Mohon tunggu...
Mugniar
Mugniar Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Mamak Blogger

Ibu dari 3 anak dan penulis freelance yang berumah maya di www.mugniar.com.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Melampaui Ungkapan, "Connecting Happiness" Mengantar JNE Raih Prestasi

23 Oktober 2023   15:07 Diperbarui: 23 Oktober 2023   15:15 331
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketika rutinitas terasa seperti jebakan semu setiap harinya, teriakan "PAKEEEET" dari depan pagar mampu sejenak menghibur hati. Rasanya bahagia menerima paket meskipun itu paket yang dipesan sendiri, menggunakan duit milik sendiri. Connecting happiness seolah tersambung dari kurir yang ramah dan sopan kepada jiwa yang sedang merasa terjebak dalam ketidaknyamanan semunya.

Kalian setuju kan bahwa kebahagiaan yang terpancar dari senyum tulus bisa menular? Itu makanya para pegawai yang berada dalam "garda terdepan" yang harus berinteraksi langsung dengan pelanggan atau klien bisa berdampak pada perusahaan, bukan hanya pada si klien.

Dalam sebuah jurnal1 disebutkan referensi ini:

Individu yang bekerja dengan rasa bahagia adalah individu yang memiliki perasaan positif disetiap waktu, karena individu tersebut yang paling tahu bagaimana mengelola dan mempengaruhi dunia kerjanya sehingga memaksimalkan kinerja dan memberikan kepuasan dalam bekerja (Pryce & Jones, 2010).

Karyawan yang bekerja dengan bahagia sudah pasti TERMOTIVASI untuk produktif. Dalam buku Fun Employee Funtastic Career karya Vitayanti Wardoyo (terbitan Gramedia Pustaka Utama tahun 2017)  dijelaskan mengenai pentingnya motivasi dari perusahaan dan dari dalam diri sendiri untuk meningkatkan kinerja karyawan. Motivasi yang tinggi menjadi pengingat dan penyemangat dalam bekerja setiap harinya.

JNE merupakan perusahaan yang berani menjadikan frasa CONNECTING HAPPINESS sebagai slogan sekaligus motivasi. Sangat menyadari pentingnya kebahagiaan bagi karyawan dan pelanggan, berbagai hal dilakukan oleh JNE, salah satunya pada ALIVE FEST pada Desember tahun lalu. Ajang ini menunjukkan kepedulian JNE Bangkit Bersama akan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan mental, emosional, dan fisik ini2.

Contoh lainnya, di saat pandemi melanda, ketika sejumlah perusahaan dengan terpaksa harus mengurangi karyawannya, JNE sama sekali tak melakukannya. JNE justru memberikan diskon 50% untuk pengiriman APD kepada paramedis melalui layanan JNE Trucking (JTR). Diskon 50% juga diberikan untuk pengiriman masker ke seluruh Indonesia bekerja sama dengan beberapa pihak. Selain itu JNE juga berdonasi kepada sejumlah pemerintah daerah dan mengadakan "Paket Peduli Bencana Gratis Ongkir" kepada siapa saja yang mengirimkan bantuan ke lokasi bencana. Bahkan sejak tahun 2022, JNE memberangkatkan ratusan karyawannya untuk menjalankan ibadah umroh3.


Untuk para pelaku UMKM yang menjadi klien, JNE mengadakan berbagai ajang untuk meningkatkan produksi, contohnya JNE Ngajak Online 2022 - Goll...Aborasi Bisnis Online yang menampilkan para pembicara inspiratif dan program JNE Loyalty Card (JLC) yang memberikan aneka reward4.

Connecting happiness nyatanya tidak hanya tentang JNE dan karyawan tetapi juga menjangkau klien dan masyarakat luas maka tidak heran jika JNE berhasil meraih banyak awards. Dalam bulan Oktober ini saja ada 3 penghargaan yang dicapai, yaitu:

1. CBF Indonesia Achievment Awards 2023

Penghargaan CBF Indonesia Achievement Awards 2023 untuk kategori Best Performance Chief Executive Officer 2023 In Encouraging Corporate Culture Implementation To Through Provide Quality Logistic Services dianugerahkan kepada Mohamad Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE di Royal Ambarrukmo, Yogyakarta pada malam apresiasi CBF Indonesia Achievement Awards.

Marsudi, Head Regional Jateng-DIY mewakili JNE menerima langsung penghargaan tersebut dari Jahja B. Soenarjo - Pendiri dan Ketua Umum CEO Business Forum Indonesia didampingi Muhamad Ihsan - CEO & Chief Editor Warta Ekonomi Group, dengan disaksikan oleh Dr. Tanri Abeng, M.B.A - Rektor Tanri Abeng University sebagai perwakilan dewan juri.

Malam apresiasi CBF Indonesia Achievement Awards merupakan bagian dari serangkaian kegiatan CEO Insight 2023-2024. Ajang ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dan CBF (CEO Business Forum) Indonesia. CEO Insight 2023-2024 menampilkan beberapa pembicara kondang sebagai narasumber, salah satunya adalah Dr. Agustomi Masik, M.Dev.Plg. Beliau adalah Direktur Perencanaan Makro Ibu Kota Negara yang menyampaikan peran sektor swasta dalam percepatan pembangunan IKN.

2. SDG Award 2023

Dok. Pribadi 
Dok. Pribadi 

SDG (Sustainable Development Goals) Award 2023 kategori Jasa Pengiriman dan Logistik diterima oleh Ninil Indrasari, Branch Manager JNE Surabaya dengan didampingi oleh Armi Muriko - Head Sales Regional JTBNN, Adhitya Rizkiwardhana - Branch Manager JNE Sidoarjo, dan Fikri Al Haq Facryana - Branch Manager JNE Medan.  

Penghargaan tersebut diberikan dalam acara AMA Leadership Summit bertema "Indonesia Leading The Way" di Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya. AMA (Asosiasi Manajemen Indonesia) adalah organisasi Asosiasi profesional Manajemen tingkat Nasional yang telah berdiri sejak 1990.

Penghargaan ini diberikan kepada JNE karena dinilai telah berhasil menjalankan program CSR yang berkonsep lingkungan sekaligus terkait ekonomi masyarakat sehingga dapat membangun masyarakat sejahtera dalam konteks komunitas.

Melalui press release, Mohamad Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE mengungkapkan rasa syukurnya karena JNE meraih kedua penghargaan tersebut: 

Penghargaan ini tidak semata-mata pencapaian perusahaan, namun juga buah dari kerja keras manajemen dan karyawan serta dukungan seluruh pelanggan dan masyarakat. Semoga penghargaan yang diraih ini menjadi motivasi agar JNE terus maju dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

3. Courier of The Year

Dok. Pribadi 
Dok. Pribadi 

Penghargaan Courier Of The Year diperoleh JNE dalam ajang Indonesia Logistic Award 2023 yang diselenggarakan oleh Supply Chain Indonesia. Penghargaan diterima langsung oleh Kurnia Nugraha - Media Communication Department Head JNE di Hotel Harris Kelapa Gading Jakarta, mewakili M. Feriadi Soeprapto (Presiden Direktur JNE).

Penghargaan diberikan langsung oleh Prof. Ir. Togar M. Simatupang, M.Tech., Ph.D., IPU sebagai Ketua Dewan Juri Indonesia Logistics Awards 2023 dalam acara yang diselenggarakan oleh Supply Chain Indonesia ini. 

Sebagai informasi, ajang ini merupakan ajang apresiasi bergengsi nasional yang diberikan kepada individu, perusahaan, dan institusi yang menginspirasi dalam prestasi dan kinerja yang unggul serta berkontribusi penting dalam perkembangan logistik nasional. 

Indonesia Logistics Awards juga mendukung berbagai inovasi dan terobosan yang dilakukan perusahaan logistik dan ekspedisi di Indonesia yang berhasil membangun kinerja yang kuat dengan melakukan strategi bisnis yang baik.

M. Feriadi Soeprapto, mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan ini. Dalam rilis pers resmi JNE, beliau mengungkapkan:

Mewakili seluruh karyawan dan manajemen JNE, kami mengucapkan terima kasih sebesar -- besarnya kepada Supply Chain Indonesia sebagai penyelenggara atas penghargaan Courier of The Year.  "Semoga penghargaan yang diraih ini menjadi motivasi manajemen dan karyawan untuk terus menjalankan performa kerja yang prima dan melanjutkan komitmen untuk terus berinovasi dalam pengembangan bisnis.

***

Dalam rilis pers terkait penghargaan Courier of The Year, M. Feriadi Soeprapto juga menyatakan bahwa dalam  menjalankan berbagai kegiatan di perusahaan, JNE selalu mengusung semangat "Connecting Happiness" dan prinsip "Berbagi, Memberi dan Menyantuni". Makna dari prinsip tersebut adalah dapat memberikan manfaat bagi kehidupan banyak orang, karyawan maupun masyarakat. Hal ini diwujudkan dengan program kolaborasi yang diselenggarakan untuk masyarakat luas sebagai dukungan nyata di bidang sosial, olahraga, budaya, sampai dengan program acara edukatif untuk pemberdayaan komunitas maupun UMKM.

Komitmen perusahaan yang berdiri tahun 1990 sebagai perusahaan ekspres dan logistik nasional ini mengekspresikan kontribusi nyata selama 33 tahun terhadap kemajuan perekonomian bangsa dan negara. 

Kontribusinya pada awalnya diwujudkan dalam berbagai langkah bisnis yang dapat menjadi peluang bagi masyarakat. Pengembangan bisnis juga terus dilakukan dengan cara meningkatkan berbagai sektor penting. Dengan demikian JNE senantiasa memiliki kualitas pelayanan yang baik sehingga bermanfaat bagi seluruh stakeholder, pelanggan, dan mitra. Yuk, mari belajar dari JNE! 

Catatan kaki:

[1] A Review of: "Pryce-Jones, J. (2010). Happiness at Work, Maximizing Your Psychological Capital for Success" -- dikutip dari https://media.neliti.com/media/publications/127282-ID-faktor-faktor-kebahagiaan-di-tempat-kerj.pdf.

[2] https://www.mugniar.com/2022/12/membincang-healing-mindful-brand.html.html

[3] https://www.mugniar.com/2022/06/bahagia-bersama-di-jalan-tuhan.html

[4] https://www.mugniar.com/2022/05/saatnya-kolaborasi-saatnya-goll-aborasi.html dan https://www.mugniar.com/2022/08/dukung-umkm-dengan-pelayanan-andal.html

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun