Mohon tunggu...
Muhamad Sepri
Muhamad Sepri Mohon Tunggu... Programmer - Web Developer

Hidup Untuk Peduli Peduli Untuk Hidup

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Mengulik Kisah di Balik Keindahan Wisata Alam Danau Toba yang Melegenda

13 September 2021   02:28 Diperbarui: 13 September 2021   02:30 248 12 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengulik Kisah di Balik Keindahan Wisata Alam Danau Toba yang Melegenda
doc. creativecommons.org

Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata alam yang memiliki sejuta pesona keindahan yang mampu memanjakan mata para wisatawan saat berkunjung ke sana, tentunya tempat ini menjadi salah satu destinasi wajib kalian kunjungi saat berada di daerah Sumatera Utara. 

Danau Toba sendiri sudah mendapatkan apresiasi dan di akui oleh dunia sebagai warisan wisata alam, Danau Toba memiliki keunikan serta keindahan tersendiri dengan ciri khas pulau yang terletak di tengah danau, dibalik proses terbentuknya sebuah danau yang cukup besar dengan luas 1.145 meter persegi dengan kedalaman 450 meter serta memiliki sebuah pulau kecil yang terbentuk akibat gumpalan dari material vulkanik yang berada tepat di tengah danau.

Terbentuknya sebuah danau yang sekarang menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara, dibalik semua itu ternyata menyimpan sebuah kisah menarik menurut cerita rakyat yang cukup melegenda di telinga masyarakat, kisah tersebut merupakan kepercayaan masyarakat sekitar danau Toba yang meyakini bahwa asal muasal terbentuknya sebuah danau besar dengan pulau tepat ditengah danau Toba yang dijuluki sebagai pulau Samosir tersebut terbentuk disebabkan karena sebuah musibah besar banjir bandang yang terjadi akibat seorang pemuda bernama Toba yang melanggar janji terhadap istrinya.

Sinopsis Cerita Rakyat tentang Danau Toba tersebut menceritakan seorang pemuda laki-laki yang bernama Toba, sedang memancing di sungai yang mendapat se-ekor ikan emas yang mampu menjelma menjadi seorang putri berparas cantik, singkat cerita Putri cantik tersebut kemudian di nikahi oleh Toba dan memiliki anak laki-laki bernama Samosir, suatu hari Samosir melakukan kesalahan yang membuat ayahnya geram dan marah besar sehingga Toba lupa akan sebuah janjinya dan melontarkan kalimat terlarang yang melanggar perjanjian Toba dan Putri saat pertama kali bertemu. (Sedikit cuplikan atau sinopsis cerita rakyat tentang Danau Toba).

Lain dengan cerita rakyat yang mengkisahkan terbentuknya Danau Toba tersebut, namun menurut penelitian para ilmuwan dan para ahli arkeologi menyatakan danau tersebut terbentuk akibat letusan Gunung Merapi Toba yang sangat dahsyat sekitar ribuan tahun lalu, Akibat letusan Gunung Merapi Toba yang cukup dahsyat tersebut terbentuk sebuah kawah yang cukup besar yang kini menjadi sebuah danau. Pulau Samosir sendiri merupakan material vulkanik yang dikeluarkan dari perut Merapi saat terjadi letusan sehingga membentuk sebuah pulau ditengah danau.

Dari sederet asal muasal terbentuknya sebuah danau yang indah tersebut tidak lain itu semua merupakan anugrah yang diberikan oleh Tuhan YME, patutnya kita sebagai manusia mensyukuri serta merawat dan melestarikannya agar tetap terjaga ke aslianya dan menjadi salah satu wisata alam favorit yang mendunia. berikut ini merupakan potret kilas wisata alam Danau Toba the best Wonderful Indonesia. Source YT: Rahmat Kurnia.


Jika Anda berkunjung ke Danau Toba ada salah satu tempat dari sekian banyak destinasi tempat wisata salah satunya wajib kalian kunjungi saat berada di Danau Toba yaitu Bukit Holbung Samosir.

bukit holbung samosir danau toba doc. creativecommons.org
bukit holbung samosir danau toba doc. creativecommons.org

Dari atas Bukit Holbung kalian bisa melihat keindahan Danau Toba yang sangat luas sejauh mata memandang dan juga dapat merasakan suasana alam yang asri yang bisa memanjakan mata kalian.

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah saja wisata alam Danau Toba juga menyediakan berbagai macam jenis kuliner khas yang bisa memanjakan lidah kalian.

Tertarik untuk berkunjung ke Danau Toba? MICE di Indonesia aja.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan