Mohon tunggu...
Maura MargarethaRahmidin
Maura MargarethaRahmidin Mohon Tunggu... Lainnya - Siswa

Belum terlalu banyak pengalaman dalam menulis blog.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

2023: Strategi untuk Mempertahankan Resolusi Tahun Baru

6 Januari 2023   08:58 Diperbarui: 6 Januari 2023   08:58 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Baru saja kita melihat tahun mengganti dari 2022 menjadi 2023. Pada setiap tahun baru, membuat resolusi tahun baru menjadi hal yang biasa bagi sangat banyak orang.

Setiap tahun baru, sudah menjadi kebiasaan kebanyakan orang untuk membuat resolusi, atau berjanji untuk melakukan perbaikan di tahun yang baru. Praktik membuat resolusi tahun baru pertama kali ditemukan di Barat, namun kini sudah umum di seluruh dunia.

Orang yang berbeda membuat resolusi yang berbeda, dan seseorang dapat memilih berapa banyak resolusi yang ingin mereka buat. Umumnya, seseorang akan melihat kembali tahun sebelumnya, melihat apa yang telah mereka capai atau lakukan dengan benar, dan mengevaluasi apa yang harus mereka tingkatkan.

Sebagian besar resolusi tahun baru orang-orang mencakup rencana untuk meningkatkan aspek kehidupan mereka, seperti fisik, sekolah atau pekerjaan, kehidupan sosial, atau memperbaiki hubungan. Resolusi tahun baru yang paling umum untuk orang dewasa adalah menurunkan berat badan, makan sehat, menjadi lebih produktif, membuat lebih banyak teman, dan lain-lain.

Saat membuat resolusi tahun baru, strategi yang bagus adalah memilih tujuan atau goals tertentu. Banyak orang membuat daftar banyak resolusi hal umum yang mungkin terlalu luas. Sebaliknya, kita harus berfokus pada hal-hal yang lebih konkret yang dapat kita capai secara realistis. Dengan ini, ada baiknya juga membatasi jumlah resolusi, karena daftar resolusi yang terlalu banyak bisa lebih mengganggu atau sulit untuk dimulai. Buat daftar resolusi dengan waktu dan perencanaan yang baik.

Ketika tahun dimulai, kita harus mulai dengan langkah kecil. Fokus pada resolusi satu per satu. Kejadian yang umum bagi orang untuk memulai terlalu banyak pada awalnya, dan menjadi terganggu, dan menyerah pada resolusi dengan cepat. Renungkan dari tahun-tahun sebelumnya, dan belajarlah untuk mencegah kesalahan sebelumnya, atau mengulangi kesalahan sebelumnya.

Ingatlah bahwa perubahan adalah sebuah proses. Mungkin butuh waktu lebih lama dari yang Anda harapkan untuk perubahan dalam hidup Anda terjadi, tetapi itu tidak berarti Anda harus menyerah. Harapan terbaik saya untuk tahun 2023 Anda berjalan dengan baik dan penuh berkat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun