Mohon tunggu...
monika serli anggreani
monika serli anggreani Mohon Tunggu... Universitas Negeri Semarang

Hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mahasiswa UNNES Semester 5 Susun Modul Ajar Bertema Pancaindera di TK Al-Mahira Semarang

14 Oktober 2025   12:02 Diperbarui: 14 Oktober 2025   12:00 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Penyerahan modul ajar kepada kepala sekolah di TK AL Mahira Semarang (Sumber: Dokumen pribadi))

Semarang, 14 Oktober 2025 --- Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas Negeri Semarang (UNNES) semester 5 melaksanakan kegiatan penyusunan modul ajar dengan tema "Pancaindera" di TK Al Mahira Semarang. Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas perkuliahan Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini yang bertujuan melatih mahasiswa dalam merancang perangkat pembelajaran sesuai prinsip Kurikulum Merdeka. 

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa berdiskusi langsung dengan guru TK Al Mahira mengenai karakteristik anak usia dini dan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan tema pancaindera. Proses penyusunan modul mencakup perumusan capaian pembelajaran, tujuan kegiatan, langkah-langkah kegiatan inti, asesmen perkembangan anak, serta media dan bahan ajar yang digunakan. Salah satu mahasiswa menjelaskan bahwa kegiatan ini memberikan pengalaman nyata dalam memahami bagaimana modul ajar disusun agar relevan dengan kebutuhan dan kemampuan anak. "Kami belajar menyesuaikan rancangan pembelajaran dengan kondisi nyata di lapangan melalui masukan dari guru TK. Jadi tidak hanya teori, tetapi juga pemahaman praktis," ungkapnya. 

Guru TK Al Mahira menyambut baik kegiatan tersebut dan memberikan bimbingan kepada mahasiswa mengenai penerapan tema pancaindera di kelas. Ia menilai bahwa kegiatan seperti ini dapat memperkuat hubungan antara lembaga pendidikan tinggi dan lembaga PAUD, khususnya dalam mengembangkan modul ajar yang kreatif dan sesuai perkembangan anak.

Kegiatan pembuatan modul ajar ini berakhir dengan penyerahan hasil rancangan modul kepada pihak sekolah sebagai bentuk kerja sama akademik dan bahan referensi pembelajaran tematik di TK Al Mahira. Dosen pembimbing berharap melalui kegiatan ini mahasiswa dapat memahami pentingnya perencanaan pembelajaran yang menyeluruh, mulai dari analisis kebutuhan hingga perancangan asesmen yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun