Di era digital ini, penggunaan aplikasi perkantoran menjadi semakin penting dalam menunjang kegiatan administrasi. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas kerja. Berikut adalah penjelasan menurut parah ahli tentang pengertian aplikasi dan administrasi sebagai berikut
Pengertian Aplikasi
Menurut Hengky W. Pramana, pengertian aplikasi adalah suatu perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan berbagai aktivitas dan pekerjaan, misalnya; pelayanan masyarakat, aktivitas niaga, periklanan, game, dan berbagai aktivitas lainnya. (Pramana, 2012) Â
Pengertian AdministrasiÂ
Administrasi berasal dari bahasa Belanda, "Administratie" yang merupakan pengertian Administrasi dalam arti sempit, yaitu sebagai kegiatan tata usaha kantor (catat-mencatat, mengetik, menggandakan, dan sebagainya). Kegiatan ini dalam bahasa Inggris disebut: Clerical works (FX. Soedjadi, 198)
Di era digital ini, dunia bisnis dan perkantoran telah mengalami transformasi signifikan dengan penerapan sistem administrasi digital. Pergeseran ini membawa perubahan cara kerja dan pengelolaan aktivitas sehari-hari, mengantarkan pada era yang lebih efisien dan fleksibel.
Sistem digital merevolusi berbagai aspek administrasi, mulai dari pembuatan dan pengiriman surat, pembuatan dan pengisian formulir, hingga pengolahan data, laporan keuangan, dan audit. Kini, semua aktivitas tersebut dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat, berkat berbagai keunggulan yang ditawarkan sistem digital:
Keuntungan dalam menggunakan sistem administrasi digitalÂ