Mohon tunggu...
Monika Ekowati
Monika Ekowati Mohon Tunggu... Guru - Seorang biarawati Tarekat SND--> ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Betapa indahnya hidup ini, betapa saya mencintai hidup ini, namun hanya DIA yang paling indah dalam Surga-Nya dan dalam hidupku ini, saya akan mencintai dan mengabdi DIA dalam hidupku ini ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Soto Kekayaan Kuliner Nusantara

14 September 2021   22:13 Diperbarui: 14 September 2021   22:31 282 36 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Soto Kekayaan Kuliner Nusantara
Soto  Blora  dengan  ciri  khas  Klethuknya/Sumber: blorakab.go.id

Membaca Topik  Pilihan  di  Kompasiana, nggak  terasa  menelan  ludah  sendiri, seolah  sajian  aneka  Soto  itu  sudah  ada  di hadapan  mata. Indonesia memang  surganya  kuliner, macam  ragam  tersaji  di  pelbagai  daerah, apalagi  yang  namanya  Soto, hampir  di seluruh kota, daerah  di  Indonesia mengenal  soto  dengan  aneka  variasi  bumbu, dan  pelengkapnya. Itulah  yang  membuat  orang  Indonesia  senantiasa  rindu  makanan  daerahnya.

Hangat menyegarkan, itulah esensi dari semangkuk soto ayam kampung yang tak ada bosannya untuk  menikmatinya. Disantap sebelum memulai hari atau setelah lelah bekerja, soto ayam selalu berhasil menggugah selera dan memberikan rasa kenyang, segar  yang nyaman.

Cara  mendapatkannyapun  mudah, menemukan sajian yang satu ini, hampir setiap persimpangan atau pujasera memiliki penjaja soto angkringan pun  di  resto atau  warung  makan dijual  di   sepanjang  jalan  di mana-mana, harganyapun  murah  terjangkau  masyarakat. Soto  hidangan berkuah  ini, tampil  dengan  banyak  variasi, ada  yag  kuahnya  bening, ada  yang  kuning  menarik, ada  juga  yang  pakai  santan, ada  pula  yang  dicampur  Tauco.

Pada  umumnya   rasa  Soto  itu segar,  lezat nan gurih dengan berbagai macam isian, mulai dari mie, daging ayam,daging  sapi, daging  kerbau, jerohan, telur  ayam, telur  puyuh, diberi  koya hingga kerupuk. Soal rasa, tak perlu diragukan lagi, deh. Apa lagi, bila dimakan saat cuaca dingin dan dihidangkan saat kuahnya masih panas.yummy, Mantap  Jiwa.

Soto  memang  makanan yang  menyegarkan, jika  flu  menyerang,  bagiku  yang  cocok  ya  makan  Soto, dengan  diberi  jeruk  nipis, kecap dan  sambal, kuah  yang  panas mampu  mengeluarkan  keringat  dan melegakan hidung  yang  tersumbat, serasa  plong, sembuh  dah  tidak  jadi  flu. Itu  pengalamanku, bagaimana  dengan  para  pembaca?

Sajian  Soto  tidak  asing  bagiku  karena  di  daerah  asalku  juga  sangat  terkenal, selain  Sate  ayam  Blora  yang  menjadi  ciri  khasnya, juga Soto  Blora  yang  bening,  harum  kuahnya  yang  melimpah dengan  bawang  putih, dalam  balutan  warna  kunyit  yang  kuning sungguh  mengundang  selera.  Ciri  khas Soto  Blora ada dengan  tambahan  "klethuknya"  apa  sich  itu  koq  namanya  aneh ? Klethuk  dibuat  dari gethuksingkong  yang  dipotong  dadu  dan  digoreng  kering, rasanya  asin  gurih, biasanya  disajikan  diatas  Soto, dan  jika  dimakan  terasa  klethuk, kriyuk  dimulut, makanya  dinamakan  klethuk.

Pada  dasarnya  bumbu  soto  itu sama, hanya  berbeda  variasi di  setiap  daerah.  Bumbu  dasar  soto  adalah :

Kaldu  yang  dari   ayam kampung, atau  mau  menggunakan  tulang  sapi

soun, seduh, tiriskan

taoge, seduh, tiriskan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x