Mohon tunggu...
MR Regatama
MR Regatama Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Untuk menyelesaikan tugas

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Review Cars BMW 320i

19 Juli 2023   17:09 Diperbarui: 19 Juli 2023   19:15 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kamera pribadi. sumber ilustrasi : REGATAMA

Halo semuanya Selamat datang di akun baru saya. Saya akan menjelaskan tentang mobil di atas, BMW seri 3 generasi terbaru dengan kode bodi g20 saya sudah pernah mencoba mobil ini. Nah sekarang ada varian baru dari BMW dan ini adalah varian yang bakal paling populer karena merupakan varian yang paling terjangkau sekaligus yang akan diprediksi paling banyak terjual bmw320i. Kenapa bmw320i ini saya bilang paling masuk akal karena pertama dia harganya paling terjangkau Anda bisa lihat perbedaan harganya antara 320i dan 330i lantas dia juga memiliki suspensi yang lebih nyaman mustinya karena dia tidak menggunakan suspensi m-sport seperti yang digunakan di 330i yg kemudian seharusnya Dia juga memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih bagus karena mesinnya lebih kecil tenaganya dibandingkan 330i. 320i memiliki trim sport bukan m-sport makanya Ada sejumlah perbedaan dalam segi estetika dalam segi penampilan dibandingkan 330i pertama bumper nya dia memang bukan bumper yang seagresif 330i kemudian bak velgnya juga berbeda suspensi juga dia lebih tinggi sedikit karena dia suspensinya bukan suspensi m-sport Tapi menurut saya ini juga masih sangat sporty penampilannya makanya 320i ini memang trimnya walaupun Bukan m-sport tapi ternyata trim sport 320i sport jadi Anda bisa melihat masih desain yang cukup sporty velg sama-sama 18inchi 330i impor juga 18inchi Walaupun dia bukan velg m tapi ini velgnya juga tetap terlihat keren dia memang tidak dilengkapi dengan Side Ar dan bumper yang lebih agresif Tapi beberapa fitur kunci masih hadir di mobil ini grill yang bisa menutup dan buka otomatis Ini juga masih hadir di 320i walaupun itu adalah teknologi yang baru tapi ternyata di entry levelnya juga dimasukkan sistemnya adalah kalau misalnya mesin itu tidak lagi membutuhkan pendinginan dia akan menutup grillnya supaya memperbaiki koefisien of drag makanya koefision of drag mobil ini adalah 0,23 bandingkan dengan sebelumnya yang 0,26 dan ini adalah BMW seri-3 yang paling aerodinamis salah satunya terbantu oleh aktif chapter grill ini grill yang bisa membuka tutup otomatis dan ini tetap hadir di 320 serta yang tetap hadir di mobil ini adalah laser light jadi lampu laser tetap hadir di varian paling terjangkau dari seri 3. Di belakang hampir tidak ada beda lampunya sama hanya bentuk bumper nya yang sedikit berbeda dibandingkan varian m-sport. 320i sudah dilengkapi dengan Smart keyless entry dan ketika anda mengantungi kunci ini di bagian belakang juga Anda bisa membuka bagasi hanya dengan Mengayunkan kaki di bawah biar bagasinya belum elektrik jadi ini hanya mekanisme pegas yang mengangkat ke atas Jadi anda tidak bisa untuk menutup lagi dengan Mengayunkan seperti ini tidak bisa anda harus menutup secara manual. Kapasitas bagasi ini 460 l dan di bawahnya ini tidak ada ban serep lagi hanya ada Thayer repairkit karena sudah menggunakan ban Translate prayer sedangkan karena ini sedan jok belakangnya tidak bisa dilipat untuk menambah ruang lega Bagasinya tapi yah Minimal dia sudah cukup memadai. Kunci ini juga sangat memudahkan kita karena ketika Anda kantongi dan Anda berjalan menjauh dari mobil dia akan menutup secara otomatis dan ketika anda mendekati mobil anda belum menyentuh apa-apa tapi dia sudah mengenali bahwa anda datang dan dia sudah membukakan pintu sehingga proses buka pintunya menjadi sangat cepat bagaikan mobil ini mengerti eh tuannya datang nih ya udah saya bukain dulu kuncinya jadi tuan saya tinggal langsung buka pintu tanpa efford berlebih. Nah inilah perbedaan paling utama 320i dan 330i walaupun ternyata di balik kap mesin bmw320i menggunakan mesin yang sama persis dengan bmw330i tipe mesinnya sama kapasitas mesinnya juga sama 1998 CC 4 silinder dengan Turbo, tapi bedanya kalau di 330i yg menghasilkan tenaga 258 PS di mobil ini 184 PS, Sementara di 330i torsinya 400 Newton meter di 320i torsinya 300 n m padahal musim yang sama tapi di bitchute oleh BMW di Chun untuk tenaga yang lebih rendah walaupun menurut klaimnya konsumsi bahan bakarnya lebih bagus dari 330i yang kita lihat kemudian mesin ini menyalurkan tenaga ke dua roda belakang melalui transmisi 8-speed otomatis. Perbedaan harganya 320i memiliki harga hanya 130000000 jt rupiah Of Truth lebih murah dibandingkan 330i. Itu adalah perbedaan yang tidak terlalu banyak tapi memang oke kita sudah memiliki mesin yang lebih kecil tenaganya dibanding 330i ini namun begitu Anda masuk ke interior ternyata Anda mendapatkan rasa mewah dan rasa berkualitas di interior yang mirip dengan 330i, jok kulit nya juga mirip kemudian trimnya ini Saya lebih suka di 320i dengan ya no Black seperti ini kemudian wireless charging tetap hadir idrive Seven points out juga ada dengan Apple car Play yang wireless itu juga sudah hadir disini BMW live kokpit kokpit digital dengan tampilan yang terbaru dari BMW juga hadir. Sangat mirip rasanya dengan di 330i Anda tidak akan merasa wahh ini jauh ya kualitasnya sampai 330i tidak bahkan Anda akan merasa satu-satunya yang hilang di 320i yang anda sadari adalah sunroof Tapi tidak semua orang juga butuh sunroof sisanya anda akan mendapatkan hal yang mirip dengan 330i kemudian posisi stir juga itu tidak berubah ini sangat ergonomis, tapi sekarang yang kita harus tahu Lebih Detail adalah bagaimana rasanya 320i ini ketika dijalan kan. Apakah dengan perbedaan harga 130 juta rupiah lebih murah Dia memberikan perbedaan yang banyak dibandingkan 330i atau rasanya mirip gimana lebihnya dan dimana kurangnya sekarang kalian langsung coba jalankan mobile karena lebih terbiasa mengendarai 330i yg saya Sempat berpikir kalau 320 ia akan jauh berbeda rasanya, dan saya salah Andaikan Saya tidak diberi informasi bahwa ini adalah 320i dan tidak ada emblem nya kemudian saya mengendarai santai seperti ini hampir tidak ada bedanya dengan 330i. Mobil ini tetap terasa halus dan effortless bahkan tanaga nya juga sangat positif. Baru ketika gas diinjak penuh terlihat perbedaannya, sementara di 330i 0 sampai 100 Kilometer Per Jam itu tuntas dalam 5,8 detik di mobil ini 7,1 detik tapi tetep terasa sangat kencang apalagi karena mesinnya itu halus kemudian tidak ada suara Meraung yang suara mobil sport itu tidak ada Jadi harganya tetap terasa effortless dan mobil ini terasa cepat jadi perbedaan Itu kelihatan di alat ukur kalau ini 7,1 di alat ukurnya kalau misalnya 330i itu 5,8 tapi di real-world mobil ini tetap terasa kenceng tetap terasa cukup tenaganya karena yang 330i juga tidak ada raungan 6 silinder karena dia juga akan tetap 4-silinder jadi lebih jelas di alat perbedaannya dibandingkan yang kita rasakan di badan. Dalam hal konsumsi BBM yang mencatat 9,2 KM perliter di dalam kota dan 15,2 KM perliter di rute tol semakin membuai karena 320 ini tetap hadir dengan kaca ganda. Kacanya double Jadi dua kaca yang dilapis yang membuat ada ruang hampa di antara kedua kaca itu membuat peredaman suara itu semakin baik terutama super peredaman suara dari luar Lihat truk bus semua lewat di dekat mobil dan hanya sedikit yang masuk kedalam mobil kaca ganda seperti biasanya itu hanya ada di kelasnya seri 7 atau s-class dan ini satu-satunya di kelasnya yang menggunakan kaca ganda membuat peredaman suara dari Mobil ini sangat baik walaupun dari ban masih ada masuk ke dalam tapi setidaknya dari luar dari sekeliling ini sangat minim yang masuk kedalam mobil. Hadirnya fitur parkir otomatis dan reversing asisten tugas sangat membantu, sistem parkir otomatis di mobil ini juga sudah yang terbaru ya jadi kita nggak perlu injak gas kita nggak perlu injak rem kita nggak perlu pegang stir kita tidak perlu pindahkan gigi karena semuanya dilakukan oleh komputer anda tinggal duduk santai dan melihat mobil parkir sendiri secara ajaib dan rata-rata parkirnya itu sempurna. Kemudian reversing asisten ini yang satu-satunya di kelas bahkan mungkin satu-satunya diantara semua mobil yang ada di Indonesia selain BMW dia itu bisa mengingat 50meter terakhir Anda berjalan dan ketika Anda masukkan mundur dan aktifkan reversing asisten dia secara otomatis mengikuti jalur Anda 50meter terakhir ini berguna kalau misalnya Anda ke satu tempat jalan kecil Gang kecil seperti banyak di Indonesia itu Gang kecil tiba-tiba gangnya di portal atau tutup jalannya dan Anda harus mundur lagi dan dengan reversing asisten itu semua tinggal hanya pencet tombol dan stir akan dikendalikan sepenuhnya oleh komputer untuk melewati rute yang sama 50 meter terakhir kita. dilain Sisi ada beberapa hal yang agak mengganggu yang pertama dia tidak ada Cruise control adanya hanya Speed limiter yang mana speed limiter itu tidak berguna di Indonesia lebih berguna Cruise control Karena sekarang juga sudah ada tol yang panjang seperti tol trans-jawa Kenapa trus kontrol malah Enggak ada Ini mobil udah hampir 1 milyar rupiah harganya kemudian di belakang itu tidak ada armrest padahal dengan dimensinya dan kenyamanannya mobil ini sekarang semakin cocok kalau misalnya kita mau duduk di belakang menggunakan jasa pengemudi Tapi sayangnya tidak ada armrest kemudian nih tidak ada file save jadi memindahkan gigi hanya bisa dari tuas ini kalau ingin secara manual pada mobil masih cukup sporty rasanya tapi sayang tidak ada feathers sift dan instrumen, instrumen ini sangat cantik Dia benar-benar full digital dan sebenarnya Keunggulan dari sistem full digital seperti ini selain akurat adalah displaynya itu bisa bermacam-macam sesuai kebutuhan tapi tidak banyak yang bisa dilakukan ke instrumen ini ya hanya beberapa coraknya tapi saya berharap dengan instrumen seperti ini mestinya lebih banyak model-model lainnya misalnya BMW masa depan ada yang model seperti BMW masa dulu atau bentuk yang seperti BMW M ONE seperti BMW i G sebenernya bisa semuanya yang jadi lebih ceria lah lebih bermain-main tapi enggak ini bentuk dasarnya tetap sama namun ada berbeda-beda corak dan warna Andaikan bisa lebih fleksibel kita ganti instrumennya UC bakal lebih sehat lagi. Terakhir lebih kearah fun yah waktu itu tidak terlalu signifikan sebagai kelemahan namun tidak bisa dipungkiri kalau seri 3 sangat mengasyikkan dikendarai namun mobil yang awalnya adalah entry-level BMW kini sudah bergeser menjadi lebih tinggi kastanya dan itu membuat kita seakan kehilangan sedan compact BMW sekarang kita kalau mau beli BMW yang compact adalah BMW X1 seri satu aja udah nggak dijual di Indonesia seri 2 bentuknya Coupe dan harganya itu enggak jauh lebih murah juga dari seri 3 seperti kehilangan anak yang sudah beranjak dewasa seri-3 dulu itu mobil yang compact lucu kecil harganya relative masih terjangkau dan sekarang seri-3 itu sudah bertransformasi menjadi mobil yang semakin matang dan dewasa dan Sayangnya belum ada penggantinya lagi yang secara proper di bawahnya seri-3. Sedan gitu yang mestinya kalau ada dan bisa dimasukkan ke Indonesia tapi secara umum seri-3 memang berkembang ke arah yang benar dia menjadi mobil yang semakin nyaman semakin dewasa semakin efisien Semakin berperforma Semakin menyenangkan untuk dikendarai sebagai kesimpulanya 320i ini tidak jauh dibawah 330i apalagi kalau misalnya Anda menggunakan sehari-hari kami rasa lebih tepat jika Anda memilih 320i ini harganya lebih terjangkau semua kemewahannya masih terasa mirip fitur-fitur kuncinya tetap hadir dan performanya juga masih sangat cukup serta penampilannya juga tidak secara signifikan berbeda dibandingkan yang 330i Begitu juga dengan suara mesinnya ini adalah pilihan yang lebih masuk akal. Pendek kata bisa dibilang 320i sport ini adalah varian yang memang paling masuk akal untuk dimiliki pertama dia harganya paling rendah kemudian fitur-fitur kuncinya tetap ada dia ban konsumsi bahan bakarnya lebih hemat tapi performanya tetap kuat serta dia lebih nyaman untuk digunakan sehari-hari. Jadi begitulah hasil review saya terhadap BMW 320i sport ini sekian terimakasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun