Mohon tunggu...
Mufid Nur Farezi
Mufid Nur Farezi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa MM

Seorang yang mempunyai kecerdasan otak tengah (insting) yang bekerja apapun bisa di lakukanya sehingga kerap menjadi tangan kanan atasan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan pekerjaan dalam perusahaan

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Leader (Pemimpin) VS Boss (Bos)

9 Februari 2022   19:17 Diperbarui: 9 Februari 2022   19:21 258
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Leader VS boss

Tipe kamu yang mana nih boss atau leader??

Mari kita simak apasih perbedaan antara bos dan pemimpin?

Jika Seorang bos mengelola karyawan mereka, sementara seorang pemimpin memotivasi dan membantu mereka mencapai tujuan mereka.. 

Yuk simak lebih lanjut


1.Seorang pemimpin itu sejatinya memiliki pikiran terbuka, berbeda dengan  bos, yang sejatinya udah tau semuanya.


2.Pemimpin akan mengadopsi atau menerima masukan sebuah mindset berkembang.

Yang berkembang seperti apa sih?? 

Jadi yang di maksud mindset berkembang di sini artinya yaitu mereka terbuka untuk mempelajari ide-ide baru, mendengarkan pendapat menarik dari orang lain, dan bersedia mencoba hal-hal baru saat ide itu muncul sebagai pertimbangan.

Ini membantu menumbuhkan lingkungan kerja yang lebih kreatif untuk semua orang. 

Ini juga membantu seluruh tim merasa didukung dalam pekerjaan yang mereka lakukan, yang menghasilkan lebih banyak produktivitas dan hasil yang lebih baik.


3.sikap Seorang pemimpin bekerja sama dengan yang lainya, berbeda dengan seorang bos yang mendikte


4. Pemimpin suka bekerja dengan orang lain untuk mendapatkan hasil positif terbaik yang mereka bisa sebagai sebuah kelompok. 

Mereka tidak hanya mengandalkan satu atau dua manajer untuk mengawasi kemajuan. 

Meskipun manajer yang baik adalah aset yang serius, para pemimpin selalu aktif, bertukar pikiran berdampingan dengan mitra dan karyawan dalam tim untuk menghasilkan solusi inovatif.

5. Bos adalah orang yang bertanggung jawab di kantor yang memberi perintah kepada karyawan dan berperilaku dengan cara yang berwibawa, mencari kendali dan memberi tahu orang-orangnya apa yang harus dilakukan.

Seorang pemimpin adalah orang yang memimpin orang lain dengan mempengaruhi, menginspirasi, mendukung dan mendorong sekelompok individu, dan bekerja terus menerus untuk pencapaian tujuan.

6.Seorang bos memiliki karyawan sedangkan seorang pemimpin memiliki pengikut.
 

7.Seorang bos mengelola dan memerintah dengan rasa takut sementara seorang pemimpin berinovasi dan menginspirasi dengan kepercayaan.


 8.Seorang bos mendapatkan rasa hormat karena otoritas atau senioritasnya, tetapi seorang pemimpin mendapatkan rasa hormat untuk dirinya sendiri melalui perilaku, niat baik, dan kualitas karakternya.


 9. Seorang bos selalu berorientasi pada keuntungan. Sebaliknya, seorang pemimpin berorientasi pada orang.

 10. Seorang bos menjalankan kontrol, tidak seperti seorang pemimpin yang mencari komitmen.


 11. Seorang bos mengambil keputusan berdasarkan standar, norma dan aturan organisasi. 

Berbeda dengan seorang pemimpin yang pengambilan keputusannya didasarkan pada nilai-nilai.


   12. Seorang bos memberikan tugas dan mendelegasikan tanggung jawab kepada bawahannya. 

Namun, seorang pemimpin mendelegasikan otoritas.


   13. Seorang bos menyalahkan kerusakan dan menunjukkan siapa yang salah. 

Berbeda dengan seorang pemimpin, yang memperbaiki kerusakan dan mengidentifikasi apa yang salah. 

Jadi sampai di sini sudah tau kah perbedaanya ???

Atau mau lanjut ??

Apakah Anda melihat diri Anda sebagai bos atau penentu kecepatan?

 kunci kesuksesan Anda yaitu


Jika staf melihat Anda adil dalam pendekatan Anda terhadap mereka.

Ini penting di tempat kerja, bersama-sama penyebab terbaik stres karyawan tidak tahu apa yang diharapkan dari manajer mereka.

Sering berubah prioritas yang saling bertentangan
dan konsentrasi akan mengkhawatirkan karyawan. 

Namun, komunikasi yang efektif dan tujuan yang transparan
akan memastikan bahwa semua tim bergerak ke arah yang sama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun