Mohon tunggu...
Movement Social Environment
Movement Social Environment Mohon Tunggu... Komunitas Penggerak Lingkungan Sosial

Movement Social Environment penggerak lingkungan sosial. Adalah sebuah komunitas pemuda yg terfokus pada kesehatan, pendidikan dan sosial yang bergerak secara masif dan mandiri atas kepedulian dengan lingkungan sekitar. Jika ingin bekerja sama atau yang lain nya dapat menghubungi di bawah ini... IG : MovementSocialEnvironment Fb : MovementSocialEnvironment Cp : 0895321765897

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Peran Serta Masyarakat terhadap Lingkungan, di Tengah Pandemi Covid-19

30 Juni 2020   23:26 Diperbarui: 30 Juni 2020   23:44 34 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran Serta Masyarakat terhadap Lingkungan, di Tengah Pandemi Covid-19
Movement Social Environment (dapurpena.com)

Selasa (30/6/2020) Komunitas Movement Social Environment (MSE) atau yang sering disebut Penggerak Lingkungan. Berkolaborasi bersama Taklim Jurnalistik Mengadakan seminar nasional dengan tema, "Peran Serta Masyarakat Terhadap Lingkungan, Ditengah Pendemi Covid-19". 

Materi yang di sampaikan oleh salah satu Founder Movement Social Environment (Bella Anggraini) sangat lah menarik, terlebih lagi dalam keadaan Pendemi Covid-19. Yang sedang berlangsung di negeri ini, pemaparan yang di sampaikan iyalah

Apa itu lingkungan? seperti ini menurut pemaparan beberapa tokoh   :

1. Menurut Darsono (1995)
Lingkungan adalah semua kondisi, termasuk manusia dan kegiatan mereka yang terkandung dalam ruang dimana manusia mempengaruhi kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia dan badan hidup lain nya

2. Menurut St.munajat danu Saputra
Lingkungan adalah semua benda dan kondisi termasuk didalamnya manusia dan aktivitasnya

3. Menurut Emil Salim (1976)
Lingkungan diartikan sebagai segala benda, kondisi, keadaan dan pengaruh yang terdapat dalam ruangan

4. Menurut Soedjono
Lingkungan mencakup segala unsur dan faktor fisik jasmani ah yang berada didalam alam meliputi hewan, tumbuh-tumbuhan, dan manusia.

Dengan kesimpulan bahwa :
Lingkungan adalah kombinasi dari kondisi fisik meliputi keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi, Surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh didarat dan dilaut, dan lembaga-lembaga yang mencakup penciptaan manusia sebagai keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik.

Sesuai tema kita  yaitu "Peran Serta Masyarakat Terhadap Lingkungan, Ditengah Pandemi Covid-19"
Dunia sekarang sudah banyak perubahan dari perkembangan teknologi , tidak dapat dipungkiri bahwa kita bisa memperoleh informasi -informasi penting terutama terkait covid-19 yang sedang marak menjadi perbincangan dunia saat ini.

Seperti yang kita tahu bahwa  beberapa bulan yang lalu hampir sepertiga negara didunia melakukan lockdown untuk menekan laju penyebaran virus corona seperti pengurangan pengoperasian transportasi umum, dan orang-orang pun bekerja dari rumah. Hal ini menyebabkan dampak yang cukup baik untuk dunia, karena polusi udara berkurang. sebagai contoh : pulosi udara New York berkurang sekitar 50%.

Apakah hal ini bisa bertahan lama ?
Sayangnya tidak, penurunan emisi karbon selama masa pandemi covid-19 ini hanyalah sementara sampai waktu yang tidak bisa ditentukan. 

Dengan adanya covid-19 ini juga menyebabkan dampak negatif bagi lingkungan seperti :
1. Meningkatnya jumlah sampah rumah tangga (dalam hal ini masker sekali pakai dan sampah plastik lain nya)
2. Meningkatnya jumlah sampah medis (sarung tangan lateks, masker, suntikan, dan masih banyak lagi lain nya)
3. Pencemaran lingkungan akibat dari penyemprotan disinfektan

Indonesia merupakan negara pada urutan kedua penghasil sampah terbesar di dunia setelah China.
Pada tahun 2019 Indonesia menghasilkan 67 ton sampah dengan peningkatan 3 ton sampah dari tahun sebelumnya. Sedangkan pada tahun 2020 Indonesia mengalami peningkatan pada jenis sampah medis dan sampah rumah tangga.

Menurut KLHK (kementrian lingkungan hidup dan kehutanan) memprediksi akan terjadi peningkatan sekitar 30%  sampah medis/atau limbah infeksius yang disebabkan oleh penyebaran covid-19. Peningkatan sampah medis ini berpotensi menularkan penyakit akibat dari pembuangan nya yang dilakukan secara sembarangan.
Oleh sebab itu, kita butuh kesadaran dari diri masing-masing mengenai pentingnya kebersihan lingkungan dan perlakuan terhadap sampah secara benar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x