Mohon tunggu...
Muhamad RizkiFauzi
Muhamad RizkiFauzi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Biologi UPI

Seorang mahsiswa yang mengagumi alam Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kontribusi Mahasiswa dalam Program KKN Tematik UPI 2021 di Tengah Pandemi Covid-19

24 Juli 2021   23:41 Diperbarui: 25 Juli 2021   00:15 25 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kontribusi Mahasiswa dalam Program KKN Tematik UPI 2021 di Tengah Pandemi Covid-19
kolase -- ilustrasi pribadi

            Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir dua tahun mengubah kehidupan masyarakat dalam berbagai bidang. Salah satunya di bidang pendidikan, sejak adanya pandmi ini kegiatan di dunia pendidikan mengalami perubahan yang signifikan. Kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan di sekolahan secara langsung kini berubah menggunakan sistem pembelajaran secara daring, hal ini merupakan salah satu dampak dari adanya Covid-19. Bukan tanpa maksud kegiatan belajar mengajar secara daring dilakukan demi untuk menekan penyebaran virus corona.

            SMPN 2 Cimenyan adalah salah satu sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran secara daring, namun demikian dalam kegiatannya tidak semudah yang diperkirakan. Tidak semua siswa memiliki fasilitas untuk menunjang kegiatan belajar secara daring. Selain itu kendala sinyal yang kurang baik memaksa sekolah memikirkan cara lain sebagai solusi agar semua siswa dapat belajar dalam masa pandemi ini. Pihak sekolah sendiri menyediakan fasilitas tablet dan koneksi wifi bagi siswa yang tidak memiliki fasilitas tersebut, kendati demikian siswa yang datang pun dibatasi dan dengan protokol kesehatan yang ketat.

            Salah satu program KKN Tematik UPI 2021 adalah penguatan pembelajaran dan pendampingan siswa, guru serta orang tua siswa secara daring. Dalam hal ini mahasiswa berkontribusi untuk menguatkan kegiatan belajar mengajar secara daring. Kegiatan KKN berlangsung sejak tanggal 1 Juli 2021 yang pada saat itu memang sekolah masih libur, akan tetapi mahasiswa tetap menjalankan programnya yaitu dengan membantu administrasi sekolah. Kegiatan yang dilakukannya seperti membantu PPDB, menyusun RPP dan RPL dan lain sebagainya yang dilakukan sebelum KBM dimulai. Lalu pada saat sekolah masuk tanggal 19 Juli 2021 mahasiswa mendampingi siswa-siswa baru yang melaksanakan MPLS secara daring. Peran mahasiswa lainnya adalah dengan membantu membuatkan media pembelajaran yang dibutuhkan oleh guru-guru yang didampinginya. Sebagai contoh mahasiswa mencarikan virtual lab yang dapat digunakan untuk menunjang mata pelajaran IPA yang notabanenya memerlukan praktikum apabila sekolah dilaksanakan secara normal.

            Meskipun pandemi ini masih terus berlangsung tidak menjadi halangan bagi mahasiswa untuk terus berkontribusi terhadap masyarakat, mengingat salah satu tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN