Mohon tunggu...
Muhamad Iqbal Al Hilal
Muhamad Iqbal Al Hilal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam UIN Bandung

menulis adalah hobi si penulis ini dari mulai politik, sastra dan sejarah adalah hobinya yang ia tuangkan dalam tulisan- tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Presidensi G20 2022: Indonesia Jadi Mediator Pemulihan Ekonomi Global di Tengah Konflik Ukraina

3 Juli 2022   11:27 Diperbarui: 4 Juli 2022   05:33 152 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

(03/07/2022) Indonesia terpilih sebagai Presidensi G20 tahun 2022, terpilihnya Republik Indonesia tentunya tidak lepas dari peranan Presiden Jokowi dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang sering terlibat aktif secara nyata dalam segala isu secara global termasuk dalam G20 2022.

Pemulihan ekonomi global menjadi salah satu fokus utama dalam pelaksanaan forum diskusi 19 negara dan Uni Eropa tersebut. Hal ini tentunya sesuai dengan keadaan perekonomian dunia yang mulai bangkit kembali, semenjak adanya segala macam pembatasan sosial bagi masyarakat selama masa pandemi dua tahun kebelakang.

G20 merupakan salah satu cara dari Indonesia, yang memiliki cita-cita semua negara harus sama rata dan memiliki kedudukan yang setara dengan negara lainnya ini, memang sudah sejak lama dikenal sebagai negara yang menganut bebas dan aktif alias tidak memihak kepada pihak manapun.

Ekonomi Indonesia juga tidak lepas dari adanya faktor keberhasilan dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati yang dikenal sebagai salah satu Perempuan paling berpengaruh di Indonesia, ia pun juga sempat menduduki salah satu posisi penting di World Bank sebelum akhirnya ditunjuk oleh Presiden Jokowi tahun 2014 silam.

Kegiatan forum yang mewakili 65 persen ekonomi dunia ini, sebetulnya memiliki peranan penting dalam mengubah arah kebijakan dari perekonomian secara global.

Acara yang sudah mulai digelar sejak bulan Desember 2021 itu, juga secara tegas dan jelas menjelaskan pemulihan ekonomi global dalam tagline " Recover Together Recover Stronger". Yang memiliki arti pulih bersama bangkit perkasa.

Peranan acara G20 bukan hanya didukung oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan semata, melainkan juga didukung oleh Bank sentral Indonesia atau yang lebih dikenal sebagai Bank Indonesia, turut andil dalam melancarkan kegiatan yang rencananya akan mencapai puncaknya di Bali, November mendatang.

Pemulihan ekonomi yang dilakukan oleh Indonesia bukan hanya berfokus di luar negeri semata, melainkan juga mendukung penuh segala aktivitas dan kreativitas anak bangsa seperti pemberian bantuan kepada para pengusaha  Usaha mikro, kecil dan menengah ( UMKM) yang terus digaungkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dibawah arahan Menteri Sandiaga Salahuddin Uno.

Dalam upaya pemulihan ekonomi secara nasional maupun secara global, Indonesia tentunya dikategorikan sebagai salah satu negara yang cukup berperan terutama dalam menstabilkan harga-harga dari kebutuhan pokok masyarakat.

Hal ini bisa terlihat dari adanya pendekatan yang dilakukan oleh Jokowi ke sejumlah negara seperti Amerika Serikat, maupun Rusia yang keduanya merupakan sahabat baik Indonesia sejak lama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan