secara psikologis, kita adalah robot daging yang sangat mudah untuk keliru, didorong oleh emosi, dan kontradiktif yang kadang-kadang sangat tidak berfungsi.

Di antara beberapa keyakinan yang kita genggam adalah keyakinan umum, dalam artian keyakinan tersebut hampir selalu dipercayai oleh setiap orang. Barangkali saya juga termasuk ke dalamnya, namun tentu saja itu terjadi sebelum artikel ini ditulis.

Dan ironisnya, tidak semua keyakinan umum tersebut punya kebenaran yang valid. Saya tidak tahu seberapa banyaknya keyakinan itu, tapi saya hanya akan mengambil 5 kepercayaan umum yang patut kita pertanyakan kepastiannya.

1. Saya mengenal diri sendiri

Salah satu hal yang sering digemakan pada seminar pengembangan diri adalah "kenali dirimu sendiri". Saya setuju, itu benar-benar penting. Tetapi apakah kita dapat mengenali diri kita sendiri sepenuhnya?

Saya pikir tidak. Seberapa pun Anda mengenali diri sendiri, itu tidak akan berdampak cukup bagus untuk masa depan Anda. Sungguh! Karena kenyataannya, ketika Anda yakin bahwa Anda telah mengenali diri sendiri, Anda hanya sedang mengenali siapa Anda saat ini.

Waktu tidak berhenti. Hidup dipenuhi oleh kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja menimpa Anda tanpa pernah Anda duga. Pada saat ini, Anda seorang remaja. Tetapi beberapa tahun kemudian, Anda tidak patut lagi disebut seorang remaja yang menggemaskan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...
Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan