Mohon tunggu...
Monika Ekowati
Monika Ekowati Mohon Tunggu... Guru - Seorang biarawati Tarekat SND--> ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Betapa indahnya hidup ini, betapa saya mencintai hidup ini, namun hanya DIA yang paling indah dalam Surga-Nya dan dalam hidupku ini, saya akan mencintai dan mengabdi DIA dalam hidupku ini ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Saya Tak Pernah Bermimpi

26 Juli 2020   13:48 Diperbarui: 26 Juli 2020   13:49 310
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Buku Meniti Jejak Sang Kekasih Jiwa ( dok pri )

Perjalanan ke Holy  Land  (Tanah  Suci)  Israel  tentu  merupakan  dambaan  bagi  setiap  orang  Katolik, Kristen dan  siapa  saja  yang  percaya  kepada  Yesus  Sang  Penyelamat. Karena  tempat  itu  merupakan  tempat  khusus, terberkati tempat, lahir, hidup  dan  wafat  Yesus  serta  bangkit  dan  naik  ke Surga dan  tertulis  dalam  Kitab Perjanjian  Lama  maupun  Perjanjian  Baru. 

Merupakan  tempat  pilihan  Tuhan  dimana  Yesus  Sang  Penebus  dunia  pernah  dilahirkan, hidup berkarya  dan  disalibkan  serta  bangkit  dengan  mulia menebus  dosa  manusia.  Mengembalikan  Citra  manusia sebagaimana  yang  di  Citrakan  Allah Bapa  sejak  dunia  dijadikan.

Bagiku  sampai  ke  Tanah  Suci  adalah suatu anugerah  yang  luar  biasa.  Betapa  tidak! ongkosnya  sangat  mahal, mesti  ijin  khusus dari Ibu Jendral,  sebagai  biarawati  tentu  suatu  kesempatan  yang sangat langka. Karena  tarekat  kami  SND  tidak  ada  program  Pilgrim  ke  Tanah Suci, jika  kami  mengadakan  Ziarah/ Napak  Tilas Jejak  Sang  Pendiri  yaitu  di  Namur, Belgia, Jerman dan  Roma, bisa  saja  singgah  ke Belanda tempat  para  misionaris  berasal.

Mujizat yang  tak  terduga

Berawal  saya  ikut  KEP ( Kursus  Evangelisasi  Pribadi )  di  Paroki  St  Thomas  Rasul  Bojong  Indah. Disitu  banyak  umat  yang  ikut, setiap  Rabu  malam  kami  mengikuti  kursus yang  diberikan  oleh  para  pewarta  dari  SEKHINAH. 

Nah setelah  kami  lulus , kami  menjadi  mentor  untuk  kelopok  selanjutnya. Selesai  kursus  biasanya  diadakan  Retret penutup  dan Perutusan dan  diadakan  di  Komplek  Biara  CSE Cikanyere  tempat  pertapaan  Romo  Yohanes.

Dalam  kelopok  itu  saya  kenal dengan pasangan  suami  istri.  Setelah  kami  menjadi  mentor, dan  biasanya  saya  terpilih  sebagai  mentor  pendoa  yang  tugasnya  berdoa  didepan  " Sakramen Maha  Kudus "  untuk memohon  lancarnya  acara. Nah  ada  seorang  ibu  (  yang  tidak  mau  disebut  namanya )  mendekatiku dan  bilang :  " Sr  Monika, saya  ingin  mengajak  Suster  ke  Holy  Land ". " Apa?" saya  balik  bertanya dengan  ragu  apa  yang  saya  dengar. Dan  memang  serius dia  mengatakan  itu, disela  saat  istirahat makan  di Lembah  Karmel, Cikanyere. Saya  masih  belum  percaya  dengan  apa  yang  saya  dengar. Kami  berjalan jalan  seusai  makan siang.   Kutanya  lagi : " Mengapa  Ibu  ingin  mengajak  saya  ke  Holy  Land ?"  Dia  bercerita  bahwa  dia  bermimpi ketemu  Yesus, yang  memintanya  untuk  mengajak  saya  ke  Tanah  Suci. Saya  tak  habis  pikir, koq  aneh?  Yesus  hadir  dalam  mimpi?  Dan  menyuruhnya  untuk  mengajak  saya? Pikiranku  terus  melayang  merenungkan  semua  itu.  Saya  katakan  padanya. : "  Baik  Bu  saya  berterima  kasih  untuk  ajakkannya, namun  saya  harus  minta  ijin  dulu  dengan  pimpinan  saya, tidak  hanya  kepada  provincial (  pimpinan  tinggi tarekat dalam  suatu  negara ), tapi  ijin untuk  pergi  ke  Luar  Negeri, harus  mendapatkan dari Ibu Jendral (  Pimpinan  Tinggi Tarekat  secara  Internasional )

Buku Menapak Jalan Tuhan(dok Pri )
Buku Menapak Jalan Tuhan(dok Pri )
Saatnya  Adorasi  Sore  pukul  15.00, dalam  doaku  pikiranku  masih  berputar  pada  ajakan  ibu  A, yang  bermimpi bertemu  Yesus, dan  menyuruh  dia  mengajakku.  Mimpi  bisa jadi  suatu tanda!  Bukankah    Bapa Yosef  juga  bermimi  didatangi  malaekat ketika  dia  akan  menolak  Perawan  Maria  yang  ternyata  hamil  duluan, untuk  menjadi  istrinya ? 

Santo  Yosef tahu  betul  akibatnya, kalau  masyarakat  tahu  bahwa  Maria  hamil bukan  dari  dirinya  berarti  berzinah  dan  nantinya  akan  mati  dirajam/ dilempari  batu oleh  masyarakat. 

Dia  sangat  mencintai  Maria  yang  sudah  menjadi  tunangannya.   Karena Yusuf, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama Maria di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam.

Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun