Surat izin sekolah adalah surat yang dibuat oleh orang tua atau wali murid untuk memohon izin kepada pihak sekolah agar anaknya tidak masuk sekolah pada hari atau tanggal tertentu. Surat izin sekolah biasanya dibuat karena alasan sakit, ada keperluan keluarga, atau mengikuti kegiatan lain yang tidak dapat ditinggalkan.
Cara membuat surat izin sekolah yang benar adalah sebagai berikut:
1. Judul dan tanggal
Surat izin sekolah harus memiliki judul dan tanggal penulisan surat. Judul surat biasanya berisi "Permohonan Izin Sekolah".
2. Alamat penerima surat
Alamat penerima surat adalah alamat sekolah yang dituju.
3. Salam pembuka
Salam pembuka biasanya menggunakan salam resmi, seperti "Yth. Bapak/Ibu Kepala Sekolah [Nama Sekolah]".
4. Pembukaan
Pembukaan surat berisi identitas siswa yang izin, seperti nama siswa, kelas, dan tanggal izin.
5. Alasan izin
Alasan izin harus ditulis dengan jelas dan singkat.
6. Lamanya izin
Lamanya izin harus ditulis secara spesifik, misalnya "dari tanggal 1 Januari 2024 hingga tanggal 3 Januari 2024".
7. Penutup
Penutup surat berisi permohonan maaf dan harapan agar siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik setelah izin.
Berikut adalah contoh surat izin sekolah yang benar:
Permohonan Izin Sekolah
Yth. Bapak/Ibu Kepala Sekolah
[Nama Sekolah]
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: [Nama Siswa]
Kelas: [Kelas]
Bermaksud mengajukan permohonan izin tidak masuk sekolah untuk putra/putri saya yang bernama [Nama Siswa], kelas [Kelas], pada tanggal [Tanggal] hingga tanggal [Tanggal].
Alasan izin adalah karena [Alasan Izin].
Demikian permohonan ini saya sampaikan. Atas perhatian dan perkenan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
[Nama Orang Tua/Wali Murid]
Surat izin sekolah harus ditulis dengan rapi dan jelas agar mudah dibaca dan dipahami oleh pihak sekolah. Surat izin sekolah juga harus ditandatangani oleh orang tua atau wali murid.