Mohon tunggu...
M Rezky Aryadie
M Rezky Aryadie Mohon Tunggu... Human Resources - Mahasiswa Kesehatan

Peduli Kesehatan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Profesi Ners Universitas MH Thamrin Jakarta, Bersama Warga RW 01 Kelurahan Susukan Atasi Masalah Kesehatan

25 Agustus 2019   04:42 Diperbarui: 4 September 2019   01:13 219 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Profesi Ners Universitas MH Thamrin Jakarta, Bersama Warga RW 01 Kelurahan Susukan Atasi Masalah Kesehatan
Acara Pembukaan Praktek Keperawatan Komunitas dan Keluarga Profesi Ners Universitas MH Thamrin di RW.01 Susukan Jakarta Timur

Jakarta, 22 Juli - 24 Agustus 2019

Kemampuan perawat dalam menguasai konsep dasar kesehatan masyarakat merupakan hal yang sangat penting sebagai dasar untuk memberikan asuhan keperawatan keluarga dan asuhan keperawatan komunitas. Penguasaan ini sangat membantu dalam memberikan arah penyelesaian dalam menghadapi berbagai permasalahan kesehatan keluarga, kelompok dan masyarakat atau komunitas. Permasalahan kesehatan keluarga, keluarga masyarakat atau komunitas yang semakin kompleks seiring dengan perubahan pola atau gaya hidup masyarakat saat ini yang memungkinkan terjadi pergeseran pola penyakit, dari penyakit infeksi ke penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi dan diabetes mellitus yang cenderung meningkat dan memerlukan perhatian serius dari tenaga kesehatan, khususnya perawat yang ada di tatanan pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan (Wahyu,W.2016)

Pada tanggal 22 Juli 2019, 29 mahasiswa Profesi Ners Universitas MH Thamrin Jakarta bekerja sama dengan Puskesmas Kelurahan Susukan terjun ke lokasi yang bertempat di RW.01 Kelurahan Susukan Jakarta Timur untuk memulai aktifitas dalam mencari masalah kesehatan di masyarakat. Diawali dengan prosesi pembukaan yang bertujuan memperkenalkan dan memberitahukan keberadaan mereka di masyarakat sebagai fasilitator untuk menuju sehat.

Setelah kehadiran mahasiswa diketahui oleh masyarakat maka dilanjutkan dengan penyusunan strategi dalam melakukan skrining masalah kesehatan di komunitas. Dimulai dengan penyusunan, uji baca kepada masyarakat, penyebaran kuesioner hingga terkumpulnya data mayoritas masalah kesehatan yang ada di RW.01 Susukan Jakarta Timur. Dari hasil tersebut didapatkan data bahwa terdapat 3 masalah kesehatan komunitas, yaitu : Hipertensi, Diabetes Mellitus dan angka kejadian DBD yang tinggi.

Mahasiswa Profesi Ners Universitas MH Thamrin Jakarta yang dibimbing oleh Ns.Fatimah,S.Kp.,M.Kep.,Sp.Kep.Kom dan Ns.Suwarningsih,S.Kep.M.Kep beserta pihak Puskesmas Kelurahan Susukan melaporkan hasil dari skrining masalah kesehatan di komunitas dan bersama warga RW.01 Susukan mengatur strategi untuk mengatasi masalah yang ada.

Acara Musyawarah Masyarakat RW dengan Mahasiswa Profesi Ners Universitas MH Thamrin Jakarta
Acara Musyawarah Masyarakat RW dengan Mahasiswa Profesi Ners Universitas MH Thamrin Jakarta

Setelah dirumuskan tindakan keperawatan apa yang dapat dilakukan bersama warga Rw.01, mahasiswa Profesi Ners Universitas MH Thamrin Jakarta melakukan persiapan dalam pelaksanaan tindakan keperawatan tersebut. Tidak cukup sampai disitu mahasiswa kembali melakukan skrining dan pelaksanaan keperawatan mendalam kepada keluarga dan komunitas yang dinilai rawan atau beresiko, dimulai dari kesehatan para pekerja, kesehatan anak usia sekolah hingga asuhan keperawatan keluarga binaan untuk memperdalam area kontak di masyarakat.

Penyuluhan Kesehatan Para Pekerja Konveksi di RW.01 Susukan
Penyuluhan Kesehatan Para Pekerja Konveksi di RW.01 Susukan

Penyuluhan Kesehatan Anak Usia Sekolah di PAUD RW.01 Susukan
Penyuluhan Kesehatan Anak Usia Sekolah di PAUD RW.01 Susukan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x