Mohon tunggu...
Muhamad Imam Santoso
Muhamad Imam Santoso Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Si paling rispek

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Say No to Drugs! Mahasiswa KKN Tim II Undip Lakukan Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Kelurahan Rejosari

11 Agustus 2022   13:49 Diperbarui: 12 Agustus 2022   10:26 26 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rejosari, Semarang (5/8/2022) -- Narkoba merupakan Bahan/zat yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan/psikologis seseorang (pikiran, perasaan dan perilakunya) serta dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologik.

Berdasarkan data dari Badan Narkotika Nasional (BNN), penyalahgunaan narkoba di Indonesia mengalami peningkatan 0,03% pada 2019 dibandingkan 2017. Dengan kata lain, pada 2019, tercatat ada 3,6 juta pengguna narkoba, 63% di antaranya pengguna ganja.

Dari angka 3,6 juta pengguna narkoba, 70% di antaranya adalah masyarakat dalam usia produktif, yakni 16-65 tahun. Yang lebih menyedihkan lagi, dari angka tersebut, sebanyak 27% pengguna narkoba dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Itu merupakan jumlah yang cukup besar.

Dokpri
Dokpri
Sebagai upaya untuk mendukung program BNN dalam memerangi narkoba, KKN Tim II Undip 2021/2022 Kelurahan Rejosari mengadakan sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba kepada siswa-siswi SMK Dr. Tjipto kelas 10 (15 Juli 2022) dan Karang Taruna Kelurahan Rejosari (22 Juli 2022). Kegiatan sosialisasi berlangsung selama 1-2 jam, dengan pemateri berasal dari mahasiswa Undip dengan latar belakang keilmuan di bidang kesehatan dan hukum.

Dokpri
Dokpri
Selama kegiatan berlangsung, ratusan siswa/siswi SMK Dr. Tjipto nampak sangat antusias terutama saat memasuki sesi tanya jawab dan sesi games bertemakan narkoba. Karang taruna kelurahan juga tidak kalah antusias dibandingkan dengan siswa/siswi SMK Dr. Tjipto. Pemaparan yang diberikan kepada kedua sasaran berbeda, karang taruna mendapatkan materi yang lebih berbobot, namun tidak mengurangi minat karang taruna untuk bertanya kepada pemateri.

Dokpri
Dokpri
Kepala sekolah SMK Dr. Tjipto Semarang, Bapak Aris Setyawan secara tulus mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa KKN Undip karena telah membantu pihak sekolah untuk mengenalkan pada murid mengenai bahaya penyalahgunaan zat narkoba yang bertepatan dengan masa penerimaan siswa baru, begitu juga Kepala Kelurahan Rejosari, Ibu Ema Nurhayati.

Kegiatan Sosialisasi Anti Narkoba ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa sadar kesehatan dan anti narkoba pada para pemuda, sebagai wadah informasi bahaya penyalahgunaan narkoba, serta menjalankan fungsi mahasiswa di bidang pengabdian kepada masyarakat.

Penulis : KKN Tim II Undip Periode 2022

DPL     : Apip., S.E., M.Si

Lokasi : Kelurahan Rejosari, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan